3 Area pada Jaringan Komputer: Apa Saja dan Bagaimana Cara Kerjanya?

No comments
Area pada jaringan komputer
Area pada jaringan komputer

menggunakan.id – Halo, sobat ! Apa kabar? Selamat datang di blog kami yang sederhana dan penuh dengan informasi bermanfaat dan informatif ini. Pada Kali ini kami mau berbagi informasi tentang area pada komputer.

Area pada adalah wilayah geografis yang mencakup sejumlah komputer yang saling terhubung. Area ini bisa berupa ruangan, gedung, kampus, kota, negara, bahkan benua. Tujuan dari menghubungkan komputer dalam suatu area adalah untuk memudahkan pertukaran data, informasi, dan sumber daya.

Lalu, apa saja jenis-jenis ? Dan bagaimana cara kerjanya? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Jenis-Jenis Area pada Jaringan Komputer

Berdasarkan luasnya, area pada jaringan komputer bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Baca juga :  Pengertian Quality of Service (QoS)

1. Local Area (LAN).

Jaringan ini merupakan sebuah jaringan kecil di dalam suatu ruangan, gedung atau kampus yang mencakup beberapa kilometer wilayah saja. Biasanya, jaringan LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi, printer, scanner, dan perangkat lainnya dalam suatu organisasi atau rumah tangga. Keuntungan dari jaringan LAN adalah kecepatan transfer data yang tinggi, biaya operasional yang rendah, dan yang relatif baik.

2. Metropolitan Area Network (MAN).

Jaringan ini merupakan sebuah jaringan LAN dengan ukurannya yang lebih besar. Jaringan MAN biasanya mencakup wilayah metropolitan, seperti suatu kota atau provinsi. Contoh dari jaringan MAN adalah jaringan TV kabel, jaringan telepon, dan jaringan internet.

Keuntungan dari jaringan MAN adalah jangkauan yang luas, kemampuan untuk menghubungkan jaringan LAN yang berbeda, dan fleksibilitas dalam pengembangan. Namun, jaringan MAN juga memiliki kerugian, yaitu biaya instalasi dan pemeliharaan yang tinggi, serta resiko gangguan yang lebih besar.

3. Wide Area Network (WAN).

Jaringan ini merupakan salah satu jaringan yang ukurannya lebih besar lagi dari MAN. Jaringan WAN mencakup wilayah yang sangat luas, seperti antar negara atau antar benua. Contoh dari jaringan WAN adalah jaringan internet, jaringan satelit, dan jaringan telepon.

Baca juga :  Modem Fiberhome Indihome: Solusi Terbaik untuk Koneksi Internet Kamu

Keuntungan dari jaringan WAN adalah kemampuan untuk menghubungkan jaringan LAN dan MAN yang berjauhan, serta menyediakan akses informasi yang luas dan beragam. Namun, jaringan WAN juga memiliki kerugian, yaitu kecepatan transfer data yang rendah, biaya operasional yang sangat tinggi, dan keamanan yang sulit dijamin.

Cara Kerja Area pada Jaringan Komputer

Untuk menghubungkan komputer dalam suatu area, diperlukan beberapa komponen, yaitu:

–          .

setiap perangkat yang terhubung dalam jaringan, seperti komputer, printer, router, switch, dan lainnya. Node bisa berfungsi sebagai pengirim, penerima, atau perantara data dalam jaringan.

–          Media Transmisi.

Media transmisi adalah alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima data antar node dalam jaringan. Media transmisi bisa berupa kabel (seperti kabel tembaga, kabel serat optik, atau kabel koaksial) atau gelombang elektromagnetik (seperti gelombang radio, gelombang mikro, atau gelombang inframerah).

–          Protokol.

Protokol adalah aturan yang mengatur cara komunikasi antar node dalam jaringan. Protokol menentukan format, ukuran, urutan, dan kesalahan data yang dikirim dan diterima dalam jaringan. Contoh dari protokol adalah TCP/, HTTP, FTP, dan SMTP.

Baca juga :  Port Mirroring : Pengertian dan Contoh Konfigurasi pada Cisco

–          .

Topologi adalah bentuk atau susunan fisik dari node dan media transmisi dalam jaringan. Topologi menentukan cara data mengalir dan disebarkan dalam jaringan. Contoh dari topologi adalah bus, ring, star, tree, dan mesh.

Demikian artikel yang kami buat tentang area pada jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang jaringan komputer. Jangan lupa juga untuk like and share artikel ini ke teman-teman kamu yang juga ingin mengetahui tentang jaringan komputer. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment