Apa itu SMTP? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

No comments
apa itu SMTP
apa itu SMTP

Halo, apa kabar, sahabat menggunakan.id? Selamat datang di blog kami yang sederhana namun penuh dengan informasi bermanfaat dan informatif ini. Pada artikel kali ini, kami mau berbagi informasi tentang ?

kirim email dengan smtp phpmailer 1024x576 1

adalah sebuah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, yang merupakan standar komunikasi untuk mengirim email melalui beberapa , terutama di . Sederhananya, protokol ini menjadi “otak” dibalik aktivitas pengiriman atau penerimaan email. Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu SMTP? Lalu apa sih fungsinya? Dan bagaimana cara kerjanya? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Apa itu SMTP?

SMTPS (Simple Mail Transfer Protocol Secure) adalah metode untuk mengamankan SMTP menggunakan lapisan transport. Lapisan ini dimaksudkan untuk memberikan autentikasi mitra komunikasi, integritas data, dan kerahasiaan.

Baca juga :  Pengertian DBMS, Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja

Ia menggunakan SSL (Secure Sockets Layer) atau TLS (Transport Layer Security) untuk membangun koneksi yang aman, memastikan kerahasiaan dan integritas transmisi email. Klien dan menggunakan bahasa SMTP normal pada lapisan aplikasi, dan koneksi diamankan oleh SSL atau TLS.

Fungsi SMTP

Pada umumnya, fungsi SMTP adalah untuk mengirim pesan dari email pengirim ke server tujuan. Namun, protokol ini juga memiliki beberapa fungsi penting lain, di antaranya:

–          Memudahkan proses pengiriman email.

SMTP menggunakan sebuah protokol komunikasi standar yang sudah diatur dengan jelas dan sistematis. Server pengirim maupun penerima email menerapkan peraturan yang sama persis, sehingga memudahkan untuk saling berkomunikasi dan bertukar email.

Protokol ini juga merancang sistem pengiriman email yang Andal dan efisien. Aliran informasi yang memuat pesan elektronik diatur sedemikian untuk memastikan email bisa sampai ke server tujuan dengan cepat.

–          Proses komunikasi menjadi lebih mudah.

SMTP memungkinkan pengguna mengirimkan email ke pengguna lain yang memiliki email valid tanpa memandang kompatibilitasnya. Dengan kata lain, SMTP memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan lancar di berbagai server email. Hal ini memastikan bahwa pesan dapat dikirimkan dari satu server ke server yang lain tanpa ada masalah, sekalipun server tersebut berbeda.

Baca juga :  3 Keuntungan dan Cara Kerja Server Softswitch PBX

–          Otoritas dan keamanan.

apa itu SMTP juga berfungsi untuk menyaring sebuah pesan elektronik ? sebagai langkah keamanan, protokol ini dapat mengatur batas maksimum dari email yang dikirim untuk jangka waktu yang tertentu guna mencegah spam, penggunaan yang tidak sah, atau penyalahgunaan yang lainnya. SMTP juga dapat mengotentikasi pengirim dan penerima email untuk memverifikasi identitas mereka.

ezgif.com webp maker 36 1024x768 1

Cara Kerja SMTP

Cara kerja apa itu SMTP dapat dijelaskan dengan beberapa langkah berikut:

  • Pertama, pengirim menulis email dan mengirimkannya ke server SMTP lokal. Server SMTP lokal adalah server yang digunakan oleh penyedia layanan email pengirim, misalnya Gmail, Yahoo, atau Outlook.
  • Kedua, server SMTP lokal akan memeriksa alamat email penerima dan mencari server SMTP tujuan. Jika server SMTP tujuan ditemukan, maka server SMTP lokal akan mengirimkan email ke server tersebut.
  • Ketiga, server SMTP tujuan akan menerima email dan memeriksa apakah alamat email penerima ada di dalam server tersebut. Jika ada, maka server SMTP tujuan akan menyimpan email di dalam kotak masuk penerima.
Baca juga :  Proses Kerja PBX Server: 5 Solusi Komunikasi Efisien dan Hemat Biaya

SMTP

Cara Setting SMTP

Untuk melakukan setting apa itu SMTP, Kamu perlu mengetahui beberapa informasi berikut:

  • Nama host SMTP.
  • Nomor SMTP.
  • Jenis enkripsi SMTP.
  • Nama pengguna SMTP dan kata sandi email yang valid.

Setelah Kamu mengetahui informasi tersebut, Kamu bisa melakukan setting SMTP pada aplikasi email yang Kamu gunakan, misalnya Outlook, Thunderbird, atau Mail. Kamu juga bisa melakukan setting SMTP pada website Kamu jika Kamu ingin mengirim email dari website ke alamat email tujuan. Kamu bisa menggunakan berbagai plugin, script, atau framework untuk melakukan setting SMTP pada website Kamu.

Demikian artikel yang kami buat tentang apa itu smtp. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif untuk Kamu tentang komputer. Jika Kamu mempunyai pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment