Apa Itu Bridge Jaringan Komputer dan 3 Fungsinya?

No comments
Bridge jaringan komputer
Bridge jaringan komputer

Menggunakan.id – Jika Kamu pernah bermain game online di warnet, mungkin Kamu pernah mendengar istilah bridge. adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih segmen yang terpisah, sehingga terbentuk satu jaringan yang lebih besar. Bridge bisa berupa perangkat keras atau lunak, tergantung dari kebutuhan dan kondisi jaringan.

Bridge bekerja di lapisan data link model OSI (Open System Interconnection), yang artinya bridge bisa menghubungkan jaringan yang menggunakan atau media yang berbeda. Selain itu, Bridge juga bisa mempelajari alamat MAC (Media Access Control) dari setiap perangkat yang terhubung dengannya, dan mengatur aliran data berdasarkan alamat tersebut.

Jadi, bridge tidak akan mengirim data ke segmen jaringan yang tidak perlu, melainkan hanya ke segmen jaringan yang dituju. Hal ini bisa mengurangi beban jaringan dan meningkatkan kinerja jaringan. Lalu, apa fungsi Bridge ? Apakah bridge itu penting atau tidak? Penasaran, kan? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. Fungsi Bridge Jaringan Komputer

Bridge jaringan komputer memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1. Menghubungkan dua atau lebih jaringan yang terpisah, baik yang sejenis maupun yang berbeda, sehingga membentuk jaringan yang lebih besar dan lebih luas.
  2. Mengurangi beban jaringan, dengan cara menyaring data yang dikirimkan ke segmen jaringan yang lain. Jadi, data tidak akan dibroadcast ke seluruh jaringan, yang bisa menyebabkan kemacetan atau collision.
  3. Memberikan otonomi atau kemandirian kepada masing-masing jaringan yang terhubung. Jadi, setiap jaringan yang terhubung dengan bridge tetap bisa menjalankan protokol atau aturan yang berlaku di jaringan tersebut, tanpa harus menyesuaikan dengan jaringan yang lain.
Baca juga :  Zero Trust Security: Membangun Pertahanan Tak Terbatas dalam Dunia Maya

2. Contoh Bridge Jaringan Komputer

Ada beberapa contoh bridge jaringan komputer yang bisa Kamu temukan di kehidupan sehari-hari, misalnya:

  • Wireless bridge, yaitu bridge jaringan komputer yang menggunakan sinyal radio untuk menghubungkan jaringan yang terpisah secara fisik, tanpa perlu menggunakan kabel. Wireless bridge biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan LAN dengan jaringan WLAN (Wireless Local Area ), atau jaringan WLAN dengan jaringan WLAN yang lain.
  • Transparent bridge, yaitu bridge yang tidak memerlukan konfigurasi manual untuk menghubungkan jaringan yang berbeda. Transparent bridge bisa mempelajari alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung, dan membuat tabel forwarding untuk mengatur aliran data. Transparent bridge juga bisa melakukan self-learning, yaitu memperbarui tabel forwarding secara otomatis jika ada perubahan di jaringan.
  • Switch, yaitu bridge yang memiliki banyak untuk menghubungkan banyak segmen jaringan. Switch bisa disebut sebagai bridge multiport, karena bisa menghubungkan lebih dari dua jaringan sekaligus. Switch juga bisa melakukan fungsi-fungsi bridge lainnya, seperti menyaring data, mempelajari alamat MAC, dan membuat tabel forwarding.
Baca juga :  SD-WAN : Pengertian dan Konsepnya

Kesimpulan

Bridge jaringan komputer adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih segmen jaringan yang terpisah, sehingga membentuk satu jaringan yang lebih besar. Bridge bekerja di lapisan data link model OSI, yang artinya bridge bisa menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol atau media yang berbeda.

Bridge juga bisa mempelajari alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung, dan mengatur aliran data berdasarkan alamat tersebut. Bridge jaringan komputer memiliki beberapa fungsi, antara lain menghubungkan jaringan yang terpisah, mengurangi beban jaringan, dan memberikan otonomi kepada masing-masing jaringan. Bridge jaringan komputer juga memiliki beberapa contoh, antara lain wireless bridge, transparent bridge, dan switch.

Demikian artikel yang kami buat tentang bridge jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang jaringan komputer. Jika Kamu suka dengan artikel ini, silakan share ke teman-teman Kamu yang juga ingin belajar tentang jaringan komputer. Jika Kamu punya pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar yang ada di bawah ini. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment