3 Cara Reset Mikrotik Di Winbox dengan Mudah

No comments

Cara Reset Mikrotik Di WinboxKetika pengguna lupa password dan ingin menghapusnya, maka melakukan reset mikrotik menjadi salah satu solusi terbaik. Karena, dengan melakukan reset mikrotik settingan akan kembali ke pengaturan awal atau default pabrik.

Untuk itu, pada artikel ini akan dipaparkan terkait Cara Reset Mikrotik Di Winbox dengan mudah dan pasti berhasil.

Baca Juga : Apa Perbedaan dari Kabel UTP dengan Coaxial ?

Cara Reset Mikrotik di Winbox

3 Cara Reset Mikrotik Di Winbox dengan Mudah

Winbox merupakan aplikasi khusus yang digunakan untuk melakukan remote mikrotik. Dengan adanya keberadaan winbox, pengguna akan lebih mudah melakukan pengaturan mikrotik, sebab tidak perlu lagi untuk menghafal perintah (command mikrotik)

Adapun Cara Reset Mikrotik Di Winbox, antara lain:

  1. Pastikan pengguna sudah masuk ke mikrotik menggunakan winbox
  2. Klik Menu System > Reset
  3. Centang No Default Configuration > Reset
  4. Tunggu sesaat sampai mikrotik ke restart
  5. Setelah hidup kembali, mikrotik akan kembali ke pengaturan pabrik dan kosong tanpa settingan apapun
Baca juga :  OSPF Routing: Mengungkap Rahasia Membangun Jaringan yang Efisien

Pada kenyataannya, mikrotik tidak memiliki , sehingga pengguna tidak dapat melakukan remote dengan menggunakan pada layer3. Jadi harus masuk dengan menggunakan winbox via macaddress agar bisa meremotnya.

Cara mereset menggunakan winbox sangat sederhana, jadi tak perlu khawatir jika akan mereset mikrotik, sebab akan minim kendala saat meresetnya dengan cara ini.

Reset Mikrotik Dengan Webfig

Selain melakukan Cara Reset Mikrotik Di Winbox, pengguna juga bisa mereset menggunakan Webfig. Cara yang digunakan untuk mereset melalui webfig sama dengan mereset melalui winbox. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Gunakan salah satu browser (Firfox, chrome, dll) dan ketikkan IP mikrotik pada browser yang dipakai untuk login
  2. Pastikan sudah benar-benar login ke mikrotik melalui webfig
  3. Klik Menu System > Reset
  4. Centang No Default Configuration > Reset
  5. Tunggu sesaat sampai mikrotik ke restart
  6. Setelah hidup kembali, mikrotik akan kembali ke pengaturan pabrik dan kosong tanpa settingan apapun sehingga pengguna harus memakai winbox untuk bisa mengakses mikrotik
Baca juga :  Meningkatkan Efisiensi Bisnis dengan Jaringan VoIP!

Mereset mikrotik dengan menggunakan webfig nyatanya sama dengan menggunakan winbox. Langkah-langkah yang dilakukannya pun juga cenderung sama, sehingga hal ini akan sangat memudahkan para pengguna yang membutuhkan cara ini saat akan mereset mikrotik miliknya.

Reset Mikrotik dengan SSH /Telnet

3 Cara Reset Mikrotik Di Winbox dengan Mudah

Selain menggunakan dua Cara Reset Mikrotik Di Winbox diatas, nyatanya masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk mereset mikrotik dengan SSH/Telnet. Dengan cara ini dirasa jauh lebih mudah dan simpel. Adapun cara-caranya, antara lain:

  1. Login ke mikrotik dengan menggunakan SSH/Telnet, lalu ketik ‘/system reset-configuration no-default=yes’
  2. Lalu, mikrotik akan terestart via SSH/Telnet

Karena tidak punya IP, jadi harus masuk dengan menggunakan winbox via macaddress agar bisa meremotnya. Cara ini dianggap lebih simpel dan gampang untuk diterapkan, sehingga tak heran jika banyak pengguna yang lebih memilih untuk menggunakan dan menerapkan cara reset mikrotik dengan SSH/Telnet.

Pada dasarnya, mikrotik memiliki fitur reset yang berguna untuk menggembalikan pengaturan ke default pabrik dan juga menghapus pengaturan yang sebelumnya.

Baca juga :  Mengenal 5 Fungsi Comodo SSL: Keamanan Terpercaya untuk Situs Web Kamu

Baca Juga : Tutorial Cara Blokir Youtube Di Mikrotik Paling Mudah

Untuk fitur-fiturnya dapat diakses via software dengan menggunakan Winbox, SSH/Telnet, Webfig, dll. Bahkan, bisa langsung diakses dari hardwarenya dengan menggunakan tombol dan jumper reset. Dalam penggerjaan reset ini dapat pula memperbaiki mikotik yang sedang dalam keadaan gagal booting.

Cara Reset Mikrotik Di Winbox dan di softwere lainnya akan sangat mudah untuk dilakukan. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir lagi jika  akan mereset password. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment