Yuk Kenalan dengan Cisco Packet Tracer Mobile Beserta Fiturnya!

No comments
Cisco Packet Tracer Mobile
Cisco Packet Tracer Mobile

Menggunakan.id – Bagi yang belum tahu, ketahuilah bahwa adalah aplikasi simulasi yang dapat digunakan di perangkat bergerak seperti smartphone dan tablet. Aplikasi ini berbasis pada Cisco Packet Tracer 7.0, sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh jutaan siswa dan pengajar di seluruh dunia untuk belajar dan mengajar konsep . Cisco Packet Tracer Mobile memiliki fitur-fitur yang sama dengan versi desktopnya, seperti:

1. Mendukung Berbagai Jenis Perangkat Jaringan

Cisco Packet Tracer Mobile mendukung berbagai jenis perangkat jaringan, seperti router, switch, access point, , PC, laptop, dan lain-lain. Kamu dapat menambahkan, menghapus, mengubah, dan menghubungkan perangkat-perangkat tersebut sesuai dengan kebutuhan Kamu. Kamu juga dapat mengatur konfigurasi perangkat, seperti alamat , protokol , , , dan lain-lain.

Baca juga :  Topologi Hub and Spoke

2. Menyediakan Lingkungan Simulasi yang Realistis

Lalu, Cisco Packet Tracer Mobile menyediakan lingkungan simulasi yang realistis, yang memungkinkan Kamu untuk menguji dan memantau kinerja jaringan Kamu. Kamu dapat melihat status perangkat, lalu lintas data, paket yang dikirim dan diterima, dan informasi lainnya. Kamu juga dapat menggunakan berbagai alat bantu, seperti ping, traceroute, telnet, SSH, dan lain-lain, untuk melakukan troubleshooting dan debugging.

3. Menyertakan Fitur of Things (IoT) dan Pemrograman

Kemudian, Cisco Packet Tracer Mobile menyertakan fitur Internet of Things (IoT) dan pemrograman, yang memungkinkan Kamu untuk mengintegrasikan perangkat jaringan dengan perangkat IoT, seperti sensor, aktuator, lampu, kamera, dan lain-lain.

Dan Kamu dapat mengontrol dan memantau perangkat IoT melalui aplikasi atau web server. Kamu juga dapat membuat program sendiri untuk mengotomatisasi proses-proses tertentu, menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, atau Blocky.

4. Memudahkan Kolaborasi dan Pembelajaran

Terakhir, Cisco Packet Tracer Mobile memudahkan kolaborasi dan pembelajaran, karena Kamu dapat menyimpan, membuka, dan berbagi file proyek Kamu dengan mudah. Kamu juga dapat mengakses berbagai sumber belajar, seperti , video, kuis, dan lain-lain, yang disediakan oleh Cisco Networking Academy.

Baca juga :  Server VoIP: Meningkatkan Efisiensi Komunikasi Bisnis

Kerennya lagi, kamu dapat mengikuti kursus gratis yang disebut Packet Tracer Mobile 101, yang akan mengajarkan Kamu dasar-dasar penggunaan aplikasi ini.

Cara mengunduh dan menggunakan Cisco Packet Tracer Mobile

Cisco Packet Tracer Mobile

Untuk mengunduh dan menggunakan Cisco Packet Tracer Mobile, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs resmi Cisco Packet Tracer.
  2. Pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi Kamu dan unduh file instalasi.
  3. Buka file instalasi dan ikuti petunjuk untuk menginstal Cisco Packet Tracer Mobile.
  4. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi dan Kamu siap untuk memulai!

Kamu dapat menggunakan Cisco Packet Tracer Mobile untuk membuat, mengedit, dan menjalankan simulasi jaringan Kamu. Kamu juga dapat mengakses berbagai sumber belajar yang disediakan oleh Cisco Networking Academy.

Kesimpulan

Cisco Packet Tracer Mobile adalah aplikasi simulasi jaringan yang dapat digunakan di perangkat bergerak seperti smartphone dan tablet. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang sama dengan versi desktopnya, seperti mendukung berbagai jenis perangkat jaringan, menyediakan lingkungan simulasi yang realistis, menyertakan fitur IoT dan pemrograman, dan memudahkan kolaborasi dan pembelajaran.

Baca juga :  Membongkar 3 Fungsi SSL yang Sering Dianggap Tidak Penting

Aplikasi ini sangat berguna bagi siapa saja yang ingin belajar dan mengajar konsep jaringan komputer dengan mudah dan menyenangkan. Sangat seru bukan?

Dan itulah penjelasan tentang cisco packet tracer mobile. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuanmu!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment