DNS Server Tercepat: Apa Itu, Fungsinya, dan Rekomendasinya

No comments
DNS server tercepat
DNS server tercepat

Menggunakan.id tercepat adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas koneksi Kamu. DNS atau Domain Name System merupakan salah satu sistem yang digunakan untuk menerjemahkan sebuah nama domain menjadi alamat .

Dengan menggunakan , Kamu dapat mengakses situs web dengan lebih cepat dan lancar. Lalu, apa saja fungsinya? Apa saja rekomendasinya? Dan bagaimana cara mengganti DNS server? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

Fungsi DNS Server Tercepat

DNS server tercepat memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Memudahkan Kamu untuk berinternet. Dengan DNS, Kamu cukup mengetikkan nama domain yang mudah diingat.
  • Menjaga konsistensi akses. Hal ini karena DNS server tercepat akan selalu mengupdate informasi terbaru tentang alamat IP dari nama domain yang Kamu kunjungi.
  • Menjamin data. DNS server tercepat biasanya memiliki fitur enkripsi dan proteksi yang dapat menghindari serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.
Baca juga :  Pengertian Mac Address

Rekomendasi DNS Server Tercepat

Ada banyak pilihan DNS server tercepat yang bisa Kamu gunakan, baik yang gratis maupun berbayar. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi DNS server yang bisa Kamu coba:

–          Cloudflare.

Cloudflare ini memiliki alamat 1.1.1.1 untuk server primer dan 1.0.0.1 untuk server sekunder. Cloudflare memiliki waktu respon rata-rata 13.88 milidetik, yang merupakan yang tercepat di dunia. Cloudflare juga menawarkan keunggulan dalam hal keamanan, privasi, dan kemudahan konfigurasi.

–          OpenDNS.

OpenDNS ini merupakan bagian dari Cisco, salah satu perusahaan teknologi dan internet terbesar di dunia. OpenDNS memiliki alamat 208.67.222.222 untuk server primer dan 208.67.220.220 untuk server sekunder. OpenDNS memiliki waktu respon rata-rata 22.73 milidetik. OpenDNS juga menawarkan keunggulan dalam hal blokir situs berbahaya, kontrol orang tua, dan statistik penggunaan internet.

–          Google Public DNS.

Google Public DNS ini merupakan layanan gratis dari Google, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Google Public DNS memiliki alamat 8.8.8.8 untuk server primer dan 8.8.4.4 untuk server sekunder. Google Public DNS memiliki waktu respon rata-rata 34.51 milidetik. Google Public DNS juga menawarkan keunggulan dalam hal stabilitas, keandalan, dan kompatibilitas.

Baca juga :  Pengertian Ip Address, Jenis, dan Contohnya!

Cara Mengganti DNS Server Tercepat

DNS server tercepat

Setelah Kamu mengetahui apa itu DNS server , fungsinya, dan rekomendasinya, Kamu mungkin ingin mencoba mengganti DNS server Kamu dengan salah satu dari pilihan di atas. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Kamu ikuti, tergantung pada perangkat yang Kamu gunakan:

Cara Mengganti DNS Server Tercepat di Windows 10

  1. Buka Settings (Pengaturan) dengan klik logo Windows di kiri bawah layar.
  2. Klik & Internet.
  3. Pilih Status di sebelah kiri, lalu klik Change adapter options (Ubah opsi adaptor) di sebelah kanan.
  4. Klik kanan pada jaringan yang Kamu gunakan, lalu pilih Properties (Properti).
  5. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/), lalu klik Properties (Properti) lagi.
  6. Klik Use the following DNS server addresses (Gunakan alamat server DNS berikut), lalu masukkan alamat DNS server tercepat yang Kamu pilih.
  7. Klik tanda OK, lalu tutup semua jendela.
  8. Restart perangkat Kamu agar perubahan berlaku.

Cara Mengganti DNS Server Tercepat di

  1. Masuk ke Settings (Pengaturan).
  2. Tap Wi-Fi, kemudian pilih jaringan Wi-Fi yang ingin disambungkan.
  3. Tap pada ikon i di sebelah kanan nama jaringan.
  4. Tap pada Configure DNS (Konfigurasi DNS), lalu pilih Manual.
  5. Tap pada Add Server (Tambah Server), lalu masukkan alamat DNS server yang Kamu pilih.
  6. Tap Save (Simpan), lalu keluar dari Settings (Pengaturan).
Baca juga :  Bandwidth Management

Demikian artikel yang kami buat tentang DNS server tercepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang dunia komputer. Jika Kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Terima kasih sudah membaca.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment