Apa Itu FTP Server dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

No comments
FTP server
FTP server

Menggunakan.id – FTP (File Transfer Protocol) merupakan sebuah yang digunakan untuk memindahkan file dari satu tempat ke tempat lainnya. adalah komputer atau perangkat yang menyediakan layanan FTP untuk klien FTP. Sedangkan, Klien FTP adalah program atau aplikasi yang digunakan untuk mengakses ftp dan melakukan transfer file.

FTP dan klien FTP berkomunikasi melalui dua saluran, yaitu saluran kontrol dan saluran data. Saluran kontrol digunakan untuk mengirim perintah dan respon antara ftp server dan klien FTP. Saluran data digunakan untuk mengirim data atau file yang akan ditransfer.

FTP biasanya memiliki alamat atau nama domain yang dapat diakses oleh klien FTP. Selain itu, ftp juga memiliki yang digunakan untuk menghubungkan saluran kontrol dan data. Port standar untuk FTP adalah port 21 untuk saluran kontrol dan port 20 untuk saluran data. Lalu apa saja fungsi dan kegunaannya? Dan bagaimana cara menggunakannya? Penasaran, kan? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Fungsi dan Kegunaan FTP Server

FTP server
FTP server

FTP server memiliki banyak fungsi dan kegunaan, terutama dalam hal pertukaran data. Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi dan kegunaan ftp server:

Baca juga :  Perbedaan Mikrotik dan Router: Apa Saja dan Mana yang Lebih Baik?
  • Mengunggah halaman web ke dalam web server atau web hosting. Ini berguna untuk membuat website yang dapat diakses oleh orang lain melalui internet.
  • Memperbarui revisi dari program yang dibuat oleh developer. Ini berguna untuk mengupdate program yang sudah ada atau menambahkan fitur baru.
  • Membagikan file besar yang tidak dapat dikirim melalui email atau media sosial. Ini berguna untuk mengirim file yang memiliki ukuran besar, seperti video, musik, atau game.
  • Membuat backup dari file penting yang ada di komputer atau perangkat lain. Ini berguna untuk mencegah kehilangan data akibat kerusakan atau kehilangan perangkat.
  • Mengunduh file dari ftp yang menyediakan file publik. Ini berguna untuk mendapatkan file yang dibutuhkan, seperti software, driver, atau dokumen.

Aplikasi FTP Client

Untuk dapat menggunakan ftp server, kita membutuhkan aplikasi ftp client yang dapat menghubungkan kita dengan ftp server. Ada banyak aplikasi ftp client yang tersedia, baik yang gratis maupun yang berbayar. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi ftp client yang populer:

  • FileZilla: Aplikasi ftp client yang gratis, open source, dan multi-platform. FileZilla mendukung protokol FTP, FTPS, dan SFTP.
  • WINSCP: Aplikasi ftp client yang gratis, open source, dan khusus untuk Windows. WINSCP mendukung protokol FTP, FTPS, SFTP, SCP, WebDAV, dan S3.
  • GFTP: Aplikasi ftp client yang gratis, open source, dan multi-platform. GFTP mendukung protokol FTP, FTPS, , , SSH, dan FSP.
Baca juga :  Apa Kepanjangan PBX dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara Menggunakan FTP Client

Setiap aplikasi ftp client memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda, tergantung dari fitur dan antarmuka yang dimilikinya. Namun, secara umum, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan ftp client, yaitu:

  • Menginstal aplikasi ftp client yang diinginkan di komputer atau perangkat yang digunakan.
  • Membuka aplikasi ftp client dan memasukkan informasi ftp server yang akan diakses, seperti alamat IP, nama domain, port, username, dan password.
  • Menjalin koneksi dengan ftp server dengan mengklik tombol connect atau sejenisnya.
  • Melakukan transfer file dengan cara drag and drop, copy and paste, atau menggunakan menu yang tersedia.
  • Memutus koneksi dengan ftp dengan mengklik tombol disconnect atau sejenisnya.

Demikian artikel yang kami buat tentang ftp server. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi kamu tentang layanan internet ini. Jika kamu mempunyai pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Terima kasih sudah membaca.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment