4 Fungsi FTP, dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

No comments
fungsi FTP
fungsi FTP

Menggunakan.id – Apakah kamu pernah mendengar istilah FTP? Atau mungkin kamu sudah sering menggunakan FTP tanpa menyadarinya? Jika iya, maka artikel ini tepat untuk kamu, karena pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi tentang apa saja yang perlu kamu ketahui.

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, yaitu suatu yang memungkinkan terjadinya pertukaran file antara komputer atau di . FTP biasanya digunakan untuk mengirim atau menerima file dari server, misalnya saat kamu mengunduh lagu, video, game, atau aplikasi dari internet. FTP juga digunakan untuk mengunggah file ke server.

Lalu, apa saja fungsi ftp itu? Bagaimana cara kerjanya? Dan bagaimana cara menggunakan ftp? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

Fungsi FTP

FTP memiliki banyak fungsi yang berguna bagi pengguna internet, baik untuk keperluan pribadi maupun profesional. Berikut adalah beberapa fungsi FTP yang perlu kamu ketahui:

Baca juga :  Cisco AnyConnect Download
  • Melakukan pertukaran file antara komputer dengan mudah, meskipun memiliki ukuran file yang besar. FTP bisa mengirim atau menerima file dengan cepat dan efisien, tanpa perlu menggunakan media penyimpanan fisik seperti flashdisk atau harddisk eksternal.
  • Melakukan backup website dengan mudah dan efisien. FTP bisa digunakan untuk mengcopy atau memindahkan file-file yang ada di website kamu ke komputer kamu atau sebaliknya. Hal ini berguna untuk mencegah kehilangan data jika terjadi masalah pada server atau website kamu.
  • Memfasilitasi pengiriman data dua arah. FTP bisa digunakan untuk mengirim atau menerima data dari dua arah sekaligus.
  • Mendukung berbagai jenis file. FTP bisa digunakan untuk mengirim atau menerima file dengan berbagai format, seperti teks, gambar, audio, video, dokumen, arsip, dan lain-lain.

Cara Kerja FTP

fungsi FTP
fungsi FTP

FTP bekerja dengan menggunakan standar autentikasi, yaitu pengguna harus memasukkan username dan password untuk bisa mengakses file-file yang ada di . Jika pengguna sudah berhasil login, maka pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas dengan file-file yang ada di FTP server, seperti mengunduh, mengunggah, mengubah nama, menghapus, atau membuat folder baru.

Baca juga :  IP Address : Perbedaan IPv4 dan IPv6

FTP juga bekerja dengan menggunakan dua mode transfer, yaitu ASCII dan binary. Pengguna bisa memilih mode transfer yang sesuai dengan jenis file yang ingin dikirim atau diterima.

Cara Menggunakan FTP

Untuk bisa menggunakan FTP, kamu membutuhkan beberapa hal, yaitu:

  • Terhubung dengan internet untuk bisa mengakses FTP server atau FTP client.
  • Mengetahui alamat, username, dan password FTP server yang ingin kamu akses.
  • Memiliki FTP client yang bisa digunakan untuk menghubungkan komputer atau perangkat kamu dengan FTP server.

Setelah kamu memiliki ketiga hal di atas, kamu bisa mulai menggunakan FTP dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka FTP client, di browser, aplikasi, atau software FTP client yang kamu miliki.
  • Lakukan koneksi pada FTP server, dengan menekan tombol connect, login, atau sejenisnya untuk melakukan koneksi dengan FTP server. Jika koneksi berhasil, kamu akan melihat daftar file-file yang ada di FTP server.
  • Lakukan aktivitas dengan file-file yang ada di FTP server, seperti mengunduh, mengunggah, mengubah nama, menghapus, atau membuat folder baru. Kamu bisa menggunakan fitur drag and drop, klik kanan, atau menu yang tersedia di FTP client untuk melakukan aktivitas tersebut.
  • Tutup koneksi dengan FTP server, dengan menekan tombol disconnect, logout, atau sejenisnya. Hal ini berguna untuk menjaga dan kinerja FTP server.
Baca juga :  Tambah Pengetahuan! Ini Pengertian Dedicated Server Singapore!

Demikian artikel yang kami buat tentang fungsi FTP. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang FTP. Jika kamu mempunyai pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Terima kasih sudah membaca.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment