5 Pengertian Instalasi Jaringan, Kamu Wajib Tahu!

No comments
Instalasi jaringan
Instalasi jaringan

Instalasi jaringan adalah pengaturan perangkat keras yang membentuk atau sekumpulan perangkat yang saling terhubung. Proses meliputi penentuan:

  • Apa yang dibutuhkan jaringan?
  • Jenis jaringan apa yang akan digunakan?
  • atau tata letak jaringan apa yang akan diikuti?
  • Perangkat keras spesifik apa yang akan digunakan yang dibutuhkan dan berapa banyak?
  • Di mana menempatkan perangkat keras tersebut?
  • Memanfaatkan secara maksimal Instalasi jaringan.

Instalasi jaringan

Mengevaluasi ruang lingkup jaringan, biaya, dan penerapan untuk menciptakan kerangka kerja fisik yang menyediakan konektivitas yang stabil, dapat dengan mudah dipelihara atau diupgrade dengan mudah dan memenuhi kebutuhan perusahaan atau organisasi yang akan menggunakannya.

Apa yang dimaksud dengan Instalasi jaringan?

Bagian pertama dari definisi Instalasi jaringan adalah dua atau lebih komputer (atau perangkat komputasi dan perangkat lain, seperti printer) yang terhubung untuk berbagi file, sumber daya, dan informasi lainnya dengan cepat, aman, dan mudah.

Apa perbedaan antara Instalasi jaringan LAN dan WAN?

Ini adalah dua jenis jaringan yang berbeda. LAN adalah singkatan dari Local Area dan WAN adalah singkatan dari Wide Area Network. Hampir semua instalasi jaringan bergantung pada pembuatan LAN, seperti Komputer, , dan perangkat lain terhubung ke jaringan lokal melalui koneksi kabel atau melalui titik akses nirkabel.

Baca juga :  3 Keuntungan dan Cara Kerja Server Softswitch PBX

Di sisi lain, WAN menghubungkan jaringan besar yang tersebar di wilayah geografis yang luas, seperti negara bagian, negara, atau bahkan menghubungkan dua benua. Jaringan WAN menggunakan sambungan satelit yang kuat dan bahkan kabel lintas samudra untuk membuat koneksi dan menghubungkan pada jaringan.

Apa sebenarnya yang menghubungkan perangkat jaringan?

Ada beberapa cara untuk menyambungkan dua Instalasi jaringan secara bersamaan: Berkabel (yaitu Ethernet) Saluran telepon Gelombang radio (mis. Wi-Fi) Inframerah. Satelit Dua jenis yang paling populer sejauh ini adalah radio/Wi-Fi dan Ethernet berkabel.

Apa yang dimaksud dengan jaringan Wi-Fi?

Instalasi jaringan yang terhubung melalui Wi-Fi umumnya mudah dan murah untuk disiapkan, tetapi membutuhkan upaya nyata untuk membuatnya bekerja pada tingkat yang tinggi. Tidak seperti jaringan lainnya, jaringan Wi-Fi menggunakan sebagai jaringan area luas atau WAN untuk bertukar file, data, dll.

Integritas gelombang radio dipengaruhi oleh penghalang fisik seperti dinding, yang sangat umum terjadi di lingkungan dalam ruangan dan kekuatan sinyal yang berarti bahwa perubahan lokasi yang sederhana dapat menghasilkan koneksi yang lebih lambat dan kurang stabil.

Baca juga :  LACP : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Wi-Fi umumnya lebih lambat dan memiliki latensi yang lebih besar daripada jenis jaringan lainnya. Jaringan Wi-Fi juga merupakan jaringan yang paling tidak aman, karena dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki perangkat yang dapat mengakses Internet, dan karena jaringan berbasis gelombang radio lebih rentan terhadap peretasan dan malware daripada jaringan kabel.

Jadi, dalam jaringan Wi-Fi, enkripsi data, perlindungan malware, dan pengguna sangat penting.

Apa yang dimaksud dengan jaringan Ethernet?

Ethernet menggunakan kabel fisik untuk menghubungkan perangkat dan mengirimkan informasi menggunakan protokol tertentu, atau bahasa jaringan. Ethernet dapat digunakan pada LAN atau WAN, tetapi paling umum digunakan pada jaringan lokal, seperti jaringan rumah atau kantor.

Ethernet memiliki harga yang lebih murah daripada jaringan satelit dan inframerah, dan kecepatan serta keandalan yang jauh lebih tinggi daripada saluran telepon dan Wi-Fi. Sebagai jaringan kabel, jaringan ini juga sangat aman, karena siapa pun yang ingin menggunakan jaringan ini harus memiliki perangkat yang terhubung secara fisik dan juga dikonfigurasikan untuk bekerja dengan protokol khususnya.

Baca juga :  WiFi Adalah

Jaringan ini juga biasanya menggunakan perangkat khusus, sehingga jaringan ini terlindungi secara fisik dan digital. Jenis jaringan ini memiliki sedikit sekali jeda, latensi, atau gangguan cross-talk, terutama dibandingkan dengan pesaing terbesarnya, Wi-Fi. Nah, itulah tadi pengertian Instalasi jaringan. Semoga bermanfaat.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment