Kegunaan IP Address dalam Jaringan Komputer

No comments
kegunaan IP address
kegunaan IP address

Menggunakan.id atau atau yang sering disebut dengan protocol address adalah alamat internet (alamat ) yang mengidentifikasi segala perangkat yang terhubung ke , baik jaringan internet pada umumnya maupun lokal. Dan adalah sebagai media komunikasi bagi suatu perangkat agar permintaan untuknya diarahkan ke tujuan yang tepat melalui jaringan.

IP address juga berfungsi sebagai identitas perangkat yang mengakses jaringan, mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan, dapat digunakan untuk melacak keberadaan perangkat yang mengakses jaringan, dan sebagai jejak pengguna internet. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang kegunaan IP address dalam .

kegunaan IP address

kegunaan IP address
kegunaan IP address

berikut adalah beberapa kegunaan ip address yang perlu kamu ketahui:

1. Sebagai Media Komunikasi

Salah satu kegunaan IP address yang paling utama adalah sebagai media komunikasi antara perangkat yang terhubung ke jaringan. IP address memungkinkan perangkat untuk saling mengirim dan menerima data melalui protokol internet.

Baca juga :  3 Cara Cek Kestabilan Internet dengan Mudah dan Cepat

Protokol internet adalah aturan-aturan yang mengatur bagaimana data dikirim dan diterima di jaringan. Data yang dikirim dan diterima dipecah menjadi paket-paket kecil yang disebut datagram. Setiap datagram memiliki informasi tentang alamat IP sumber dan tujuan, sehingga dapat diarahkan ke perangkat yang tepat.

2. Sebagai Identitas Perangkat

Kegunaan IP address yang kedua adalah sebagai identitas perangkat yang mengakses jaringan. Sama halnya dengan nomor telepon, di dunia ini tidak boleh ada nomor telepon yang sama, karena nomor telepon merepresentasikan atau mewakili perangkat telepon yang digunakan serta orang yang menggunakannya.

Begitu pula dengan IP address, tidak boleh ada IP address yang sama dalam jaringan yang sama, karena IP address merepresentasikan atau mewakili perangkat yang digunakan serta orang yang menggunakannya.

3. Mengidentifikasi Skala Jaringan yang Digunakan

Kegunaan IP address yang ketiga adalah mengidentifikasi skala jaringan yang digunakan. IP address dibagi menjadi dua versi, yaitu dan . IPv4 adalah versi IP address yang paling umum digunakan saat ini, sedangkan IPv6 adalah versi IP address yang dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan IPv4.

Baca juga :  Mengenal tentang DDNS

Dan IPv4 dibagi menjadi empat buah oktet berukuran 8-bit (nilainya berkisar antara 0-255). Untuk lebih mempermudah kita buat format sederhana IP address versi 4 dengan W.X.Y.Z (satu huruf mewakili kisaran nilai 0-255).

Kemudian, IPv6 dibagi menjadi delapan buah oktet berukuran 16-bit (nilainya berkisar antara 0-65535). Untuk lebih mempermudah kita buat format sederhana IP address versi 6 dengan A:B:C:D:E:F:G:H (satu huruf mewakili kisaran nilai 0-65535).

4. Dapat Digunakan untuk Melacak Keberadaan Perangkat yang Mengakses Jaringan

Kegunaan IP address yang keempat adalah dapat digunakan untuk melacak keberadaan perangkat yang mengakses jaringan. IP address dapat memberikan informasi tentang lokasi geografis, penyedia layanan internet, jenis perangkat, sistem operasi, browser, dan lain-lain. Informasi ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya untuk analisis statistik, personalisasi konten, pengiklanan, , dan lain-lain.

5. Sebagai Jejak Pengguna Internet

Kegunaan IP address yang kelima adalah sebagai jejak pengguna internet. IP address dapat digunakan untuk melacak aktivitas online kita, misalnya website yang kita kunjungi, email yang kita kirim, file yang kita unduh, dan lain-lain.

Baca juga :  Agar Tidak Salah! Kenali Pembagian IP Address Ini!

IP address dapat digunakan sebagai bukti digital dalam kasus hukum, misalnya pelanggaran hak cipta, pencurian identitas, penipuan, dan lain-lain.m Misalnya, saat kita mengunduh file ilegal dari internet, IP address kita dapat dilacak oleh pihak berwenang dan digunakan sebagai bukti untuk menjerat kita.

Atau, saat kita mengirim email palsu kepada seseorang, IP address kita dapat dilacak oleh penerima email dan digunakan sebagai bukti untuk melaporkan kita. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam menggunakan internet dan menjaga privasi kita.

Dan itulah penjelasan tentang kegunaan IP Address yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat!

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment