Pengertian Dial Plan Beserta Jenis-jenisnya! Wajib Kamu Tahu

No comments
pengertian Dial Plan
pengertian Dial Plan

Pernah mendengar istilah ? Jika belum pernah, yuk intip pengertian Dial Plan di artikel kali ini. adalah sebuah konfigurasi yang menentukan bagaimana panggilan telepon dapat dialihkan atau diarahkan ke tujuan yang diinginkan.

Dial plan biasanya digunakan dalam sistem telepon berbasis ( Protocol) seperti (Voice over IP) atau (Private Branch Exchange). Dial plan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan cara mereka melakukan panggilan, misalnya dengan menggunakan kode akses, prefix, suffix, atau fitur lainnya.

pengertian Dial Plan
pengertian Dial Plan

Pengertian Dial Plan Beserta Jenis-jenisnya! Wajib Kamu Tahu

Sudah memahami seperti apa pengertian Dial Plan? Mari kita lanjut kepada pembahasan berikutnya.

Jenis-jenis Dial Plan

Jenis-jenis dial plan yang umum digunakan dalam sistem telepon berbasis IP adalah sebagai berikut:

Baca juga :  Jenis Jenis VPN dan Protokol yang Melindungi Data

1. Flat dial plan

Flat dial plan adalah jenis dial plan yang paling sederhana dan mudah digunakan. Flat dial plan tidak menggunakan pattern, , atau feature, tetapi hanya menggunakan nomor tujuan yang langsung diinput oleh pengguna. Dan Flat dial plan cocok untuk sistem telepon skala kecil atau pribadi yang tidak memerlukan banyak variasi atau modifikasi pada panggilan.

2. Hierarchical dial plan

Lalu, ada Hierarchical dial plan yang merupakan jenis dial plan yang menggunakan struktur hirarkis untuk mengatur pattern, route, dan feature. Hierarchical dial plan membagi sistem telepon menjadi beberapa tingkat atau lapisan, seperti global, regional, lokal, atau internal. Hierarchical dial plan cocok untuk sistem telepon skala besar atau organisasi yang memerlukan banyak integrasi atau koordinasi pada panggilan.

3. Variable-length dial plan

Variable-length dial plan adalah jenis dial plan yang menggunakan panjang variabel untuk mengatur pattern, route, dan feature. Variable-length dial plan memungkinkan pengguna untuk menggunakan nomor tujuan dengan panjang berbeda-beda, tergantung pada tujuan atau lokasi panggilan.

Dan Variable-length dial plan cocok untuk sistem telepon yang memiliki banyak tujuan atau lokasi yang beragam atau dinamis.

Baca juga :  Jobdesk Network Engineer

Komponen Dial Plan

Dial plan terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu:

1. Endpoint

Endpoint adalah perangkat atau aplikasi yang dapat melakukan atau menerima panggilan, seperti telepon, komputer, smartphone, atau tablet. Dan Endpoint memiliki alamat unik yang disebut URI (Uniform Resource Identifier) yang berisi informasi seperti nama pengguna, domain, atau nomor telepon.

2. Pattern

Kemudian, Pattern adalah sebuah pola yang digunakan untuk mencocokkan nomor yang diinput oleh pengguna dengan tujuan yang sesuai. Pattern dapat berupa angka, huruf, simbol, atau kombinasinya. Pattern juga dapat memiliki parameter seperti panjang minimum atau maksimum, batasan waktu, atau prioritas.

3. Route

Lalu, Route adalah sebuah aturan yang menentukan bagaimana panggilan harus dialihkan dari satu endpoint ke endpoint lainnya. Dan Route dapat berisi informasi seperti yang digunakan, gateway yang harus dilewati, atau transformasi yang harus dilakukan pada nomor yang diinput.

4. Feature

Feature adalah sebuah fungsi tambahan yang dapat digunakan oleh pengguna untuk memodifikasi atau meningkatkan pengalaman panggilan mereka. Dan Feature dapat berupa konferensi, perekaman, parkir, transfer, voicemail, atau lainnya.

Manfaat Dial Plan

Dial plan memiliki beberapa manfaat bagi pengguna sistem telepon berbasis IP, yaitu:

Baca juga :  Konfigurasi Vlan Trunking Protocol (VTP)

1. Fleksibilitas

Pertama, Dial plan memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk melakukan panggilan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Pengguna dapat memilih nomor tujuan, kode akses, fitur, atau protokol yang mereka inginkan tanpa terbatas oleh batasan fisik atau geografis.

2. Efisiensi

Dial plan memberikan efisiensi bagi pengguna untuk melakukan panggilan dengan cepat dan mudah. Pengguna tidak perlu mengingat atau memasukkan nomor panjang atau rumit, tetapi cukup menggunakan pattern sederhana yang telah ditentukan oleh dial plan. Dial plan juga dapat mengoptimalkan jalur panggilan untuk mengurangi biaya atau meningkatkan kualitas.

3.

Terakhir, Dial plan memberikan keamanan bagi pengguna untuk melakukan panggilan dengan aman dan terpercaya. Pengguna dapat mengatur hak akses, autentikasi, enkripsi, atau filter pada dial plan untuk mencegah panggilan tidak sah atau tidak diinginkan.

Dan itulah penjelasan tentang pengertian dial plan, jenis-jenis, komponen, dan juga manfaatnya. Pengertian dial plan memang cukup kurang terkenal, mungkin hanya kalangan teknisi saja yang mengetahuinya. Namun setelah adanya ulasan tentang pengertian dial plan ini, kita berharap bisa menambah wawasan kamu semua. Semoga bermanfaat!

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment