Pengertian Node

1 comment
pengertian node

Pengertian , Fungsi, Jenis-Jenisnya dalam

Berikut adalah pembahasan mengenai pengertian Node, fungsi, jenis-jenisnya dalam sebuah komputer. Saat membahas tentang jaringan komputer, tentunya Anda akan sering menjumpai istilah node. Lalu, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan node?

pengertian node

Pengertian router node ini dapat didefinisikan sebagai titik penghubung antara sebuah perangkat dengan perangkat yang lainnya. Sebenarnya, definisi ini memang dapat berbeda-beda berdasarkan jaringan dan protokol yang digunakan.

Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa informasi seputar node, mulai pengertian, fungsi, jenisnya dalam jaringan komputer. Jadi, pastikan simak penjelasannya sampai selesai agar Anda dapat memahami istilah node ini dengan baik.

Apa Pengertian Node dalam Jaringan Komputer?

Istilah node diambil dari bahasa latin, yaitu nodus yang memiliki arti simpul. Pengertian node juga dapat diartikan sebagai perangkat fisik dalam sebuah jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirim, meneruskan, bahkan menerima data atau informasi dari sebuah perangkat ke perangkat yang lainnya.

Baca juga :  3 Alasan Internet Proxy sangat Wajib Kamu Gunakan!

 

Pengertian node yang paling umum dan sering dijumpai adalah personal komputer atau yang biasa disebut sebagai node atau node komputer. Secara umum, node juga dapat digambarkan sebagai sebuah perangkat terprogram yang berfungsi untuk mengirim data pada sebuah perangkat.

 

Dengan demikian, node dapat diibaratkan sebagai titik-titik yang saling berhubungan satu sama lain saat sebuah perangkat terhubung pada sebuah jaringan dan membentuk pola tertentu. Seperti halnya , hub, switch, servers, bridges, printer pada jaringan maupun ethernet, hal ini juga merupakan contoh node.

 

Namun, adanya hubungan jaringan pada garis-garis tersebut tidak dapat terjadi tanpa adanya titik-titik yang tersebar. Maka tidak heran jika node menjadi sebuah pondasi penting dalam sebuah jaringan komputer agar dapat bekerja secara maksimal untuk mentransmisikan data secara digital.

Fungsi Node Jaringan Komputer

Fungsi utama node jaringan komputer adalah mengirimkan data dengan memanfaatkan titik-titik jaringan. Namun, terdapat beberapa fungsi node dalam jaringan komputer, yaitu sebagai berikut.

1.     Jaringan Peer to Peer (P2P)

Model Peer to peer merupakan desain jaringan dimana setiap komputer dapat menggunakan dan mengambil resource dari komputer lainnya, atau bisa memberikan resource yang dimiliki kepada komputer lainnya tanpa harus mengunduh atau menggunakan alat penyimpanan eksternal seperti flash drive.

 

Untuk mengambil data atau mengirimkan data dari komputer lainnya, Anda dapat mengaksesnya lewat komputer Anda sendiri saja. Hal tersebut dapat dilakukan saat jaringan komputer aktif dan saling terhubung satu sama lain. Caranya yaitu dengan mengakses Address yang sama agar dapat berbagi data atau resource pada komputer.

Baca juga :  Apa itu Model TCP IP dan 5 Lapisan Lapisannya?

2.     Jaringan Client

Sedangkan untuk jaringan Client Server ini menggunakan beberapa komputer yang berperan sebagai penyedia akses resource (server) untuk komputer lain (client) dalam sebuah jaringan komputer. Komputer yang berperan sebagai server akan mengatur semua mekanisme resource yang dapat digunakan.

 

Selain itu, terdapat juga mekanisme komunikasi yang dilakukan antar node dalam sebuah jaringan antar node tersebut. Tidak hanya untuk jaringan lokal saja, akan tetapi sistem client server ini juga dapat digunakan untuk teknologi internet lainnya.

 

Berikut adalah beberapa jenis layanan yang ada pada jaringan Client Server, antara lain yaitu:

 

  • File Server (berfungsi untuk pengelolaan file)
  • Print Server (berfungsi untuk memberikan layanan pencetakan)
  • Database Server (berfungsi untuk pengelolaan database yang dijalankan)
  • Document Information Processing (DIP) berfungsi untuk melakukan manajemen, penyimpanan, dan pengambilan data.

Jenis-Jenis Node Jaringan

Setelah mengetahui pengertian node dan fungsinya, terdapat beberapa jenis node jaringan yang saling berkaitan satu sama lain untuk mengoptimalkan jaringan pada komputer. Berikut adalah beberapa jenis-jenis node jaringan.

1.     Node Jaringan Internet

Node ini merupakan salah satu jenis node utama yang ada pada jaringan internet. Dalam node ini, jaringan internet atau intranet akan terjadi dan komputer akan berperan sebagai node dengan bantuan IP.

2.     End Nodes

End Nodes merupakan node yang mencakup titik awal atau akhir dan berfungsi untuk menghubungkan sebuah perangkat pada jaringan. End Nodes ini menawarkan transmisi data di titik awal dan akhir. Contohnya seperti pada kamera , dan juga printer.

Baca juga :  10+ Cara Mengatasi 502 Bad Gateway

3.     Node Jaringan Telekomunikasi

Node ini berfungsi untuk mengontrol stasiun pangkalan komunikasi seluler dan bertanggung jawab untuk mengendalikan tower BTS, walaupun tower tersebut bukan BTS. Node ini juga menawarkan layanan jaringan pintar dengan jaringan telepon publik atau pribadi.

4.     Node Komunikasi Data

Node ini merupakan kumpulan komponen jaringan yang membentuk sebuah perangkat yang dapat melakukan transfer data antar perangkat. Contoh dari node ini yaitu modem, bridge, switch, dan masih banyak lagi lainnya.

5.     Node Sistem TV Kabel

Node pada sistem TV kabel ini umumnya akan terhubung menggunakan kabel serat optik yang tersedia pada area rumah maupun kantor. Node ini juga yang akan menentukan berapa jumlah serat optik yang terhubung dalam sebuah sistem jaringan.

6.     Node LAN dan WAN

Node ini akan bekerja sama dengan node lainnya dengan memanfaatkan alamat IP atau MAC yang diberikan oleh NIC. Fungsi node ini adalah untuk menghubungkan komputer dengan jaringan kabel atau nirkabel.

 

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian node, fungsi, dan jenis-jenisnya yang sering kita gunakan untuk mengirimkan dan mengambil data dalam satu server komputer. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi dan menambah wawasan Anda tentang istilah node yang seringkali dijumpai.

 

 

Also Read

Bagikan:

1 thought on “Pengertian Node”

Leave a Comment