Perbedaan TCP dan UDP dalam Jaringan Komputer

No comments

Menggunakan.id – TCP dan UDP adalah dua yang sering digunakan dalam untuk mengirim dan menerima data melalui . Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu membagi data menjadi paket-paket kecil yang kemudian dikirimkan dari pengirim ke penerima. Namun, ada beberapa yang mempengaruhi kecepatan, keandalan, dan efisiensi pengiriman data.

Perbedaan TCP dan UDP dalam Komputer

perbedaan TCP dan UDP

Lalu apa saja perbedaan TCP dan UDP? Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu TCP?

Perbedaan TCP dan UDP, TCP sendiri adalah singkatan dari Transmission Control Protocol. TCP adalah protokol berorientasi koneksi, yaitu membuat koneksi antara pengirim dan penerima sebelum mengirim data. TCP juga memiliki mekanisme untuk memeriksa apakah paket data telah sampai dengan benar atau tidak.

Jika ada paket data yang hilang atau rusak, TCP akan mengirim ulang paket tersebut sampai diterima dengan lengkap. TCP juga dapat mengatur aliran data agar tidak terjadi kemacetan atau kelebihan beban pada jaringan.

Baca juga :  Apa Itu Perangkat Firewall dan Mengapa Kamu Perlu Menggunakannya?

Kelebihan dari TCP adalah dapat menjamin keandalan dan integritas pengiriman data. Data yang dikirim melalui TCP akan sampai sesuai dengan urutan dan isi aslinya. TCP juga dapat menyesuaikan ukuran paket data sesuai dengan kondisi jaringan. Contoh aplikasi yang menggunakan TCP adalah email, web browsing, file transfer, dan remote login.

Kekurangan dari TCP adalah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengirim data karena harus melakukan koneksi terlebih dahulu. TCP juga membutuhkan lebih banyak sumber daya seperti bandwidth, memori, dan prosesor karena harus melakukan pengecekan dan pengiriman ulang paket data.

TCP juga lebih rentan terhadap serangan denial-of-service (DoS) karena koneksi yang dibuat dapat diinterupsi oleh pihak ketiga.

Apa itu UDP?

Perbedaan TCP dan UDP. UDP adalah singkatan dari User Datagram Protocol. UDP adalah protokol tanpa koneksi, yaitu tidak membuat koneksi antara pengirim dan penerima sebelum mengirim data. UDP juga tidak memiliki mekanisme untuk memeriksa apakah paket data telah sampai dengan benar atau tidak.

Baca juga :  Apa Itu Router? Yuk Simak 5 Fungsi Router pada Jaringan Komputer Sebagai Berikut

Jika ada paket data yang hilang atau rusak, UDP tidak akan mengirim ulang paket tersebut. UDP juga tidak mengatur aliran data sehingga dapat terjadi kemacetan atau kelebihan beban pada jaringan.

Kelebihan dari UDP adalah dapat mengirim data dengan sangat cepat karena tidak perlu melakukan koneksi terlebih dahulu. UDP juga membutuhkan lebih sedikit sumber daya seperti bandwidth, memori, dan prosesor karena tidak perlu melakukan pengecekan dan pengiriman ulang paket data. UDP juga lebih tahan terhadap serangan denial-of-service (DoS) karena tidak ada koneksi yang dapat diinterupsi oleh pihak ketiga.

Kekurangan dari UDP adalah tidak dapat menjamin keandalan dan integritas pengiriman data. Data yang dikirim melalui UDP dapat hilang, rusak, atau berubah urutan. UDP juga tidak dapat menyesuaikan ukuran paket data sesuai dengan kondisi jaringan. Contoh aplikasi yang menggunakan UDP adalah streaming video, voice over (), online gaming, dan domain name system ().

Kesimpulan

TCP dan UDP adalah dua protokol yang sering digunakan dalam jaringan komputer untuk mengirim dan menerima data melalui internet. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu membagi data menjadi paket-paket kecil yang kemudian dikirimkan dari pengirim ke penerima.

Baca juga :  3 Alasan Internet Proxy sangat Wajib Kamu Gunakan!

Namun, ada beberapa perbedaan TCP dan UDP yang mempengaruhi kecepatan, keandalan, dan efisiensi pengiriman data. TCP adalah protokol berorientasi koneksi, sedangkan UDP adalah protokol tanpa koneksi. TCP lebih andal dan akurat, sedangkan UDP lebih cepat dan efisien.

Pemilihan protokol yang tepat tergantung pada jenis dan kebutuhan aplikasi yang digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Jika Kamu memiliki kritik atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment