Topologi Hybrid : Pengertian, Fungsi, dan Jenis

No comments

Istilah hybrid cukup populer karena jenis ini berskala besar sehingga sering digunakan pada perusahaan. Sistem hybrid ternyata dapat menggabungkan dari dua perusahaan yang menggunakan dua topologi berbeda.

Contohnya, terdapat jaringan komputer star yang dihubungkan dengan jaringan komputer ring maka akan menghasilkan jaringan komputer baru yang disebut dengan topologi hybrid. Keren, kan?

Jika masih belum paham tentang topologi hybrid maka simak penjelasan artikel ini sampai selesai ya.

Pengertian Topologi Hybrid

Topologi Hybird

Topologi Hybrid adalah jaringan yang terhubung dari dua atau lebih topologi baik itu penggabungan topologi star dengan topologi ring, topologi bus dengan topologi ring, atau sebaliknya.

Secara umum jenis topologi jaringan ini juga disebut dengan topologi campuran.

Syarat penerapan dan penggunaannya dapat disesuaikan dengan jumlah komputer, lokasi, dan kecepatan dari kinerja koneksi yang dibutuhkan.

Peran dari jaringan ini sangat mampu dalam meningkatkan toleransi kesalahan, menambahkan topologi dasar yang baru, dan meningkatkan fleksibelitasnya dengan mudah.

Baca juga :  Mengenal Differentiated Services Code Point (DSCP) : Pengertian, Fungsi, dan Tujuan

Ciri-Ciri Topologi Hybird

Secara umum topologi campuran ini menggabungkan dua topologi jaringan atau lebih dengan tujuan sesuai kebutuhan para penggunanya. Berdasarkan pengertian tersebut, Hybird mempunyai ciri-ciri diantaranya yaitu:

1. Terdapat Dua Jaringan atau Lebih

Pertama, ciri-ciri dari topologi campuran yaitu menghubungkan dua jaringan atau lebih. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggabungan dua topologi ini bertujuan dengan beberapa alasan. Contohnya, untuk meningkatkan kinerja, mempercepat kecepatan koneksi, dan lainnya.

2. Mempunyai Karakteristik Dasar dari Setiap Topologi

Berikutnya, ketika menggunakan topologi campuran maka dalam jaringan tersebut terbentuk dari karakter dasar setiap topologi yang membentuknya.

Contohnya, jika topologi campuran tersebut menggabungkan topologi star dan topologi ring. Maka topologi campuran tetap mempunyai karakteristik dasar dari topologi ring dan star.

Fungsi Topologi Hybrid

Adapun beberapa fungsi mendasar dari penggunaan topologi campuran atau hybrid yang harus diketahui, antara lain yaitu:

1. Efisien Digunakan di Lingkungan Berbeda

Fungsi penggunaan topologi campuran yang pertama yaitu sangat efisien digunakan pada lingkungan yang berbeda. Jadi, penggunaan jaringan ini dapat menghubungan jaringan komputer pada dua perusahaan berbeda yang lokasinya berjauhan.

2. Membantu Mengelola Organisasi

Berikutnya fungsi dari penggunaan topologi campuran yaitu dapat untuk membantu mengelola organisasi dalam segala bidang. Contohnya, seperti digunakan untuk mengelola organisasi pada bidang pendidikan, perbankan, industri, penelitian, dan keuangan.

Dengan menggunakan teknologi sistem hybird akan membantu proses penyelesaian data menjadi lebih cepat selesai.

3. Sistem Pengaturan Fleksibel

Terakhir, fungsi dari penggunaan jaringan hybird yaitu dapat membantu pengaturan jaringan dengan fleksibel. Artinya, penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, teknologi jaringan ini dapat digunakan untuk koneksi jaringan di rumah maupun di kantor perusahaan.

Baca juga :  Gampang Banget! Inilah 3 Cara Mudah dan Efektif untuk Cek Bandwidth Indihome

Dengan kata lain, penggunaan jaringannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan berskala sedang maupun besar.

Jenis Tipe Topologi Hybird

Masih penasaran apa saja jenis tipe dari jaringan Hybird? silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Star-Ring

Pertama, terdapat jenis tipe jaringan Hybird Star-Ring yang menghubungkun topologi star dan topologi ring dengan dengan koneksi kabel jaringan. Data yang terdapat jaringan ring akan mencapai pada penghubung pada jaringan star.

Sistem ini memiliki metode aliran data searah dan dua arah sehingga dapat dipastikan tidak akan ada efek pada jaringan lainnya apabila ada satu saja aliran node yang gagal.

2. Star-Bus

Berikutnya, jenis jaringan Hybird Star-Bus yang menghubungkan dua atau lebih topologi star dengan topologi bus menggunakan koneksi kabel.

Tetapi, topologi bus mempunyai struktur backbone yang berbeda sehingga membutuhkan koneksi kabel sendiri.

3. Topologi Hirarki

Terakhir, terdapat jenis jaringan Hybird Hirarki yang berbentuk seperti pohon hierarkis. Pada jaringan ini terdapat level jaringan induk dan anak.

Dimana level jaring induk ini yaitu adanya level minimum dan maksimum yang disebut root. Sedangkan, pada jaringan level anak yang mempunyai tiga tingkatan. Semuanya berperan mengirimkan data ke node masing-masing sesuai dengan tujuannya.

Kelebihan Topologi Hybird

Jika tertarik untuk menggunakan topologi jaringan hybird maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihannya, antara lain yaitu:

1. Jaringan yang Handal

Kelebihan topologi jaringan hybird yang pertama yaitu merupakan teknologi yang handal. Dimana, jaringan ini lebih memiliki minimum munculnya kesalahan dalam proses transfer data.

Bahkan, ketika salah satu node dalam jaringan bermasalah tidak akan mempengaruhi node lainnya. Dengan lain, node lain akan tetap mengirimkan proses transfer data dengan lancar dan cepat.

Baca juga :  Server VoIP: Meningkatkan Efisiensi Komunikasi Bisnis

2. Lebih Efektif

Jaringan hybird menggabungkan dua topologi atau lebih sehingga lebih efektif dalam menjalankan proses transfer data, meskipun jaringannya berskala besar.

Hal tersebut dikarenakan setiap topologi mampu melengkapi kekurangan dari topologi lainnya yang dijalankan.

3. Dapat Disesuaikan Skalanya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jaringan hybird ini sangatlah fleksibel. Dimana topologi tersebut dapat diatur skalnya sesuai kebutuhan.

Jadi, dapat digunakan pada ruang lingkup skala kecil, sedang, maupun besar. Tentu saja kinerjanya juga menyesuaikan dari skala yang digunakan.

4. Mentransfer Data Lebih Mudah

Meskipun menggunakan dua tipe jaringan yang berbeda, tetapi kemampuannya dalam mentransfer data ternyata lebih mudah dan cepat.

Tentunya, hal tersebut sangatlah menguntungkan pengguna dalam menyelesaikan tugas dengan cepat.

Kekurangan Topologi Hybird

Selain mempunyai kelebihan, ternyata jaringan Hybird juga mempunyai beberapa kekurangan. Diantaranya yaitu:

1. Kompleks

Topologi jaringan Hybird ini menggabungkan dua atau lebih topologi sekaligus sehingga membutuhkan seseorang yang benar-benar ahli dalam menggabungkannya. Memang tidak mudah untuk menghubungkan dua tipe jaringan komputer dengan karakteristik yang berbeda-beda.

2. Mahal

Untuk menggabungkan dua atau lebih topologi sekaligus sudah pasti membutuhkan budget yang lebih banyak. Oleh karena itu, sebelum memilih untuk menggunakan jaringan hybird maka pastikan untuk menyiapkan budgetnya terlebih dahulu.

3. Unit Akses Multi-stasiun

Terakhir, kekurangan dari penggunaan jaringan hybird yaitu mengharuskan adanya unit akses multi-stasiun yang berperan dalam melakukan bypass perangkat yang gagal kirim data, error, atau mengalami kerusakan.

Setelah mengetahui pengertian topologi hybrid, jenis, fungsi, kelebihan dan kekurangannya maka pengguna lebih dapat mempertimbangkan penggunaan sistem jaringan ini sesuai dengan kebutuhan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment