Proses Kerja PBX Server: 5 Solusi Komunikasi Efisien dan Hemat Biaya

No comments
proses kerja PBX server
proses kerja PBX server

Menggunakan.id termasuk salah satu aspek penting dalam dunia bisnis. Dengan hal ini proses kerjanya akan semakin lancar, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, kualitas, dan kinerja. Namun, proses tersebut pastinya akan di mulai dengan komunikasi yang efektif serta membutuhkan sistem yang canggih dan handal. Salah satu sistem komunikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah . Dan pada artikel kali ini kita akan membahas tentang proses kerja PBX server.

proses kerja PBX server

PBX Server adalah sebuah sistem telepon yang menghubungkan beberapa saluran telepon internal dan eksternal dalam sebuah . PBX Server memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan antar cabang, antar departemen, atau ke luar perusahaan dengan mudah dan murah. PBX Server juga memiliki fitur-fitur tambahan seperti panggilan konferensi, sistem voicemail, pencatatan panggilan, dan lain-lain.

Proses Kerja PBX Server: Solusi Komunikasi Efisien dan Hemat Biaya

Lalu, bagaimana ? Berikut adalah penjelasannya:

Baca juga :  Cara Belajar Cyber Security Otodidak 100% Jitu

1. Penerimaan Panggilan

Tahap pertama dalam proses kerja PBX Server Softswitch adalah menerima panggilan dari pengguna. Panggilan dapat masuk melalui saluran telepon atau melalui jaringan . Jika panggilan masuk melalui saluran telepon.

Gateway akan mengonversi analog menjadi paket data digital agar dapat dikirimkan oleh server melalui jaringan . Jika panggilan masuk melalui jaringan VoIP, server akan langsung menerima paket data digital dari pengguna.

2. Identifikasi Panggilan

Setelah menerima panggilan, server akan mengidentifikasi nomor tujuan panggilan untuk menentukan apakah panggilan tersebut merupakan panggilan internal atau panggilan eksternal. Panggilan internal adalah panggilan yang dilakukan antara pengguna dalam jaringan PBX Server Softswitch, sedangkan panggilan eksternal adalah panggilan yang dilakukan ke luar jaringan PBX Server Softswitch.

3. Pengalihan Panggilan

Setelah mengidentifikasi panggilan, server akan mengalihkan panggilan ke nomor tujuan sesuai dengan permintaan pengguna. Jika panggilan adalah panggilan internal, server akan langsung menghubungkan pemanggil dengan penerima melalui jaringan internet tanpa biaya tambahan.

Baca juga :  4 Cara Menyambungkan Wifi ke Mikrotik dengan mudah dan cepat

Jika panggilan adalah panggilan eksternal, server akan menggunakan softswitch untuk menentukan terbaik untuk mengirimkan paket data digital ke gateway terdekat dengan nomor tujuan. Gateway kemudian akan mengonversi paket data digital menjadi sinyal analog dan mengirimkannya ke nomor tujuan melalui saluran telepon.

4. Pengaturan Antrian

Jika nomor tujuan sedang sibuk atau tidak aktif, server akan memberikan pilihan kepada pemanggil untuk menunggu, meninggalkan pesan, atau mengakhiri panggilan. Jika pemanggil memilih untuk menunggu, server akan menempatkan panggilan dalam antrian dan memberikan informasi tentang posisi antrian dan perkiraan waktu tunggu.

Jika pemanggil memilih untuk meninggalkan pesan, server akan merekam pesan suara dari pemanggil dan menyimpannya dalam sistem voicemail. Jika pemanggil memilih untuk mengakhiri panggilan, server akan memutuskan panggilan.

5. Pengelolaan Panggilan

Selama panggilan berlangsung, server akan terus mengelola panggilan dan memberikan fitur-fitur tambahan kepada pengguna. Ada beberapa fitur yang dapat digunakan oleh pengguna adalah:

  • Panggilan konferensi: pengguna dapat mengundang orang lain untuk bergabung dalam panggilan yang sedang berlangsung.
  • Pencatatan panggilan: pengguna dapat merekam percakapan panggilan dan menyimpannya dalam format audio atau teks.
  • Pemutaran musik: pengguna dapat memutar musik latar belakang saat menunggu atau berbicara dengan penerima.
  • Pengalihan panggilan: pengguna dapat mengalihkan panggilan ke nomor lain jika tidak dapat menjawab atau ingin berbicara dengan orang lain.
  • Penundaan panggilan: pengguna dapat menunda panggilan dan menghubungi kembali penerima pada waktu yang ditentukan.
Baca juga :  Static Routing Generator Cisco

Demikian artikel tentang proses kerja pbx server. Semoga bermanfaat dan membantu bagi kamu semua. Jika kamu memiliki kritik dan saran silakan tulis di kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment