4 Cara Konfigurasi Dial Plan Server Softswitch

No comments
cara konfigurasi dial plan server softswitch
cara konfigurasi dial plan server softswitch

Menggunakan.id – Dial plan adalah aturan yang digunakan untuk mengatur bagaimana sinyal akan diteruskan dari satu alamat ke alamat IP lainnya. Dial plan sangat penting untuk memastikan kualitas dan efisiensi layanan telekomunikasi yang menggunakan softswitch. Dan apakah kamu tau ?

cara konfigurasi dial plan server softswitch

Server softswitch adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengontrol dan mengatur jalannya sinyal VoIP antara sirkuit dengan jaringan paket, seperti PSTN, , TV kabel, dan jaringan seluler.

Cara Konfigurasi Dial Plan Server Softswitch

Untuk mengkonfigurasi dial plan di server softswitch, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

Baca juga :  Networking : Pengertian HTTP

1. Menentukan titik akhir panggilan untuk setiap panggilan

Cara konfigurasi dial plan server softswitch pada Titik akhir panggilan, dimana hal ini melihat dari alamat IP atau nomor telepon yang menjadi tujuan atau sumber dari panggilan. Setiap titik akhir panggilan harus memiliki identitas yang unik, seperti username, password, host, , dan lain-lain.

Identitas ini digunakan untuk mengautentikasi dan mengenali titik akhir panggilan. Untuk menentukan titik akhir panggilan, kita harus membuat data account user atau extension di file konfigurasi .conf. Contoh data account user adalah sebagai berikut:

;softphone

type=friend

username=101

secret=101

host=dynamic

=no

dtmfmode=rfc2833

allow=all

callerid=”sip00”

context=voipkn

canreinvite=no

mailbox=101@voipkn

2. Menentukan pengaturan waktu operasional

Cara konfigurasi dial plan server softswitch dengan melihat pengaturan waktu operasional adalah aturan yang digunakan untuk menentukan kapan dan berapa lama sebuah panggilan dapat dilakukan atau diterima. Pengaturan ini berguna untuk menghemat biaya, meningkatkan keamanan, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Untuk menentukan pengaturan waktu operasional, kita harus membuat data account di file konfigurasi sip.conf. Trunk adalah jalur komunikasi antara server softswitch dengan jaringan lain, seperti PSTN atau internet. Contoh data account trunk adalah sebagai berikut:

Baca juga :  Penetration Testing Adalah

;trunk to PSTN

type=peer

username=trunk01

secret=trunk01

host=192.168.1.100

nat=no

dtmfmode=rfc2833

allow=all

context=incoming

3. Menentukan kualitas layanan

Cara konfigurasi dial plan server softswitch dengan melihat kualitas layanan. Dimana, parameter yang digunakan untuk mengukur seberapa baik kinerja dari sebuah layanan telekomunikasi. Kualitas layanan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti bandwidth, latency, jitter, packet loss, dan lain-lain.

Untuk menentukan kualitas layanan, kita harus membuat data account provider di file konfigurasi sip.conf. Provider adalah pihak yang menyediakan layanan telekomunikasi kepada pelanggan, seperti operator seluler atau ISP. Contoh data account provider adalah sebagai berikut:

;provider to internet

type=peer

username=provider01

secret=provider01

host=202.134.1.10

nat=no

dtmfmode=rfc2833

allow=all

context=outgoing

4. Menentukan fitur-fitur tambahan seperti panggilan konferensi, penyelesaian panggilan, dan lain-lain.

Fitur-fitur tambahan adalah fasilitas yang dapat meningkatkan nilai tambah dari sebuah layanan telekomunikasi. Fitur-fitur tambahan dapat berupa panggilan konferensi, penyelesaian panggilan, pesan suara, musik tunggu, dan lain-lain.

Untuk menentukan fitur-fitur tambahan, kita harus membuat data dial plan di file konfigurasi extensions.conf. Dial plan adalah aturan yang digunakan untuk menghubungkan antara titik akhir panggilan dengan trunk atau provider sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Contoh data dial plan adalah sebagai berikut:

Baca juga :  Apa Itu Topologi Hybrid? Ini Dia 3 Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya

[general]

  • static=yes ; static dial plan configuration file (extensions.conf)
  • writeprotect=no ; allow dial plan modifications to be written to disk

[default]

  • exten => _1XX,n,Dial(SIP/${EXTEN}) ; dial extension 1XX
  • exten => *1,n,VoicemailMain ; dial voicemail main menu
  • exten => 9,1,Dial(SIP/trunk01/${EXTEN}) ; dial trunk to PSTN
  • exten => 8,1,Dial(SIP/provider01/${EXTEN}) ; dial provider to internet
  • exten => 600,1,MeetMe ; dial conference room

Demikianlah cara konfigurasi dial plan server softswitch yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif. Jika memiliki kritik atau saran silakan tulis di kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment