2 Perangkat Komunikasi Data: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

No comments
Perangkat komunikasi data
Perangkat komunikasi data

Menggunakan.id – Sebagai manusia yang tiap harinya sangat lekat dengan teknologi, pastinya kita sudah pernah mendengar bukan? Sudah tahu apa perangkat komunikasi data? Jika tidak, maka baca habis artikel ini untuk menambah pengetahuan.

Perangkat komunikasi data

Alat-alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima data atau informasi melalui , baik itu jaringan lokal maupun jaringan yaitu Perangkat komunikasi data. Contoh perangkat komunikasi data yang biasa kita gunakan adalah komputer, laptop, smartphone, dan tablet. Perangkat komunikasi data memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain di berbagai tempat dan waktu tanpa harus bertemu secara langsung.

Nah, penasaran apa saja jenis jenis perangkat komunikasi ? Apa fungsi Perangkat komunikasi data? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Perangkat Komunikasi Data: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Jenis-Jenis Perangkat Komunikasi Data

Perangkat komunikasi data dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya, yaitu:

Baca juga :  Topologi Mesh : Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

– Sumber data

Sumber data adalah perangkat yang menghasilkan atau menyediakan data atau informasi yang akan dikirimkan. Contohnya adalah keyboard, mouse, scanner, kamera, mikrofon, dan sebagainya.

– Pengirim data

Pengirim data adalah perangkat yang mengubah bentuk data atau informasi dari sumber data menjadi -sinyal yang dapat ditransmisikan melalui media pengiriman. Contohnya adalah , router, switch, dan sebagainya.

– Media pengiriman

Media pengiriman adalah saluran atau jalur yang digunakan untuk mengirimkan sinyal-sinyal dari pengirim data ke penerima data. Media pengiriman dapat berupa kabel (seperti kabel UTP, STP, koaksial, atau fiber optik) atau nirkabel (seperti gelombang radio, inframerah, atau satelit).

– Penerima data

Penerima data adalah perangkat yang menerima sinyal-sinyal dari media pengiriman dan mengubahnya kembali menjadi bentuk data atau informasi yang dapat diproses oleh tujuan data. Contohnya adalah modem, router, switch, dan sebagainya.

– Tujuan data

Tujuan data adalah perangkat yang memproses atau menggunakan data atau informasi yang diterima dari penerima data. Contohnya adalah monitor, printer, speaker, dan sebagainya.

Baca juga :  Firewall Blocker: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Fungsi Perangkat Komunikasi Data

Perangkat komunikasi memiliki fungsi-fungsi yang sangat penting dalam era digital saat ini, yaitu:

– Memudahkan komunikasi

Dengan adanya perangkat komunikasi , kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di mana saja dan kapan saja dengan berbagai cara, seperti suara, teks, gambar, video, atau audio video. Kita juga dapat mengirimkan dan menerima informasi dengan cepat dan akurat.

– Meningkatkan produktivitas

Dengan adanya perangkat komunikasi , kita dapat melakukan pekerjaan atau aktivitas dengan lebih efisien dan efektif. Kita dapat mengakses berbagai sumber informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Kita juga dapat berkolaborasi dengan orang lain dalam tim atau organisasi tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

– Menghemat biaya

Dengan adanya perangkat komunikasi, kita dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk berkomunikasi atau mengirimkan informasi. Kita tidak perlu membayar ongkos transportasi atau telepon untuk bertemu atau berbicara dengan orang lain. Kita juga dapat memanfaatkan fasilitas gratis atau murah yang disediakan oleh penyedia layanan internet.

Baca juga :  Pengertian Quality of Service (QoS)

Demikianlah artikel yang saya buat tentang perangkat komunikasi data. Semoga bermanfaat dan membantu bagi kamu yang sedang mencari perangkat komunikasi ini. Jika kamu memiliki kritik atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk like and share artikel ini ke teman teman kamu yang juga mencari perangkat komunikasi ini. Terima kasih telah membaca  ini sampai selesai.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment