4 Dasar-Dasar Jaringan Komputer yang Wajib Kamu Ketahui

No comments
dasar-dasar jaringan komputer
dasar-dasar jaringan komputer

Menggunakan.id – Jika Kamu pernah menggunakan internet, email, atau media sosial, maka Kamu sudah berinteraksi dengan . Sebelum kamu menggunakan komputer, penting untuk kamu mengetahui tentang .

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung, baik dengan kabel maupun nirkabel, untuk berbagi data, file, dan sumber daya. Jaringan komputer memungkinkan komunikasi dan kolaborasi antara pengguna yang berbeda, serta akses ke informasi dan layanan yang beragam.

Lalu, apa saja dasar-dasar jaringan komputer? Bagaimana cara kerja jaringan komputer? Dan apa saja manfaat dari jaringan komputer? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannnya dibawah ini!

Apa Saja Dasar-Dasar Jaringan Komputer?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang jaringan komputer, ada baiknya kita mengenal apa saja dasar-dasar jaringan komputer. Secara umum, ada empat dasar utama dalam jaringan komputer, yaitu:

1.

Dasar-dasar jaringan komputer yang pertama adalah Node, sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan, seperti komputer, laptop, smartphone, printer, router, dan lain-lain. Node bisa berfungsi sebagai pengirim, penerima, atau perantara data dalam jaringan. Node juga bisa disebut sebagai host, terminal, atau workstation, tergantung pada fungsinya.

Baca juga :  6 Dampak Positif Jaringan Komputer yang Perlu Kamu Ketahui?

2. Tautan

Tautan adalah media yang digunakan untuk menghubungkan node-node dalam jaringan, seperti kabel tembaga, kabel serat optik, gelombang radio, atau gelombang inframerah. Tautan bisa berupa koneksi fisik (berkabel) atau nirkabel (wireless). Tautan juga bisa disebut sebagai saluran, jalur, atau segmen.

3. Protokol

Protokol adalah aturan atau standar yang mengatur cara komunikasi antara node-node dalam jaringan. Protokol menentukan format, ukuran, urutan, dan kesalahan data yang dikirim atau diterima dalam jaringan. Protokol juga menentukan alamat, identitas, dan prioritas node-node dalam jaringan. Contoh protokol yang umum digunakan adalah TCP/IP, , FTP, dan .

4. Perangkat lunak

Perangkat lunak adalah program atau aplikasi yang digunakan untuk mengelola, mengontrol, atau memanfaatkan jaringan komputer. Perangkat lunak bisa berupa sistem operasi, browser, email client, , antivirus, atau game online. Perangkat lunak memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan jaringan komputer secara mudah dan aman.

Bagaimana Cara Kerja Jaringan Komputer?

Setelah kita mengetahui apa saja komponen jaringan komputer, sekarang kita akan membahas bagaimana cara kerja jaringan komputer. Secara sederhana, cara kerja jaringan komputer adalah sebagai berikut:

  • Node pengirim mengirimkan data ke node penerima melalui tautan yang tersedia.
  • Data yang dikirimkan dibagi menjadi potongan-potongan kecil yang disebut paket.
  • Paket-paket yang dikirimkan melewati node-node perantara, yang bertugas untuk meneruskan paket ke node tujuan sesuai dengan protokol yang digunakan.
  • Node penerima menerima paket-paket yang dikirimkan melalui tautan yang tersedia.
  • Node penerima menyusun kembali paket-paket yang diterima menjadi data utuh sesuai dengan nomor urutnya.
Baca juga :  Pengertian OSI Layer

Apa Saja Manfaat dari Jaringan Komputer?

Setelah kita mengetahui apa saja jenis dan jaringan komputer, sekarang kita akan membahas apa saja manfaat dari jaringan komputer. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jaringan komputer, diantaranya:

  • Memudahkan komunikasi dan kolaborasi antara pengguna yang berbeda.
  • Memperluas akses ke informasi dan layanan yang beragam.
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja, pendidikan, atau hiburan.
  • Menghemat biaya dan ruang penyimpanan, dengan menggunakan , cloud, atau jaringan peer-to-peer.
  • Meningkatkan dan privasi data, dengan menggunakan firewall, antivirus, atau enkripsi.

Demikian artikel yang kami buat tentang dasar-dasar jaringan komputer yang wajib Kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Kamu mengenai jaringan komputer. Jika Kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman Kamu yang tertarik dengan jaringan komputer. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment