8 Istilah-Istilah Jaringan Komputer yang Wajib Kamu Tahu

No comments
istilah jaringan komputer
istilah jaringan komputer

Menggunakan.id adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang saling terhubung dan dapat berbagi informasi. Jaringan komputer ini memiliki banyak manfaat, seperti memudahkan komunikasi, berbagi sumber daya, dan menghemat biaya. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tentang yang sering digunakan.

Nah, apa saja istilah jaringan komputer yang sering digunakan itu? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

1.

Server adalah komputer dengan spesifikasi tertentu yang menyediakan sumber daya berupa file atau layanan yang nantinya digunakan oleh client. Server mempunyai peranan penting dalam jaringan komputer, karena server harus menyediakan layanan akses yang cepat untuk mengirim maupun menerima data. Contoh server adalah web server, email server, dan file server.

2. Client dalam Istilah Jaringan Komputer

Client adalah istilah jaringan komputer yang menggunakan layanan atau sumber daya dari server. Server dan client merupakan aplikasi jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Biasanya jumlah dari komputer client itu lebih dari satu komputer, tergantung jumlah pengguna yang ada dalam sebuah badan usaha maupun instansi. Contoh client adalah web browser, email client, dan file explorer.

Baca juga :  Memahami 3 Fungsi VPS Dedicated Server untuk Kelancaran Berinternet

3. LAN (Local Area Network)

LAN adalah kependekan dari Local Area Network. LAN ini merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal, seperti satu gedung, satu ruangan, atau satu rumah. LAN menghubungkan perangkat ke jaringan internet melalui perangkat yang sederhana, seperti kabel, switch, atau router. Keuntungan menggunakan LAN adalah kecepatan transfer data yang tinggi, biaya yang rendah, dan yang lebih baik.

4. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah kependekan dari Wide Area Network. WAN ini merupakan jenis jaringan komputer yang cakupannya sangat luas, bisa mencapai satu negara bahkan juga benua. WAN adalah gabungan dari LAN dan MAN (Metropolitan Area Network). Untuk membangun WAN, kita membutuhkan kabel fiber optic, kabel telepon, atau satelit. Keuntungan menggunakan WAN adalah jangkauan yang luas, akses yang mudah, dan integrasi yang tinggi.

5.

Topologi adalah cara untuk menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya agar terbentuk menjadi jaringan komputer. Strukturnya bisa menggunakan kabel maupun tanpa kabel. Topologi ini banyak jenisnya, seperti bus, star, ring, mesh, tree, dan hybrid. Pemilihan topologi tergantung dari kebutuhan, biaya, dan keamanan yang diinginkan.

Baca juga :  Desain Jaringan Komputer Kantor: 6 Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

6. Router

Router adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda dan meneruskan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router bekerja pada lapisan jaringan (network layer) dari model OSI (Open System Interconnection). Router memiliki fungsi utama untuk menentukan jalur terbaik untuk mengirim paket data. Contoh router adalah wireless router, broadband router, dan edge router.

7.

Hub adalah istilah jaringan komputer dan sebagai perangkat yang menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan lokal (LAN). Hub bekerja pada lapisan fisik (physical layer) dari model OSI. Hub memiliki fungsi utama untuk mengirimkan yang diterima dari satu komputer ke semua komputer yang terhubung.

Hub tidak dapat membedakan alamat tujuan dari sinyal yang dikirim, sehingga hub sering disebut sebagai repeater. Contoh hub adalah passive hub, active hub, dan intelligent hub.

8. Gateway

istilah jaringan komputer dan sebagai perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda dan menerjemahkan yang digunakan oleh jaringan tersebut. Gateway bekerja pada semua lapisan dari model OSI. Gateway memiliki fungsi utama untuk mengkonversi format data, enkripsi, dan kompresi. Contoh gateway adalah email gateway, gateway, dan web gateway.

Baca juga :  Apa itu Jaringan Komputer? 4 Komponen, dan Jenis-Jenisnya!

Demikianlah artikel yang kami buat tentang istilah jaringan komputer yang wajib kamu tahu. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang istilah jaringan yang ada di komputer. Jika kamu punya pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment