Hub Jaringan Komputer: Cara Kerja dan Apa Saja Fungsi dan 3 Kelebihannya!

No comments
Hub jaringan komputer
Hub jaringan komputer

Menggunakan.id komputer adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer dalam satu jaringan. Hub juga disebut sebagai repeater, karena dia bisa menerima dan mengirimkan sinyal ke semua perangkat yang terhubung ke dia. Jadi, kalau kamu punya hub, kamu bisa saling bertukar data dengan teman-teman kamu yang ada di jaringan yang sama.

Hub biasanya digunakan pada jaringan , yaitu jaringan yang bentuknya seperti bintang. Hub berada di tengah-tengah jaringan, dan semua perangkat komputer terhubung ke hub melalui kabel. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) dalam model OSI, yaitu lapisan yang bertanggung jawab untuk mengirimkan bit data melalui media transmisi.

Lalu, bagaimana cara kerja ? Apa saja fungsinya? Dan apa saja Kelebihan dan kekurangannya? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini

Cara Kerja Hub

Cara kerja hub jaringan komputer cukup sederhana. Hub hanya meneruskan sinyal yang diterimanya ke semua yang ada di hub. Hub tidak membedakan sinyal yang masuk, dia hanya mengulang sinyal yang datang tanpa memeriksa alamat tujuan atau isi data. Jadi, kalau ada satu perangkat komputer yang mengirim data ke perangkat lain, data tersebut akan dikirim ke semua perangkat yang ada di jaringan, termasuk perangkat pengirim itu sendiri.

Baca juga :  Sticky Client atau Wireless Roaming adalah

Fungsi Hub Jaringan Komputer

Fungsi utama hub jaringan komputer adalah untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer dalam satu jaringan. Dengan hub, kamu bisa berbagi data, sumber daya, dan layanan dengan perangkat lain yang ada di jaringan. Hub juga berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dari berbagai perangkat dan mengontrol terjadinya gangguan dalam jaringan fisik.

Kelebihan dan Kekurangan Hub Jaringan Komputer

Hub jaringan komputer memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan Hub Jaringan Komputer

  1. Pertama, Hub jaringan komputer mudah dipasang dan digunakan. Kamu hanya perlu menghubungkan kabel dari perangkat komputer ke port yang ada di hub, dan hub akan otomatis mendeteksi perangkat tersebut.
  2. Kedua, Hub jaringannya murah dan tersedia di pasaran. Kamu bisa mendapatkan hub dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemukan di toko-toko elektronik.
  3. Ketiga, Hub jaringannya bisa mengembangkan jaringan dengan mudah. Kamu bisa menambahkan perangkat komputer baru ke jaringan dengan menghubungkan kabel ke port yang kosong di hub.
Baca juga :  Konsep Kerja Server Softswitch: Memahami Peran Sentral dalam Jaringan Telekomunikasi

Kekurangan Hub Jaringan Komputer

  1. Pertama, Hub jaringan ini tidak efisien dalam mengirim data. Hub mengirim data ke semua perangkat yang ada di jaringan, sehingga bisa menyebabkan kemacetan data dan pemborosan bandwidth.
  2. Selanjutnya, Hub jaringan ini tidak aman dalam menjaga data. Hub tidak memeriksa alamat tujuan atau isi data, sehingga data bisa disadap atau dimodifikasi oleh perangkat lain yang ada di jaringan.
  3. Terakhir, Hub jaringan ini tidak pintar dalam mengelola data. Hub tidak bisa membedakan antara data yang valid dan data yang rusak, sehingga bisa menyebabkan kesalahan dalam pengiriman data.

Kesimpulan

Hub jaringan adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer dalam satu jaringan. Hub bekerja dengan cara menerima dan mengirimkan sinyal ke semua perangkat yang terhubung ke hub. Hub memiliki fungsi, kelebihan, dan kekurangan yang perlu kamu ketahui.

Demikian artikel yang kami buat tentang hub jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang jaringan komputer ini. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu yang suka ngoprek jaringan komputer. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment