Hardware Jaringan Komputer: Ada 8 Jenis dan Fungsinya?

No comments
hardware jaringan komputer
hardware jaringan komputer

Menggunakan.id komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain untuk bertukar informasi, data, atau sumber daya. Namun, untuk membuat berjalan dengan baik, kita membutuhkan beberapa perangkat keras yang disebut .

Hardware jaringan komputer adalah perangkat fisik yang digunakan untuk menghubungkan, mengirim, dan menerima data antara komputer dalam jaringan. Hardware jaringan bisa berupa kabel, kartu jaringan, hub, switch, router, modem, dan sebagainya.

Setiap hardware jaringan memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda dalam jaringan. Berikut ini adalah beberapa hardware jaringan komputer yang umum digunakan dan penjelasan fungsinya.

1. Komputer Hardware Jaringan Komputer

Komputer server adalah komputer yang menjadi pusat dari jaringan komputer. Komputer server menyimpan semua data penting yang akan dikirimkan atau diakses oleh komputer lain dalam jaringan. Komputer server juga mengatur lalu lintas data dan mengatur hak akses bagi komputer lain dalam jaringan.

Baca juga :  Apa itu Model TCP IP dan 5 Lapisan Lapisannya?

2. Komputer Client

Komputer client adalah komputer yang mengakses data atau sumber daya yang disediakan oleh komputer server. Komputer client bisa berupa laptop, PC, smartphone, tablet, atau perangkat lain yang bisa terhubung ke . Komputer client harus memiliki kartu jaringan atau NIC ( Interface Card) untuk bisa terhubung ke jaringan. Komputer client bisa terhubung ke jaringan melalui kabel atau nirkabel (wireless).

3. Kabel Jaringan

Kabel jaringan adalah media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan komputer server dan komputer client dalam jaringan. Kabel jaringan berfungsi untuk mengirim dan menerima data antara komputer dalam jaringan. Ada beberapa jenis kabel jaringan yang biasa digunakan, yaitu:

  • Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair).
  • Kabel Coaxial.
  • Kabel Fiber Optik.

4. Hub

Hub adalah hardware jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam jaringan. Hub memiliki beberapa yang bisa dihubungkan dengan kabel jaringan. Hub bekerja dengan cara menerima data dari satu komputer dan mengirimkannya ke semua komputer yang terhubung dengannya. Hal ini menyebabkan hub memiliki efisiensi yang rendah dan rentan terhadap tabrakan data (collision).

Baca juga :  Topologi Star : Pengertian, Karakteristik, dan Cara Kerja

5. Switch

Switch adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam jaringan. Switch mirip dengan hub, namun switch memiliki kemampuan yang lebih canggih.  Switch bekerja dengan cara menyimpan alamat MAC (Media Access Control) dari setiap komputer yang terhubung dengannya dalam sebuah tabel. Switch bisa meningkatkan efisiensi dan dalam jaringan.

6. Router

Router adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang berbeda. Router bisa mengirim dan menerima data antara jaringan yang memiliki , arsitektur, atau media transmisi yang berbeda.

Router bekerja dengan cara menyimpan alamat (Internet Protocol) dari setiap jaringan yang terhubung dengannya dalam sebuah tabel. Router bisa menentukan jalur terbaik untuk mengirim data dari satu jaringan ke jaringan lain.

7. Modem

Modem adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, atau sebaliknya. Modem biasa digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan telepon atau jaringan kabel. Modem memiliki kecepatan transmisi yang bervariasi, tergantung dari jenis dan teknologinya.

Baca juga :  Teknologi Jaringan Nirkabel

8. Konektor

Konektor adalahhardware jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan kabel jaringan dengan perangkat lain, seperti komputer, hub, switch, router, atau modem. Konektor harus sesuai dengan jenis kabel jaringan yang digunakan. Ada beberapa jenis konektor yang biasa digunakan, yaitu:

  • RJ-45.

Nah, Itulah beberapa hardware jaringan komputer yang umum digunakan dan penjelasan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Kamu tentang jaringan komputer. Jika Kamu memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar yang ada di bawah ini. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment