Jaringan Dasar Komputer: Ada 8 Jenis Jaringan Komputer, Simak Faktanya!

No comments
jaringan dasar komputer
jaringan dasar komputer

Menggunakan.id Halo, apa kabar, sahabat ? Selamat datang di blog kami yang sederhana dan penuh dengan informasi bermanfaat dan informatif ini. Pada artikel Kali ini kami mau berbagi informasi tentang . Mungkin sebagian dari kamu sudah familiar dengan istilah LAN, WAN, atau MAN.

Tapi, apakah kamu tahu apa itu dasar komputer dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian

Jaringan dasar komputer adalah sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer untuk berbagi data, file, dan sumber daya. Dengan jaringan komputer, kita bisa menghubungkan komputer kita dengan komputer lainnya secara bersamaan. Jaringan komputer dibuat dengan merangkai beberapa perangkat yang ada di komputer melalui suatu penghubung yang disebut node.

Baca juga :  Cara Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik 100% Work

Node ini bisa berupa modem, , switch, atau router. Node berperan sebagai penentu cara menerima dan mengirim data lewat link, serta mengikuti . Protokol adalah aturan yang mengatur komunikasi antara perangkat dalam jaringan.

Setiap perangkat dalam jaringan memiliki pengenal unik, yang biasanya disebut alamat atau alamat MAC. Alamat IP adalah nomor yang menunjukkan lokasi perangkat dalam jaringan. Alamat MAC adalah nomor yang menunjukkan identitas perangkat dalam jaringan. Alamat IP dan MAC digunakan untuk menentukan sumber dan tujuan transmisi data.

Jenis-Jenis Jaringan Dasar Komputer

Jaringan dasar komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan wilayah, skala, atau teknologi yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis jaringan komputer yang paling umum dan banyak digunakan, diantaranya:

1. LAN (Local Area )

LAN menghubungkan jaringan dasar komputer dalam jarak yang relatif dekat, sehingga memungkinkan komputer berbagi data, file, dan sumber daya.

2. WLAN (Wireless Local Area Network)

WLAN sama seperti LAN, tapi koneksi antara perangkat dalam jaringan dibuat secara nirkabel. WLAN menggunakan gelombang radio, inframerah, atau microwave untuk mengirim dan menerima data. WLAN memungkinkan kita untuk mengakses jaringan tanpa harus menggunakan kabel.

Baca juga :  8 Istilah-Istilah Jaringan Komputer yang Wajib Kamu Tahu

3. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN menghubungkan komputer dalam jarak yang lebih luas, biasanya mencakup area kota atau wilayah metropolitan. MAN bisa digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN yang berada di lokasi yang berbeda.

4. WAN (Wide Area Network)

WAN menghubungkan komputer dalam jarak yang sangat jauh, bahkan bisa mencakup area negara atau benua. WAN bisa digunakan untuk menghubungkan beberapa MAN yang berada di lokasi yang sangat berbeda.

5. PAN (Personal Area Network)

PAN menghubungkan komputer dengan perangkat pribadi lainnya, seperti ponsel, tablet, atau printer. PAN biasanya digunakan untuk keperluan pribadi atau rumahan.

6. CAN (Campus Area Network)

CAN menghubungkan komputer dalam area kampus, seperti universitas atau sekolah. CAN biasanya terdiri dari beberapa LAN yang saling terhubung.

7. Internet

Internet adalah sebuah jaringan global yang dapat menghubungkan jutaan komputer yang ada di seluruh dunia. Internet memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi, layanan, atau aplikasi yang tersedia secara online. Internet menggunakan protokol TCP/IP untuk mengatur komunikasi antara perangkat dalam jaringan.

Baca juga :  Ekstensi Adalah: Pengertian, Fungsi dan 5 Jenis Ekstensi

8. (Virtual Private Network)

jaringan pribadi yang dibuat di atas jaringan publik, seperti internet. VPN memungkinkan kita untuk mengakses jaringan secara aman dan rahasia, seolah-olah kita berada di lokasi yang sama dengan jaringan tersebut. VPN menggunakan enkripsi untuk melindungi data yang dikirim dan diterima dari penyadapan atau pengubahan.

Demikian artikel yang kami buat tentang jaringan dasar komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang dunia komputer. Jika kamu punya pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment