Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauannya, Ada 7 Macam Jenisnya?

No comments
jaringan komputer berdasarkan jangkauannya
jaringan komputer berdasarkan jangkauannya

Menggunakan.id komputer adalah kumpulan komputer dan perangkat lain yang terhubung untuk berbagi informasi dan data. memiliki berbagai jenis , yaitu seberapa luas wilayah yang dapat dijangkau oleh jaringan tersebut.

Nah, Penasaran dengan Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauannya? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

1. PAN (Personal Area ) Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauannya

PAN adalah jaringan komputer berdasarkan jangkauannya hanya beberapa meter saja. PAN biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat pribadi, seperti komputer, smartphone, tablet, dan lain-lain. PAN memanfaatkan teknologi seperti USB dan Bluetooth untuk menghubungkan perangkat. Contoh penggunaan PAN adalah mengirim file dari laptop ke ponsel, atau menggunakan ponsel sebagai remote control untuk televisi.

2. LAN (Local Area Network)

LAN adalah jaringan komputer yang jangkauannya mencakup wilayah lokal, seperti rumah, kantor, sekolah, atau gedung. LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam satu lokasi, sehingga memungkinkan pertukaran data, berbagi printer, scanner, , dan lain-lain.

LAN membutuhkan perangkat seperti kabel, , switch, router, dan lain-lain untuk menghubungkan komputer. Contoh penggunaan LAN adalah bermain game online bersama teman di kafe, atau mengakses data di kantor.

Baca juga :  6 Dampak Positif Jaringan Komputer yang Perlu Kamu Ketahui?

3. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang jangkauannya mencakup wilayah metropolitan, seperti kota atau beberapa kota. MAN biasanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan atau organisasi-organisasi yang memiliki hubungan kerjasama. MAN memungkinkan komunikasi antara jaringan-jaringan LAN yang berbeda lokasi, sehingga memudahkan koordinasi, kolaborasi, dan integrasi.

MAN membutuhkan perangkat seperti fiber optik, microwave, satelit, dan lain-lain untuk menghubungkan jaringan. Contoh penggunaan MAN adalah mengirim email dari kantor cabang ke kantor pusat, atau mengakses data dari kampus ke perpustakaan.

4. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang jangkauannya mencakup wilayah yang sangat luas, seperti negara atau benua. WAN adalah jaringan komputer terbesar dan terluas di dunia. WAN memungkinkan komunikasi antara jaringan-jaringan yang berjarak jauh, sehingga memfasilitasi informasi global, transaksi, dan layanan.

WAN membutuhkan perangkat seperti modem, telepon, kabel, radio, dan lain-lain untuk menghubungkan jaringan. Contoh penggunaan WAN adalah browsing internet, mengirim pesan, atau melakukan video call.

5. WLAN (Wireless Local Area Network)

WLAN adalah jaringan komputer yang jangkauannya sama dengan LAN, tetapi tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan komputer. WLAN menggunakan gelombang radio atau inframerah untuk mengirim dan menerima data. WLAN membutuhkan perangkat seperti access point, wireless adapter, dan wireless router untuk menghubungkan komputer.

Baca juga :  2 Arsitektur Jaringan Komputer: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

WLAN memberikan keuntungan seperti mobilitas, fleksibilitas, dan kemudahan instalasi. Contoh penggunaan WLAN adalah hotspot Wi-Fi di kafe, hotel, bandara, dan tempat umum lainnya.

6. CAN (Campus Area Network)

CAN adalah jaringan komputer berdasarkan jangkauannya mencakup wilayah kampus, seperti universitas, sekolah, atau lembaga pendidikan. CAN biasanya terdiri dari beberapa jaringan LAN yang terhubung melalui backbone. CAN memungkinkan komunikasi antara mahasiswa, dosen, staf, dan pengunjung kampus.

CAN juga dapat menyediakan akses ke internet, email, e-learning, dan layanan lainnya. Contoh penggunaan CAN adalah jaringan komputer di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, atau Universitas Gadjah Mada.

7. (Virtual Private Network)

jaringan komputer berdasarkan jangkauannya tidak terbatas oleh lokasi geografis, tetapi menggunakan internet sebagai media transmisi. VPN menggunakan teknologi enkripsi dan autentikasi untuk menjaga dan privasi data. VPN memungkinkan komunikasi antara jaringan-jaringan yang berbeda secara aman dan efisien.

VPN biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau organisasi-organisasi yang memiliki cabang atau kantor di berbagai tempat. Contoh penggunaan VPN adalah mengakses data perusahaan dari rumah, atau mengakses situs web yang diblokir oleh pemerintah.

Baca juga :  Pengertian Database : Komponen, Jenis, dan Contoh

Nah, Itulah jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang jaringan komputer. Jika kamu mempunyai pertanyaan, saran, atau kritik, silahkan tulis pada kolom komentar yang tersedia dibawah iya. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment