6 Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi: Apa Saja Jenisnya dan Bagaimana Cara Kerjanya?

No comments
jaringan komputer berdasarkan topologi
jaringan komputer berdasarkan topologi

Menggunakan.id Jika Kamu pernah menggunakan komputer, pasti Kamu tahu bahwa komputer tidak bisa hidup sendiri. Komputer membutuhkan untuk berkomunikasi dengan komputer lain, baik untuk berbagi data, sumber daya, atau akses . Makannya, penting untuk kamu mengetahui tentang jenis berdasarkan .

Topologi jaringan adalah pengaturan fisik dan logis dari dan koneksi yang ada di dalam jaringan. perangkat keras yang bisa menerima, mengirim, atau meneruskan data. Koneksi merupakan sambungan antara node, biasanya menggunakan kabel jaringan. Topologi jaringan menentukan bagaimana data mengalir di dalam jaringan, serta kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis jaringan.

Ada banyak jenis , tetapi yang paling umum adalah , star, ring, bus, tree, dan hybrid. Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

1. Topologi Mesh, Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

Topologi mesh adalah topologi jaringan komputer berdasarkan topologi yang menghubungkan setiap node secara langsung dengan node lainnya, tanpa ada perantara. Dengan kata lain, setiap node memiliki koneksi pribadi dengan node lainnya. Keuntungan dari topologi mesh adalah jaringan menjadi lebih aman, karena data tidak perlu melewati node lain untuk sampai ke tujuan. Selain itu, jika ada satu koneksi yang rusak, tidak akan mempengaruhi koneksi lainnya.

2.

Topologi star adalah topologi jaringan yang menghubungkan setiap node dengan sebuah perangkat pusat, yang disebut . Hub adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan dan mengatur lalu lintas data antara node.

Baca juga :  Sudah Tahu Kepanjangan SIP Pengirim? Jika Tidak! Ini Penjelasannya!

Keuntungan dari topologi star adalah jaringan menjadi lebih hemat kabel jaringan, karena hanya membutuhkan satu kabel untuk setiap node. Selain itu, jika ada satu koneksi yang rusak, hanya akan mempengaruhi node yang bersangkutan, tidak akan merusak koneksi lainnya.

3. Topologi Ring

Topologi ring adalah topologi jaringan yang menghubungkan setiap node dengan dua node lainnya, sehingga membentuk sebuah lingkaran. Data mengalir searah di dalam lingkaran, dari satu node ke node berikutnya, sampai mencapai tujuan.

Keuntungan dari topologi ring adalah jaringan menjadi lebih sederhana dan mudah dikonfigurasi, karena hanya membutuhkan satu kabel untuk setiap node. Selain itu, jaringan juga menjadi lebih efisien, karena tidak ada data yang bertabrakan atau berulang.

4. Topologi Bus

Topologi bus adalah topologi jaringan komputer berdasarkan topologi yang menghubungkan setiap node dengan sebuah kabel tunggal, yang disebut backbone. Backbone adalah kabel utama yang menyalurkan data dari satu ujung ke ujung lainnya. Keuntungan dari topologi bus adalah jaringan menjadi lebih hemat kabel jaringan, karena hanya membutuhkan satu kabel untuk seluruh node. Selain itu, jaringan juga menjadi lebih mudah dikonfigurasi dan diperluas, karena hanya perlu menambahkan node di ujung kabel.

Baca juga :  Perbedaan Bandwidth dan Throughput serta Definisi, Jenis, dan Tujuannya.

5. Topologi Tree

Topologi tree adalah topologi jaringan komputer berdasarkan topologi yang menghubungkan beberapa topologi star dengan sebuah topologi bus. Dengan kata lain, topologi tree adalah gabungan dari topologi star dan bus. Keuntungan dari topologi tree adalah jaringan menjadi lebih fleksibel dan dapat menjangkau area yang lebih luas, karena dapat menggabungkan beberapa jaringan kecil menjadi satu jaringan besar.

Selain itu, jaringan juga menjadi lebih terorganisir dan mudah dipantau, karena dapat dibagi menjadi beberapa level atau hierarki.

6. Topologi Hybrid

Topologi hybrid adalah topologi jaringan yang menghubungkan dua atau lebih topologi jaringan yang berbeda. Dengan kata lain, topologi hybrid adalah gabungan dari berbagai topologi jaringan.

Keuntungan dari topologi hybrid adalah jaringan menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi, karena dapat memanfaatkan kelebihan dari setiap topologi jaringan. Selain itu, jaringan juga menjadi lebih handal dan tahan banting, karena dapat mengatasi kekurangan dari setiap topologi jaringan.

Demikianlah artikel yang kami buat tentang jaringan komputer berdasarkan topologi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Kamu tentang jaringan komputer. Jika Kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment