Modul SFP : Pengertian dan Fungsinya.

No comments
sfp

Mengenal Penggunaan Modul SFP pada Perangkat Komputer

Perkembangan teknologi kian hari semakin meningkat. Banyak alat-alat canggih bermunculan sebagai perangkat pendukung sistem komunikasi masa kini, salah satunya adalah Modul SFP. Modul SFP difungsikan sebagai modul tambahan untuk mengirim atau menerima data dalam kabel serat optik. Artikel kali ini akan menjelaskan Modul SFP secara detail, mulai dari tujuan, fungsi, dan contoh penerapannya pada jaringan.

sfp

Pengertian Modul SFP

Modul SFP (Small Form-factor Pluggable) merupakan perangkat yang mampu mengubah sinyal elektrik menjadi sinyal optik. Perangkat ini disebut juga “mini-GBIC”, sebab ukurannya yang lebih kecil serta bisa menggantikan transceiver GBIC. Modul SFP digunakan di berbagai jaringan koneksi serat optik, seperti sakelar, PON, SONET, router, switch, dan lain sebagainya. Selain perawatannya yang cukup mudah, Modul SFP banyak dicari oleh pengguna karena sangat fleksibel.

Baca juga :  Pengertian Register Komputer dan Jenis nya

Fungsi Modul SFP

Seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya, fungsi utama Modul SFP adalah sebagai media antar . Dengan kata lain, perangkat ini dapat menghubungkan router server yang jaraknya cukup jauh untuk mengirimkan transmisi paket data melalui gelombang cahaya. Implementasi dari Modul SFP pun dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Cara kerja komponen ini yaitu ketika perangkat SFP saling terhubung, akan terjadi transfer data dalam kecepatan dan jarak tertentu. Perangkat yang Anda miliki harus kompartibel dengan Modul SFP. Untuk jaraknya pun bervariasi, tergantung dari kecepatan transfer data yang diinginkan user, minimal sistem Anda berada dalam lingkungan yang compact (jarak 100 meter)

Jenis-jenis SFP

  1. SX, jangkauan maksimum 550 meter
  2. LX, jangkauan maksimum 10 km
  3. EX, jangkauan maksimum 40 km
  4. ZX, jangkauan maksimum 80 km
  5. EZX, jangkauan maksimum 120 km

Modul SFP ini bisa diterapkan pada media konverter atau perangkat switch yang memiliki slot port SFP. SFP termasuk hot-pluggable yang akan berjalan otomatis mendeteksi ketika tersambung di perangkat. Saat ini, berbagai produk mikrotik telah mempunyai berbagai macam port SFP untuk seri perangkat Routerboardnya, seperti seri Cloud Router Switch Series, RB 2011UiAS-2HND, Cloud Core Router Series dan sebagainya.

Baca juga :  Intervlan Routing dan Contoh Konfigurasi Lengkap pada Cisco

Tujuan Modul SFP

Modul SFP memiliki beberapa tujuan penggunaan dalam jaringan komputer, antara lain:

  1. Fleksibilitas dalam desain jaringan

Karena mudah dilepas pasang, komponen ini sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan jaringan. Jika Anda memasang Modul SFP, dipastikan tidak akan mengganggu jaringan yang sudah ada sebelumnya.

  1. Pemakaian tipe kabel optik

Selain fleksibel, Modul SFP memungkinkan pemakainya untuk mengatur jarak antar server dan memilih tipe kabel optik yang berbeda-beda, bisa dengan kabel single-mode maupun dengan multi-mode.

  1. Throughput yang dilewati

Tujuan lainnya dari penggunaan Modul SFP adalah dari throughput atau kecepatan pemrosesan informasinya. Modul SFP tersedia dalam berbagai kecepatan, mulai dari 1 Gbps sampai 100 Gbps, tergantung dari kebutuhan bandwidth perangkat tersebut.

  1. Penghematan Biaya

Modul SFP mempunyai beragam keunggulan. Dari segi biaya, Anda dapat memasang perangkat ini sesuai dengan budget yang direncanakan sebelumnya.

Contoh Penggunaan Modul SFP

Modul SFP banyak dipakai dalam berbagai mode jaringan. Penggunaan paling umum dari Modul SFP yaitu sebagai penghubung sakelar jaringan tanpa perlu perangkat yang berat. Di lingkungan perkantoran, perangkat ini digunakan untuk menghubungkan switch dan mengirim transmisi data dari satu gedung ke gedung lainnya dalam waktu yang singkat.

Baca juga :  Cloud Computing : Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

Kemudahan Modul SFP juga dapat Anda manfaatkan untuk memfasilitasi jaringan telekomunikasi jarak jauh. Perangkat ini sering digunakan untuk fungsional berbagai industri, seperti komunikasi, militer, dan area komersial yang membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi di area yang luas. Selain itu, Modul SFP sering dipakai untuk penyimpanan data dan optimalisasi kinerja jaringan, sehingga ketika Anda membangun sistem, koneksinya lebih stabil dan efisien.

Demikian ulasan tentang Modul SFP. Berbagai kelebihan dapat Anda rasakan ketika menggunakan komponen penting ini. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan Modul SFP untuk melengkapi jaringan komputer Anda.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment