SQL Adalah : Bahasa Pemograman Akses Data

No comments

SQL atau Structured Query Language merupakan salah satu poin penting di studi teknik komputer. Dengan adanya SQL sebagai bahasa pemrograman mempunyai sejarah dan perkembangan yang cukup panjang.

Tentunya perkembangan itu di pengaruhi juga perkembangan dunia teknologi dari tahun ke tahun selalu update agar semakin bagus mengikuti perkembangan. Jadi, banyak sekali software yang diciptakan dengan teknologi baru tetapi tidak menghilangkan SQL.

SQL Adalah

SQL Adalah

SQL adalah bahasa pemrograman yang akan digunakan untuk mengakses, memanipulasi data yang berbasis relasional dan mengubah data.

Tentunya bahasa komputer di data basis relasional tersebut didasarkan standar yang dikeluarkan oleh Amerika national standar institute atau ANSI. Standardisasi SQL ini memang sudah ada pada tahun 1986 dan sudah diinisiasi oleh ANSI.

Sampai sekarang masih banyak sekali di sebuah database ataupun software yang bisa mengartikan bahasa SQL. Makanya, SQL adalah bahasa pembicara dan sebuah materi yang penting terutama untuk kamu yang di dalam dunia it atau hal-hal yang berkaitan dengan database relasional.

Sejarah SQL

Berbicara tentang sejarah yang muncul dan pengertian SQL bisa mengacu ke artikel dari Joni Oracle yang di mana seorang peneliti di IBM. Artikel itu membahas tentang ide pembuatan sebuah basis data relasional yang muncul pada tahun 1970 di bulan Juni.

Baca juga :  Pengertian Failover

Di artikel itu juga dibahas tentang kemungkinan di masa depan untuk menciptakan sebuah bahasa data yang standar maka dari itu muncullah istilah SEQUEL yang mengacu kesingkatan dari structured English Query language.

Selang beberapa saat, IBM terus mencanangkan SEQUEL dan sebab namanya sulit untuk dieja maka disingkat menjadi SQL. Sesudah proses standardisasi di tahun 1986, SQL ini mengalami perbaikan di tahun 1989.

Di tahun 1992di tahun 1992 Bu versi SQL92 muncul dan pada tahun 1999 dengan berbagai pembaruan muncul SQL99. Tetapi, di dalam dunia IT SQL yang umum di gunakan untuk mereferensikan adalah SQL92.

Walau begitu, sebenarnya sampai saat ini tidak ada sebuah server yang berbasis data dengan menggunakan atau mendukung SQL 99. Ini tergantung dari dialek masing-masing server yang telah digunakan.

Fungsi dari SQL

Dengan adanya SQL adalah bahasa pemograman di database memberikan fungsi sendiri. Untuk pengguna yang seorang admin, dengan adanya SQL bisa memungkinkan kamu untuk mengakses ataupun mengubah database.

Pengguna juga dapat mencerahkan query ataupun mengambil data yang kamu butuhkan. Termasuk juga memperbarui akan menyisipkan data di dalam database.

Askitan ini juga bisa pengguna gunakan untuk mengganti data yang ada di database. Fungsi yang lain SQL yaitu untuk membuat sebuah prosedur baru dan ini nantinya tersimpan di dalam sebuah database. Bisa juga untuk mengatur hak akses di dalam prosedur, tabel, dan hal-hal yang penting lainnya.

Baca juga :  Susunan Kabel LAN untuk CCTV yang Tepat dan Efektif

Jenis – Jenis Perintah SQL

Setelah mengetahui tentang sejarah dan pengertian SQL adalah bahasa pemograman, sekarang Anda perlu mengetahui apa saja perintah-perintah dasar yang ada di SQL itu.

Terdapat tiga jenis perlintasan yang ada di SQL dan penjabarannya akan diulas di dalam poin-poin di bawah ini.

1. DDL atau Data Definition Language

Data Definition Language SQL adalah perintah yang bisa kamu gunakan untuk mendefinisikan suatu data seperti membuat tabel database baru, menghapus data, dan juga mengubah database.

Perintah dasar data definition language masih dibagi menjadi 5 jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Perintah Create
    Create yaitu perintah untuk membuat tabel yang baru di dalam database adalah create. Bukan hanya untuk tapi baru saja, tapi bisa juga database ataupun kolom baru.
    Pengguna dapat membuat query dengan contoh ‘CREATE DATABASE ‘ sebagai nama_database.
  • Perintah Alter
    Alter yaitu perintah ini dapat digunakan saat seseorang ingin mengubah struktur tabel dari sebelumnya yang sudah ada.
    Bisa saja di dalam hal tersebut seperti nama tabel, mengubah, menghapus kolom, menambahkan kolom, dan menambahkan perlengkapan lainnya.
  • Perintah Rename
    Rename yaitu perintah ini bisa kamu gunakan untuk mengubah suatu nama di tabel ataupun kolom yang sebelumnya ada.
    Jika pengguna ingin menggunakan perintah ini maka querynya bisa menjadi ‘RENAME TABLE nama tabel lama to nama tabel baru’.
  • Perintah Drop
    Perintah tersebut dapat Anda gunakan untuk menghapus database atau tabel bisa juga kolom sampai indeks.
  • Perintah Show
    Perintah show yaitu perintah TTL yang digunakan untuk menampilkan suatu tabel yang sudah ada sebelumnya.
Baca juga :  Roaming Adalah: Pengertian, Fungsi, dan 4 Cara Mengaktifkannya

2. DML atau Data Manipulation Language

Di database SQL perintah yang digunakan dalam memanipulasi data yaitu data manipulation language atau bisa disebut DML.

Perintah yang ada di data maniculation language ini terbagi menjadi 4 jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Perintah insert yaitu, penggunadapat menggunakan perintah ini supaya bisa memasukkan sebuah recount baru di sebuah tabel database.
  • Perintah select, digunakan untuk memanipulasi sebuah data dengan bertujuan menampilkan ataupun mengambil data di tabel. Data yang akan diambil juga tidak hanya di satu jenis saja tetapi lebih dari satu jenis tabel dengan memakai relasi.
  • Perintah update yaitu digunakan saat pengguna ingin melakukan pembaruan data di tabel. Misalnya kalau ada kesalahan dalam memasukkan sebuah record. Pengguna tidak perlu lagi menghapusnya dan dapat memperbaiki menggunakan perintah ini.
  • Perintah delete yaitu di mana perintah ini bisa digunakan saat pengguna ingin menghapus sebuah record yang ada di tabel.

Dari penjelasan pada artikel ini dapat disimpulkan bahwa SQL adalah bahasa pemograman data yang memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment