Jaringan dan Internet

No comments
Jaringan dan Internet

Jaringan dan Internet

dan

Jaringan dan internet adalah dua konsep terkait yang memungkinkan komunikasi dan pertukaran informasi antara perangkat dan pengguna di seluruh dunia. Berikut adalah penjelasan rinci, akurat, dan lengkap tentang jaringan dan internet:

  1. Jaringan

Jaringan adalah kumpulan perangkat komputer atau peralatan yang terhubung satu sama lain sehingga dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya seperti data, printer, dan perangkat penyimpanan. Ada dua jenis jaringan yang umum digunakan:

  • Local Area (LAN): Jaringan lokal yang terdiri dari beberapa perangkat di area yang relatif kecil seperti kantor, gedung, atau rumah.
  • Wide Area Network (WAN): Jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan lokal yang terhubung melalui jaringan publik seperti internet.

Jaringan dapat dihubungkan menggunakan kabel (seperti Ethernet) atau nirkabel (seperti Wi-Fi). Jaringan juga dapat diklasifikasikan berdasarkan topologinya (seperti bus, star, atau mesh) dan yang digunakan untuk mengirim data (seperti TCP/).

  1. Internet

Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jaringan dan perangkat di seluruh dunia. Internet didasarkan pada protokol TCP/IP dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima informasi melalui berbagai aplikasi seperti web browsing, email, dan transfer file.

Baca juga :  Mengenal Differentiated Services Code Point (DSCP) : Pengertian, Fungsi, dan Tujuan

Internet juga menyediakan akses ke berbagai sumber daya seperti situs web, perangkat lunak, dan data. Ini dilakukan melalui protokol tertentu seperti (untuk situs web) dan FTP (untuk transfer file).

Internet terdiri dari berbagai komponen, termasuk , router, dan modem. Server adalah komputer yang menyimpan data dan aplikasi yang dapat diakses oleh pengguna melalui internet. Router adalah perangkat yang mengirimkan data antara jaringan, sedangkan modem adalah perangkat yang menghubungkan perangkat pengguna ke internet melalui jaringan ISP (Internet Service Provider).

Perbedaan Jaringan dan Internet

Jaringan dan internet adalah dua konsep terkait namun memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara jaringan dan internet:

  1. Definisi

Jaringan adalah kumpulan perangkat komputer atau peralatan yang terhubung satu sama lain sehingga dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya seperti data, printer, dan perangkat penyimpanan. Sementara itu, internet adalah jaringan global yang menghubungkan jaringan dan perangkat di seluruh dunia.

  1. Lingkup

Jaringan dapat dibangun di dalam sebuah ruangan atau kantor (Local Area Network/LAN) atau dapat meliputi area yang lebih besar seperti kota atau wilayah geografis yang lebih besar (Wide Area Network/WAN). Sedangkan internet adalah jaringan global yang meliputi seluruh dunia.

  1. Penggunaan

Jaringan digunakan terutama untuk memfasilitasi pertukaran data dan sumber daya antara perangkat di dalam jaringan yang sama. Misalnya, jaringan dapat digunakan untuk berbagi data antara beberapa komputer di sebuah kantor atau untuk memungkinkan pengguna yang berbeda mengakses printer yang sama. Sementara itu, internet digunakan terutama untuk mengakses informasi dan sumber daya di seluruh dunia, seperti situs web, email, dan aplikasi online.

  1. Akses

Jaringan dapat diakses oleh pengguna yang terhubung ke jaringan yang sama atau diizinkan oleh administrator jaringan. Sedangkan internet dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet yang memadai, dan tidak terbatas pada satu jaringan atau wilayah geografis tertentu.

  1. Pengaturan

Jaringan seringkali dikelola secara internal oleh administrator jaringan yang bertanggung jawab untuk memelihara dan mengatur jaringan agar tetap aman dan efisien. Sedangkan internet dikelola oleh banyak organisasi, termasuk pemerintah, organisasi nirlaba, dan perusahaan swasta, yang bekerja sama untuk memelihara dan mengatur internet secara global.

Baca juga :  Gampang Banget! Inilah 3 Cara Mudah dan Efektif untuk Cek Bandwidth Indihome

Kesimpulan

Jaringan dan internet adalah konsep yang terkait dan memungkinkan komunikasi dan pertukaran informasi di seluruh dunia. Jaringan terdiri dari perangkat yang terhubung satu sama lain, sedangkan internet adalah jaringan global yang menghubungkan jaringan dan perangkat di seluruh dunia. Kedua konsep ini sangat penting untuk teknologi modern dan bisnis.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment