Apa itu DNS Hijacking & Spoofing?

No comments

Hijacking

Menggunakan.id – DNS hijacking adalah suatu teknik yang digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memanipulasi alamat Domain Name System (DNS) sebuah website. Dengan mengubah alamat DNS suatu website, maka saat seseorang mengakses website tersebut melalui browser, ia akan dialihkan ke website lain yang tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Kenapa bisa terjadi DNS Hijacking ?

DNS hijacking sering terjadi tanpa sepengetahuan pengguna dan dapat mengakibatkan kerugian bagi pengguna, seperti mengalami phishing atau mengakses website yang tidak aman. Hal ini dapat terjadi karena pihak yang tidak bertanggung jawab berusaha untuk mengambil keuntungan dari kelemahan sistem DNS.

Cara menghindari serangan DNS Hijacking

Untuk menghindari DNS hijacking, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, di antaranya:

  1. Menggunakan DNS yang aman
  2. Memasang software keamanan yang terpercaya
  3. Menghindari mengklik link yang tidak dikenal atau tidak aman
  4. Menggunakan Virtual Private () saat terkoneksi dengan
Baca juga :  SLA Service Level Agreement adalah

dns spoofing vs dns hijacking e1672770615579

 

Apa itu DNS Spoofing ?

DNS spoofing atau yang juga dikenal dengan istilah man-in-the-middle attack adalah suatu teknik yang digunakan oleh hacker untuk memanipulasi alamat DNS (Domain Name System) dengan tujuan untuk mengalihkan traffic internet ke yang diinginkan. DNS spoofing dapat dilakukan dengan cara mengirimkan permintaan DNS palsu ke server DNS yang terhubung ke internet, sehingga server tersebut akan mengeluarkan alamat yang salah kepada komputer yang terhubung ke internet.

Teknik ini sering digunakan oleh hacker untuk melakukan aksi jahat seperti phishing, malware injection, atau mengambil informasi pribadi pengguna internet. Seorang hacker dapat menggunakan DNS spoofing untuk membuat website palsu yang terlihat seperti website asli, misalnya website bank atau e-commerce. Ketika pengguna internet salah memasukkan username dan password ke website tersebut, maka hacker dapat mengambil informasi tersebut untuk kepentingan yang tidak baik.

Untuk mencegah terjadinya DNS spoofing, pengguna internet dapat menggunakan beberapa cara seperti menggunakan DNS resolver yang aman, memasang plugin browser yang dapat menghindari akses ke website yang tidak aman, atau mengaktifkan fitur proteksi pada router atau yang terhubung ke internet.

Baca juga :  Kenali Segala Hal tentang Internet Relay Chat Hanya di sini!

DNS spoofing merupakan ancaman serius bagi keamanan internet, karena dapat membuat pengguna internet tidak merasa aman dalam mengakses website yang sebenarnya aman. Oleh karena itu, penting bagi pengguna internet untuk selalu waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk mencegah terjadinya DNS spoofing.

Nah, itulah beberapa informasi tentang DNS hijacking dan Spoofing. Penting untuk mengetahui cara menghindarinya agar tidak menjadi korban dari teknik yang tidak bertanggung jawab ini. Selalu waspada dan gunakan cara-cara yang tepat untuk menjaga keamanan saat terkoneksi dengan internet.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment