10+ Cara Mengatasi 502 Bad Gateway

No comments

Error 502 Bad Gateway kode status yang menandakan adanya respon yang tidak tidak valid dari sehingga user tidak dapat mengakses situs web tersebut.

Jenis error atau kesalahan ini pada umumnya terjadi jika website yang menggunakan CMS .  Umumnya kode error bad gateway dimulai nomor 500, 501, 502, 503, dan seterusnya. Pada setiap angka itu menunjukkan jenis error yang tentunya berbeda-beda pada sebuah website.

Ada juga error lainnya yang bisa kamu temui yaitu seperti 404 Not Found, 504 Gateway Timeout Error’, Your Connection is not secure, dan lainnya.

Tak perlu khawatir ketika mengalami permasalahan error 502, untuk mengatasinya silahkan simak penjelasan artikel di bawah ini.

Variasi Error 502 Bad Gateway

502 Bad Gateway Error

Di bawah ini yaitu beberapa variasi dari kesalahan 502 yang mungkin Anda temukan :

  • 502 bad gateway
  • Error 502- bad gateway
  • 502 Error
  • Error 502
  • HTTP 502
  • 502 service Temporarily Overloaded

Penyebab 502 Bad Gateway

Lalu, apa penyebab terjadinya error? Pesan error 502 ini bisa terjadi karena server yang bekerja sebagai Gateway atau proxy menerima respon invalid dari inbound server.

Baca juga :  Intervlan Routing dan Contoh Konfigurasi Lengkap pada Cisco

Penyebab lainnya adalah sebagai berikut :

  • Cache browser yang mungkin belum di bersihkan
  • Plugin dan tema yang harus di update
  • Ada permasalahan di
  • Ada permasalahan di CDN
  • Log yang error

Dampak 502 Bad Gateway untuk Website

Jika dibiarkan Error 502 dapat berpengaruh buruk langsung traffic website, apabila tidak segera ditangani.

Kalau website kamu mengalami downtime kurang lebih selama 10 menit maka website Anda dapat mengatasinya dengan melakukan crawl secara konsisten. Dengan cara tersebut, mungkin halaman tersebut akan muncul.

Tetapi kalau downtime terjadi selamat berjam-jam maka Google kamu akan menyadari adanya error 502 dan mulai mempertimbangkan untuk menurunkan peringkat website milik Anda.

Bukan hanya itu, kerugian dari kesalahan 502 ini dapat kamu alami dari segi conversion atau perubahan dari pengunjung yang berubah-ubah.

Jadi, jumlah traffic website akan menurun sampai bisa menimbulkan kerugian, tergantung berapa lama website kamu mengalami downtime.

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway Error

Anda ingin mengakses website tetapi tiba-tiba muncul pesan error 502 Bad Gateway?

Tenang saja pesan atau kesalahan itu bisa diatasi, berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesalahan 502 :

1. Memuat Ulang Halaman Website

Cara pertama untuk mengatasi 502 Bad Gateway Error maka disarankan untuk menunggu beberapa saat dan memuat ulang halaman website.

Mungkin kesalahan 502 muncul akibat server mengalami permintaan yang berlebihan dan ketika kamu akses dan seharusnya website akan aktif kembali sesudah kamu muat ulang menit kemudian.

2. Menghapus Cache Browser

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu menghapus cache browser milik di perangkat yang digunakan. Caranya cukup mudah yaitu:

  • Pertama, silahkan Anda buka menu browser Chrome pada perangkat yang digunakan
  • Berikutnya, klik bagian opsi titik tiga di kanan atas halaman
  • Lalu silahkan klik pilihan menu Fitur Lainnya
  • Klik Hapus Data
  • Pilih rentang waktu, klik opsi menu Semua
  • Pada opsi menu “Gambar dan File dalam Cache”, centang pada bagian kotak yang ada disebelahnya
  • Klik Hapus Data
  • Selesai
Baca juga :  Bandwidth Management

3. Mengganti Browser

Cara ketiga yaitu, kamu dapat mengakses website dari browser lain atau mungkin tab samaran untuk melihat Apa masalah yang terjadi di website atau browser pada perangkat yang digunakan.

Jika website bisa diakses di browser lain atau tab samaran kemungkinan kesalahannya yaitu ada di browser yang Anda gunakan.

4. Menggunakan Perangkat yang Lain

Website yang telah Anda kunjungi mungkin saja bisa diakses di berbagai perangkat, misal laptop, komputer, hp, dan lain sebagainya.

Tetapi, mungkin saja kesalahan 502 bisa terjadi di satu perangkat yang kurang mendukung berjalannya website itu. Dari itu, kamu dapat mencoba akses website dari perangkat lain selain yang kamu gunakan.

5. Mengecek Status Website

Langsung saja mengecek status website, Apa benar kalau mengalami error atau hanya dialami oleh kamu saja.

Caranya yaitu kamu bisa mengunjungi situs Websiteplanet.com dan tuliskan nama dominan website yang error di browser Anda. Dalam hitungan detik akan muncul hasil yang menunjukan bahwa website Anda error atau tidak.

6. Memperbaiki Masalah DNS

Cara yang keenam dapat Anda lakukan kalau kamu berada di sisi server, atau pengelola website. Karena, kesalahan 502 dapat saja terjadi karena adanya isu di DNS seperti domain me-resolve yang tidak benar.

Kalau Anda baru saja melakukan migrasi website WordPress ke panitia hosting yang baru, kamu tinggal menunggu kurang lebih 24 jam agar mematikan migrasi telah berjalan sempurna. Hal ini tentunya tergantung dari value TTL dan DSN milik Anda.

Baca juga :  Tambah Pengetahuan! Ini Pengertian Dedicated Server Singapore!

7. Membersihkan Cache Local DNS

Masalah yang mungkin terjadi di DNS juga dapat disebabkan karena menumpuknya banyak cache local di DNS. Maka dari itu, Anda dapat memulai menghapus semua cache browser.

8. Mengecek Hosting Website

Salah satu alasan kenapa website milik menerima pesan error 502 yaitu disebabkan adanya isu dengan hosting website.

Mungkin saja, query, script, atau mungkin request akan memakan waktu lama ketika dikelola server. Pada akhirnya, request pun di batalkan atau mungkin dimatikan oleh server.

9. Mematikan CDN untuk Sementara Waktu

Pesan kesalahan 502 bisa saja terjadi sebab adanya masalah dengan CDN. Kalau Anda menggunakan provider CDN pihak ketiga. Maka satu-satunya cara yaitu mematikan CDN untuk sementara.

Selanjutnya Anda bisa login ke website kamu lewat SFTP dan mengganti nama folder plugin. Tentunya tindakan tersebut akan memutus koneksi CDN untuk sementara waktu.

10. Mengecek Tema Website yang Digunakan

Kesalahan 502 ini juga dapat saja terjadi kalau tema website kamu kurang mendukung. Anda tentunya dapat menemukan kesalahannya dengan mengganti tema yang memunculkan Error ketika digunakan.

11. Menanyakan ke Layanan Hosting

Jika kamu belum menemukan solusi yang baik atau cara yang paling tepat yaitu dengan mengkonsultasikan masalah kamu ke tim support dari layanan hosting yang kamu gunakan saat ini.

Memberikan penjelasan tentang bagaimana dan jika memungkinkan, beritahu perubahan apa saja yang baru kamu lakukan ke website supaya tim support bisa membantu Anda.

Cara untuk mengatasi Error 502 Bad Gateway sangatlah bervariasi, sebelum melakukan cara-cara tersebut sebaiknya Anda mencoba mendeteksi penyebabnya terlebih dahulu. Dengan demikian akan lebih mempermudah dan mempercepat proses pemulihan website.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment