Proxy Server : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

No comments

digunakan untuk menjaga komputer ketika menggunakan . Tidak hanya itu, perannya secara umum dapat digunakan untuk memonitor dan mengontrol aktivitas yang terjadi pada jaringan komputer.

Masih belum paham dengan istilah server proxy? artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerjanya. Ingin tahu? baca sampai selesai ya.

Pengertian Proxy Server

Proxy Server

Proxy server adalah server jaringan komputer yang mempunyai layanan untuk meneruskan perintah dari user ke server lain yang ada di internet. Melalui server ini maka komputer satu dengan lainnya dapat terhubung menggunakan internet.

Secara umum, kinerja dari server ini yaitu berperan mengamankan penggunaan jaringan personal yang sudah terhubung ke jaringan publik. Jadi, server tersebut umumnya memang perannya ada di antara aplikasi client dan aplikasi server.

Aplikasi client yang dimaksud yaitu web browser, dan client FTP. Sedangkan, aplikasi server yang dimaksud yaitu web server dan server FTP.

Cara Kerja Proxy Server

Setelah memahami pengertian dari server proxy maka ketahui lebih detail mengenai cara kerjanya. Lalu, kenapa perannya begitu penting.

Dapat diambil kesimpulan bahwa server proxy ini berperan dalam proses menghubungkan komputer ke internet. Oleh karena itu, cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Pengguna menggunakan layanan peladen proxy lalu meminta file atau data yang ada di internet
  • Setelah itu, proxy akan meneruskan instruksi permintaan tersebut ke publik server
  • Muncul tampilan respon kepada pengguna sesuai dengan yang dibutuhkan
Baca juga :  5 Cara Kerja PBX: Pengertian, Fungsi, dan Keuntungan

Dengan menggunakan proksi server maka pengguna dapat menyembunyikan identitas alamat perusahaan atau individu karena yang meminta data ke internet seolah-olah adalah server publik.

Fungsi Proxy Server

Dengan memahami cara kerja proxi tentu sudah sedikit mengerti mengenai fungsinya. Agar lebih memahami tentang fungsi dari proksi server maka simak penjelasan di bawah ini.

1. Connection Sharing

Fungsi dari proksy server yang pertama yaitu connection sharing, dimana secara teknis fungsinya menjadi gateway yang membatasi penggunaan jaringan luar dan jaringan pribadi.

Dengan begitu, saat jaringan komputer perusahaan menggunakan program peladen proxy maka akan mampu mengakses sambungan gateway dari jaringan pribadi ke jaringan internet dalam waktu yang bersamaan.

2. Filtering

Kemudian, terdapat pula fungsi filtering dalam proksi server yang perannya seperti . Dimana, proksi menjadi media untuk penyaringan dari jaringan internet. Karena setiap paket data yang ditransmisikan akan difilter dan discan untuk mencegah masalah ataupun kegagalan dalam mengakses browser.

Dengan adanya fungsi filtering ini akan membantu dalam melindungi jaringan pribadi dari peretasan. Oleh karena itu, peran penting proxy memang dapat meminimalkan adanya serangan malware atau virus yang merugikan pengguna.

3. Caching

Ketiga, terdapat fungsi caching dari proksi server yang dapat membantu menyimpan data dan objek yang sebelumnya sudah di search oleh pengguna di web browser ketika menggunakan internet.

Baca juga :  SQL Adalah : Bahasa Pemograman Akses Data

Jadi, ketika pengguna melakukan pencarian data di situs tertentu di sebuah internet, ternyata data tersebut tersimpan dalam bentuk cache.

Semua data yang pernah pengguna akses sudah tersimpan di proksi server sehingga fungsi ini memang dapat mendeteksi informasi apa saja yang sering diakses. Cocok digunakan dalam server komputer perusahaan. Ketika ada kecurigaan kecurangan maka bisa membuka proksi server.

4. Masking

Masking atau menyembunyikan identitas siapa yang menggunakan internet. Ketika ada pertukaran data lewat gateway maka proxy akan mencoba untuk mengganti alamat IP pada komputer yang digunakan. Oleh karena itu, pihak manapun tidak akan mengetahui alamat IP yang digunakan.

Manfaat Proxy Server

Tidak hanya terbatas pada tiga fungsi utama yang sudah dijelaskan sebelumnya. Proksi server juga mempunyai beberapa manfaat untuk para penggunanya, yaitu:

1. Menghemat Penggunaan Bandwidth

Pertama, manfaat dari penggunaan proksi server yaitu akan menghemat penggunaan bandwidth.

Karena server ini mampu melakukan chacing dengan menyimpan cookies dari situs web browser yang sudah dikunjungi.

2. Meningkatkan Kecepatan Internet

Ketika menggunakan proksi server maka akan membantu dalam meningkatkan kecepatan internet atau kinerjanya. Hal tersebut dikarenakan server ini berperan dalam menghemat penggunaan bandwidth.

3. Pemblokiran Situs Tertentu

Ternyata proksi server juga berperan dalam masalah pemblokiran. Dimana, situs-situs yang mengandung SARA tidak akan muncul dalam pencarian. Hal tersebut dikarenakan fitur ini memang sudah memiliki fitur filtering.

Dengan demikian, maka cocok digunakan oleh media perusahaan yang ingin membatasi karyawannya membuka situs-situs terlarang.

4. Mengamankan Jaringan Komputer

Kemudian, manfaat dari penggunaan proksi server yaitu dapat mengamankan jaringan komputer dari serangan malware dan virus yang membahayakan perangkat.

Baca juga :  Zero Trust Security: Membangun Pertahanan Tak Terbatas dalam Dunia Maya

Oleh karena itu, saat pengguna membuka situs yang memiliki virus maka akan secara otomatis terblokir. Sehingga pengguna harus membukanya secara manual.

Jenis Jenis Proxy Server

Terdapat empat jenis proksi server yang dikategorikan berdasarkan karakteristiknya, yaitu:

1. Proxy Anonim

Pertama, jenis proksi server yaitu anonim yang perannya yaitu tidak memberikan informasi mengenai siapa user yang menggunakan perangkat tersebut. Jadi, saat pengguna mencari informasi di situs maka alamat IP tidak akan terlihat, melainkan yang muncul hanya IP Proksi.

2. Anonymity Proxy High

Berikutnya, jenis proksi server membantu untuk tidak mengindetitaskan pengguna sebagai proxy server. Sehingga memang tidak menampilkan alamat IP asli dari usernya.

Hal tersebut dikarenakan server ini menggunakan header REMOTE_ADDRR sehingga penggunanya tidak akan terlihat karena peladen proksi diketahui identitasnya hanya sebagai klien.

3. Proxy Transparan

Ada pula jenis proxy transparan yang perannya melanjutkan instruksi perintah dari pengguna ke sumber yang dituju tanpa memberikan informasi user komputer. Jenis proxy yang satu ini digunakan pada komputer di kantor perusahaan.

4. Reverse Proxy

Jenis reverse proxy ini berperan dalam mencegah klien agar tidak terhubung dengan informasi yang sensitif. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa server proxy memblokir situs-situs yang terlarang.

5. Proxy Distorting

Distorting proxy memiliki peran dalam menutupi atau menyembunyikan alamat IP user agar tidak diketahui siapa pengguna sebenarnya. Meskipun, masih dapat terlihat identitasnya di Header.

Peran proxy server ternyata cukup penting dalam jaringan komputer perusahaan agar fungsi dan manfaatnya sangatlah banyak. Jelasnya, menguntungkan user untuk menyembunyikan identitas dan memblokir situs-situs yang membawa virus dan malware.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment