Apa Kepanjangan PBX dan Bagaimana Cara Kerjanya?

No comments

Pernahkah mendengar istilah ? Dan taukah kamu apa itu kepanjangan PBX? PBX adalah singkatan dari Private Branch Exchange, yaitu sebuah sistem telekomunikasi yang digunakan untuk menghubungkan telepon internal perusahaan dengan dunia luar.

PBX sering dihubungkan ke telepon publik, memungkinkan karyawan perusahaan untuk menghubungi pelanggan, mitra bisnis, dan karyawan lainnya melalui telepon.

Kepanjangan PBX

Selain itu, PBX juga dapat mengatur panggilan masuk dan keluar secara otomatis, serta menyediakan fitur-fitur tambahan seperti , pengalihan panggilan, dan panggilan konferensi. Sudah tahu ?  Mari kita mulai pembahasan lainnya tentang PBX.

Apa Kepanjangan PBX dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jenis-Jenis PBX

Ada beberapa jenis kepanjangan PBX yang berbeda berdasarkan cara kerja dan teknologinya, yaitu:

1.PBX Tradisional:

PBX tradisional adalah sistem telekomunikasi yang berbasis fisik, yang terdiri dari perangkat keras seperti switch, kabel, dan telepon. PBX tradisional memerlukan instalasi dan pemeliharaan yang rumit, serta biaya yang tinggi. PBX tradisional juga memiliki keterbatasan dalam jumlah saluran dan fitur yang dapat disediakan.

Baca juga :  Intervlan Routing dan Contoh Konfigurasi Lengkap pada Cisco

2.PBX :

Kepanjangan PBX IP adalah sistem telekomunikasi yang berbasis , yang menggunakan IP (Internet Protocol) untuk mengirim dan menerima data suara. PBX IP dapat mengintegrasikan telepon dengan aplikasi web atau mobile, serta menyediakan fitur-fitur canggih seperti perekaman panggilan, integrasi dengan CRM (Customer Relationship Management), dan lain-lain. PBX IP juga lebih mudah diatur dan dioperasikan, serta lebih hemat biaya daripada PBX tradisional.

3.PBX Cloud:

Kepanjangan PBX cloud adalah sistem telekomunikasi yang berbasis cloud, yaitu layanan yang disediakan oleh penyedia layanan cloud melalui internet. PBX cloud tidak memerlukan perangkat keras atau instalasi apa pun di sisi pelanggan, melainkan hanya membutuhkan koneksi internet dan aplikasi web atau mobile.

PBX cloud dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. PBX cloud juga memiliki keuntungan dalam hal skalabilitas, keamanan, dan pembaruan.

Cara Kerja PBX

Cara kerja PBX tergantung pada jenisnya, namun secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut:

Baca juga :  Port Channel Adalah

0

  • Ketika seorang karyawan perusahaan ingin melakukan panggilan keluar ke nomor telepon publik atau nomor telepon lain di luar perusahaan, ia harus menekan kode akses tertentu pada teleponnya untuk menghubungkan ke sistem PBX.
  • Sistem PBX kemudian akan mencari saluran kosong yang tersedia untuk menghubungkan panggilan keluar tersebut ke jaringan telepon publik atau jaringan lainnya.
  • Ketika panggilan keluar berhasil terhubung, sistem PBX akan menghitung biaya panggilan tersebut berdasarkan durasi dan tarif yang berlaku.
  • Ketika seorang pelanggan atau mitra bisnis ingin melakukan panggilan masuk ke nomor telepon perusahaan, ia harus mengetikkan nomor telepon tersebut pada teleponnya untuk menghubungkan ke sistem PBX.
  • Sistem PBX kemudian akan mencocokkan nomor telepon tersebut dengan nomor internal perusahaan yang terdaftar di dalamnya.
  • Jika nomor ekstensi tersebut tersedia, sistem PBX akan menghubungkan panggilan masuk tersebut ke telepon internal perusahaan tersebut.
  • Jika nomor ekstensi tersebut tidak tersedia atau tidak menjawab, sistem PBX akan mengalihkan panggilan masuk tersebut ke fitur lain seperti pesan suara, operator, atau grup panggilan.
Baca juga :  User Password Router Fiberhome

Keuntungan Menggunakan PBX

Menggunakan PBX memiliki beberapa keuntungan bagi perusahaan, antara lain:

  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas komunikasi antara karyawan perusahaan dengan pelanggan, mitra bisnis, dan karyawan lainnya.
  • Menghemat biaya komunikasi dengan menggunakan saluran yang lebih sedikit dan tarif yang lebih murah daripada menggunakan telepon biasa.
  • Menyediakan fitur-fitur tambahan yang dapat meningkatkan kualitas dan keamanan komunikasi, seperti perekaman panggilan, pengalihan panggilan, panggilan konferensi, dan lain-lain.
  • Menyediakan fleksibilitas dan mobilitas bagi karyawan perusahaan yang dapat mengakses sistem PBX dari mana saja dan kapan saja melalui internet.
  • Menyediakan skalabilitas dan kemudahan dalam menambah atau mengurangi jumlah pengguna sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Demikian artikel tentang kepanjangan PBX yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu bagi kamu semua. Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment