5 Penjelasan Lengkap Proses Kerja PBX Server Softswitch

No comments
proses kerja pbx server softswitch
proses kerja pbx server softswitch

Menggunakan.id – Jika sebelumnya kita membahas tentang cara kerja softswitch , maka pada ulasan kali ini kita akan membahas tentang . Seperti yang kita tahu, PBX (Private Branch Exchange) adalah sebuah sistem telekomunikasi yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara internal maupun eksternal melalui saluran telepon.

proses kerja pbx server softswitch

PBX biasanya digunakan oleh perusahaan, organisasi, atau instansi untuk menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi komunikasi. Sedang Softswitch adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengendali dan penghubung antara jaringan sirkuit dan jaringan paket, seperti yang berbasis Internet Protocol ().

Penjelasan Lengkap Softswitch

Softswitch juga dikenal sebagai IP-PBX, karena dapat menggantikan fungsi PBX tradisional yang berbasis sirkuit. Jadi, PBX server softswitch bisa disimpulkan sebagai sebuah sistem PBX yang menggunakan softswitch sebagai komponen utamanya.

Baca juga :  DNS Server Tercepat: Apa Itu, Fungsinya, dan Rekomendasinya

PBX server softswitch dapat menawarkan berbagai layanan komunikasi yang lebih canggih dan fleksibel, seperti voice over IP (), video conferencing, unified messaging, dan lain-lain.

Lalu, seperti apa proses kerja pbx server softswitch? Di bawah ini adalah penjelasannya!

Proses Kerja PBX Server Softswitch

Proses kerja PBX server softswitch dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. PBX server softswitch terdiri dari beberapa komponen

Proses kerja pbx server softswitch terdiri dari beberapa komponen, yaitu media gateway controller (MGC), application server, media server, dan media gateway.

2. MGC

MGC adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengendalikan aliran sinyal dan data antara jaringan sirkuit dan jaringan paket. Dan MGC juga berfungsi untuk melakukan validasi, autentikasi, dan otorisasi pengguna.

3. Application server

Application server adalah komponen yang menyediakan berbagai aplikasi dan layanan komunikasi yang dapat diakses oleh pengguna, seperti voice mail, call forwarding, call waiting, dan lain-lain.

Baca juga :  3 Cara Cek Kestabilan Internet dengan Mudah dan Cepat

4. Media server

Media server adalah komponen yang menyediakan fasilitas media, seperti audio, video, dan data, yang dapat digunakan oleh pengguna untuk berkomunikasi. Dan media server juga dapat melakukan konversi format media, seperti dari analog ke digital, atau sebaliknya.

5. Media gateway

proses kerja pbx server softswitch terakhir adalah, Media gateway, yaitu komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara jaringan sirkuit dan jaringan paket. Media gateway dapat mengubah sinyal suara dari jaringan sirkuit menjadi paket data yang dapat dikirim melalui jaringan paket, atau sebaliknya.

Selain di atas, berikut Proses kerja PBX server softswitch lainnya:

  • Ketika pengguna ingin melakukan panggilan telepon, mereka harus mendaftarkan diri ke PBX server softswitch melalui perangkat telepon yang berbasis (Session Initiation Protocol). SIP adalah sebuah protokol yang digunakan untuk melakukan negosiasi dan pengaturan sesi komunikasi antara dua atau lebih pihak.
  • Setelah terdaftar, pengguna dapat melakukan panggilan telepon dengan meminta PBX server softswitch untuk menghubungkan mereka dengan pihak tujuan. PBX server softswitch akan meneruskan permintaan tersebut ke MGC, yang kemudian akan mencari terbaik untuk menghubungkan panggilan tersebut.
  • Jika pihak tujuan berada di jaringan sirkuit, seperti PSTN (Public Switched Telephone ), maka MGC akan mengirimkan sinyal ke media gateway, yang akan mengubah paket data menjadi sinyal suara, dan mengirimkannya ke jaringan sirkuit.
  • Jika pihak tujuan berada di jaringan paket, seperti internet, maka MGC akan mengirimkan paket data langsung ke pihak tujuan melalui jaringan paket.
  • Selama panggilan berlangsung, PBX server softswitch akan terus memonitor dan mengatur aliran sinyal dan data antara kedua pihak, dengan bantuan dari media server, application server, dan media gateway.
  • Ketika panggilan selesai, PBX server softswitch akan memutuskan koneksi antara kedua pihak, dan mencatat informasi tentang panggilan tersebut, seperti durasi, biaya, dan lain-lain.
Baca juga :  Yuk Pelajari Tentang DDoS Attack IP

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang Proses kerja PBX server softswitch. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuanmu!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment