2 Arsitektur Jaringan Komputer: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

No comments
arsitektur jaringan komputer
arsitektur jaringan komputer

Menggunakan.id | Apakah kamu pernah mendengar istilah arsitektur ? Atau mungkin kamu sudah pernah belajar tentang hal ini? Kalau belum, jangan khawatir. Karena di artikel ini, kami akan menjelaskan arsitektur yang  ada di komputer.

arsitektur jaringan komputer

Lalu, apa itu dan bagaimana cara kerjanya. Penasaran , kan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Pengertian Arsitektur Jaringan Komputer

Arsitektur jaringan komputer adalah suatu konsep atau rancangan yang digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam suatu jaringan. Arsitektur ini meliputi perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan komunikasi yang digunakan dalam jaringan tersebut.

Perangkat keras adalah komponen fisik yang terdapat dalam jaringan, seperti komputer, router, switch, kabel, dan lain-lain. Perangkat lunak adalah program atau aplikasi yang digunakan untuk mengatur dan mengendalikan jaringan. Protokol komunikasi adalah aturan atau standar yang digunakan untuk mengirim dan menerima data dalam jaringan, seperti TCP/, , FTP, dan lain-lain.

Baca juga :  Kupas Tuntas Routing Network

unnamed jpg

Jenis-Jenis Arsitektur Jaringan Komputer

Ada banyak jenis arsitektur jaringan komputer yang dapat digunakan, tergantung pada kebutuhan dan tujuan penggunaannya. Namun, secara umum, ada tiga jenis arsitektur jaringan komputer yang paling sering digunakan, yaitu:

LAN adalah jenis arsitektur jaringan yang hanya mencakup area lokal, seperti dalam sebuah rumah, kantor, atau sekolah. Jaringan ini biasanya menggunakan kabel UTP atau kabel LAN untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada. Kelebihan dari LAN adalah mudah dipasang, murah, dan cepat. Kelemahan dari LAN adalah rentan terhadap gangguan, seperti kabel putus, interferensi, atau virus.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jenis arsitektur jaringan yang mencakup area yang lebih luas, seperti dalam sebuah kota atau provinsi. Jaringan ini biasanya menggunakan kabel fiber optic, gelombang radio, atau satelit untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada.

Kelebihan dari MAN adalah dapat menjangkau area yang lebih luas, memiliki kecepatan yang tinggi, dan memiliki yang baik. Kelemahan dari MAN adalah mahal, sulit dipasang, dan membutuhkan perawatan yang intensif.

  • WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jenis arsitektur jaringan yang mencakup area yang sangat luas, seperti antar negara atau benua. Jaringan ini biasanya menggunakan kabel fiber optic, saluran telepon, atau satelit untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada.

Baca juga :  Mengenal 2 Komponen Jaringan PAN, dan Keuntungannya!

Kelebihan dari WAN adalah dapat menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda, memiliki kapasitas yang besar, dan memiliki fleksibilitas yang tinggi. Kelemahan dari WAN adalah sangat mahal, sangat kompleks, dan sangat bergantung pada ketersediaan sumber daya.

cs

Arsitektur Jaringan Peer-to-Peer dan Client-

Selain berdasarkan cakupan area, arsitektur jaringan komputer juga dapat dibedakan berdasarkan cara kerjanya, yaitu peer-to-peer dan client-server. Apa bedanya?

  • Peer-to-Peer

Peer-to-peer adalah arsitektur jaringan di mana tiap-tiap komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan tersebut merupakan client sekaligus juga server. Artinya, setiap komputer dapat saling berbagi data dan sumber daya tanpa ada komputer yang mengatur atau mengendalikan jaringan tersebut.

Kelebihan dari peer-to-peer adalah mudah dipasang, efisien, dan murah. Kelemahan dari peer-to-peer adalah tidak aman, sulit dikelola, dan tidak stabil.

  • Client-Server

Client-server adalah arsitektur jaringan yang menghubungkan antara sistem server dan client. Server adalah komputer yang menyediakan data dan sumber daya untuk client. Client adalah komputer yang meminta data dan sumber daya dari server.

Baca juga :  Ekstensi Adalah: Pengertian, Fungsi dan 5 Jenis Ekstensi

Dalam arsitektur ini, server mengatur dan mengendalikan jaringan, sedangkan client hanya mengikuti perintah dari server. Kelebihan dari client-server adalah aman, mudah dikelola, dan stabil. Kelemahan dari client-server adalah mahal, membutuhkan spesifikasi yang tinggi, dan bergantung pada server.

Demikian artikel yang kami buat tentang arsitektur jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang jaringan komputer. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment