Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?

No comments
fungsi firewall pada jaringan komputer
fungsi firewall pada jaringan komputer

Menggunakan.id | Jika Kamu sering berselancar di , mungkin Kamu pernah mendengar istilah . Tapi, apakah Kamu tahu apa saja pada komputer, yang perlu kamu ketahui. sebuah sistem jaringan komputer yang berfungsi untuk melindungi komputer dari berbagai jenis serangan yang datang dari jaringan eksternal, seperti virus, malware, spam, dan lain-lain.

Firewall bekerja dengan memonitor dan mengontrol semua koneksi masuk dan keluar yang Kamu lakukan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan. Firewall juga merujuk pada struktur yang memisahkan kompartemen mesin sebuah kendaraan atau pesawat dari kompartemen penumpang.

Istilah ini digunakan untuk teknologi jaringan yang muncul pada akhir 1980an, ketika internet masih baru. Lalu, Mengapa firewall penting? Dan apa saja fungsi firewall pada jaringan komputer? Penasaran? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Pengertian Firewall Fungsi Manfaat Jenis dan Cara Kerja

Mengapa Firewall Penting?

Firewall sangat penting karena fungsi firewall pada jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap aset digital Kamu dari serangan hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab. Firewall juga membantu Kamu untuk terhindar dari praktik pencurian data, penyalahgunaan informasi, atau kebocoran rahasia perusahaan.

Baca juga :  OSPF Routing : Pengertian, Tujuan dan Contoh Konfigurasi pada Cisco

Tanpa firewall, komputer Kamu akan sangat rentan terhadap ancaman yang datang dari jaringan eksternal. Kamu bisa saja menjadi korban phishing, ransomware, spyware, atau malware lainnya yang bisa merusak sistem, menghapus data, atau mencuri identitas Kamu.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Kamu untuk mengaktifkan firewall pada komputer Kamu, terutama jika Kamu sering terhubung dengan internet. Firewall akan menjadi lapisan pertama dari sistem keamanan komputer Kamu, atau yang lebih dikenal dengan istilah cyber security.

fungsi firewall pada jaringan komputer
fungsi firewall pada jaringan komputer

Bagaimana fungsi firewall pada jaringan komputer?

Firewall bekerja dengan menganalisis data yang masuk dan keluar dari jaringan, serta memfilter informasi yang akan masuk ke dalam jaringan. Firewall menggunakan aturan-aturan yang disebut sebagai firewall rules atau firewall policies untuk menentukan apakah sebuah koneksi atau paket data boleh masuk atau tidak. Firewall rules biasanya berdasarkan pada kriteria-kriteria berikut:

  • Sumber dan tujuan alamat
  • Sumber dan tujuan nomor
  • Protokol yang digunakan (TCP, UDP, ICMP, dll)
  • Aplikasi atau layanan yang diakses (FTP, , SMTP, dll)
  • Isi atau signature dari paket data
Baca juga :  WAF : Pengertian, Tujuan dan Cara Kerjanya

Firewall rules dapat bersifat allow (mengizinkan), deny (menolak), atau drop (membuang) terhadap sebuah koneksi atau paket data. Firewall rules juga dapat bersifat inbound (untuk koneksi atau paket data yang masuk ke jaringan) atau outbound (untuk koneksi atau paket data yang keluar dari jaringan).

Contoh firewall rules adalah sebagai berikut:

  • Allow TCP from any source to any destination port 80 (HTTP)
  • Deny UDP from any source to any destination port 53 ()
  • Drop ICMP from any source to any destination (ping)

Firewall rules harus disusun dengan hati-hati dan teliti, agar tidak mengganggu kinerja jaringan atau mengizinkan koneksi yang berbahaya. Firewall rules juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan keamanan dari setiap jaringan.

043367000 1498125480 komputercovvv

Kesimpulan

Firewall adalah sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi untuk melindungi komputer dari berbagai jenis serangan yang datang dari jaringan eksternal. Firewall bekerja dengan memonitor dan mengontrol semua koneksi masuk dan keluar yang Kamu lakukan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan.

Baca juga :  Memahami 3 Fungsi VPS Dedicated Server untuk Kelancaran Berinternet

Firewall sangat penting karena memiliki fungsi memberikan perlindungan terhadap aset digital Kamu dari serangan hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab. Firewall juga membantu Kamu untuk terhindar dari praktik pencurian data, penyalahgunaan informasi, atau kebocoran rahasia perusahaan.

Demikian artikel yang kami buat tentang fungsi firewall pada jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Kamu tentang firewall. Jika Kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar yang tersedia di bawah. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment