Address Resolution Protocol (ARP) adalah

No comments
Address Resolution Protocol

ARP (Address Resolution Protocol)

ARP (Address Resolution Protocol) adalah yang digunakan untuk menemukan alamat fisik (MAC address) dari suatu perangkat di dalam jaringan berdasarkan alamat logis ( address) perangkat tersebut. ARP digunakan untuk memetakan alamat IP ke alamat MAC agar paket data dapat dikirimkan dengan benar dari satu perangkat ke perangkat lainnya dalam jaringan.

Fungsi ARP (Address Resolution Protocol)

Fungsi utama dari ARP adalah untuk memetakan alamat IP ke alamat MAC. Ketika sebuah perangkat ingin mengirimkan paket data ke perangkat lain di jaringan, perangkat tersebut perlu mengetahui alamat MAC dari perangkat tujuan. ARP melakukan permintaan untuk mengetahui alamat MAC perangkat tersebut. Jika alamat MAC telah ditemukan, perangkat pengirim dapat mengirimkan paket data ke perangkat tujuan dengan benar.

Address Resolution Protocol

Contoh ARP (Address Resolution Protocol)

Contoh bagaimana ARP bekerja dalam jaringan adalah sebagai berikut:

  1. Sebuah perangkat di jaringan ingin mengirimkan paket data ke perangkat lain yang memiliki alamat IP 192.168.1.10.
  2. Perangkat pengirim kemudian melakukan permintaan ARP untuk mengetahui alamat MAC dari perangkat dengan alamat IP 192.168.1.10.
  3. Permintaan ARP dikirimkan ke seluruh perangkat dalam jaringan. Perangkat dengan alamat IP 192.168.1.10 akan merespon dengan mengirimkan alamat MAC-nya kembali ke perangkat pengirim.
  4. Setelah alamat MAC perangkat tujuan telah ditemukan, perangkat pengirim dapat mengirimkan paket data ke perangkat tujuan dengan benar.
Baca juga :  Networking : Penjelasan Jaringan Komputer

ARP memiliki beberapa kelemahan dan potensi masalah , seperti ARP Spoofing yang dapat digunakan untuk melakukan serangan Man-In-The-Middle. Untuk mengatasi masalah tersebut, ARP cache atau tabel ARP digunakan untuk menyimpan alamat IP dan alamat MAC perangkat lain dalam jaringan. ARP cache memungkinkan perangkat untuk langsung menggunakan alamat MAC yang telah disimpan tanpa harus melakukan permintaan ARP setiap kali perangkat ingin berkomunikasi dengan perangkat lain.

Kesimpulan ARP (Address Resolution Protocol)

Dalam kesimpulannya, ARP adalah protokol jaringan yang digunakan untuk menemukan alamat MAC perangkat berdasarkan alamat IP perangkat tersebut. Fungsi utama dari ARP adalah untuk memetakan alamat IP ke alamat MAC sehingga paket data dapat dikirimkan dengan benar dari satu perangkat ke perangkat lainnya dalam jaringan. Contoh perangkat yang menggunakan ARP adalah router, switch, dan perangkat lainnya yang terhubung dalam sebuah jaringan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment