Cloud Computing : Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

No comments

Istilah cloud computing digunakan pada database yang berbasis digital. Sistem penyimpanan ini dapat digunakan oleh perusahaan besar yang membutuhkan ruang penyimpanan data dengan kapasitas besar dan fitur teknologi yang canggih.

Jika masih belum paham dengan istilah komputasi awan maka simak ulasan informasi lengkapnya dalam artikel ini. Yuk, baca sampai selesai.

Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing

Cloud Computing adalah sistem informasi yang memberikan kemudahan akses kepada komponen aplikasi, , dan database dengan menggunakan . Hal tersebut memudahkan pengguna komputer untuk mengakses, mengelola, dan menyimpan data secara online.

Dengan menggunakan teknologi awan tersebut maka user dapat mengakses data tanpa membutuhkan infrastruktur yang berbentuk fisik. Seperti, CPU, hardware, memori, storage, dan lainnya.  Tetapi, sistem ini mengandalkan penggunaan internet sebagai pusat koneksi jaringan agar para user dapat mengakses dan mengelola data lebih optimal.

Semua pengguna dapat menggunakan dan mengakses data dari tempat yang berbeda-beda dan jaringan internet yang berbeda pula.

Dalam penggunaannya sistem komputasi awan terbagi menjadi dua yaitu private cloud dan public cloud. Jika, menggunakan public cloud maka data dapat diakses oleh siapapun yang terhubung dengan internet. Sedangkan, penggunaan private cloud berarti hanya pengguna terkoneksi yang dapat menggunakannya.

Baca juga :  Port Mirroring : Pengertian dan Contoh Konfigurasi pada Cisco

Jenis Cloud Computing

Berikut ini jenis komputasi awan yang penting untuk diketahui, antara lain:

1.Software As a Service

Pertama, terdapat jenis Software As a Service (SaaS) yang merupakan layanan sistem cloud yang memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengelola data tanpa harus menginstall aplikasi. Contoh aplikasi yang menggunakan sistem SaaS yaitu Google Docs, Canva, dan lainnya.

Keuntungan dengan menggunakan SaaS yaitu pengguna dapat meningkatkan pemeliharaan dan pembaharuan , pengguna cukup melakukan pembayaran saja.

2. Infrastructure As a Service

Infrastructure As a Service (IAaS) merupakan layanan cloud yang paling dasar. Sesuai dengan namanya layanan ini berkaitan dengan infrastruktur. Seperti penggunaan server, jaringan, sistem operasi, mesin virtual, sistem untuk menyimpan data, dan lainnya.

Keuntungan dari penggunaan IAaS yaitu saat ada kerusakan atau permasalah pada sistem cloud maka yang akan memperbaikinya adalah jasa dari penyedia cloud yang pengguna pilih.

3. Platform As a Service

Platform As a Service (PAas) adalah salah satu layanan cloud yang memudahkan pengguna untuk mengelola, mengakses, dan mengembangkan software atau aplikasi dengan berbasis web dan seluler.

Contohnya yaitu seperti server, database, atau pendukung penyedia lainnya.

Keuntungan dari menggunakan layanan cloud PAas yaitu dapat menghemat budget karena dapat menyesuaikan penggunaan komputasi untuk aplikasi atau web yang digunakan.

Baca juga :  Cara Meningkatkan DA PA Website

Cara Kerja Cloud Computing

Cara kerja sistem komputasi awan menggunakan teknologi koneksi jaringan internet. Dimana aplikasi dan data yang dibutuhkan oleh pengguna akan diunggah ke layanan server cloud yang merupakan pusat data. Saat data diunggah ke server maka akan dilindungi oleh firewalling atau enkripsi.

Dengan demikian layanan penyimpanan tersebut mampu menjaga kerahasiaan dan integritas data yang sudah tersimpan di dalam penyimpanan cloud.

Jika data tersebut sudah diupload ke layanan server maka data-data tersebut akan diolah dengan sumber daya komputasi yang tersedia dalam cloud. Kemudian, data yang sudah diolah tersebut dapat diakses oleh para user menggunakan perangkat yang terhubung dengan koneksi internet.

Lalu, hasil pengolahan data tersebut akan dikirimkan kembali ke user dan dapat diakses oleh user lainnya.

Manfaat Cloud Computing

Adapun manfaat dari menggunakan sistem teknologi penyimpanan komputasi awan, yaitu:

1. Menghemat Biaya Operasional

Ketika menggunakan sistem penyimpanan cloud computing maka akan membantu menghemat biaya operasional perusahaan. Dimana, tidak dibutuhkan biaya untuk operasional jaringan komputer.

Tetapi, pengguna tetap dikenakan biaya untuk membayar biaya langganan sesuai dengan yang dibutuhkan.

2. Mengelola Data Lebih Optimal

Dengan bantuan penggunaan ruang penyimpanan cloud maka akan lebih membantu user dalam mengelola data menjadi optimal. Dimana, para user dapat mengelola data darimanapun dan kapanpun asalkan terhubung dengan koneksi internet.

Sehingga akan sangat membantu dalam menyelesaikan urgensi data yang dibutuhkan dalam waktu cepat.

3. Keamanan Data Pasti Aman

Selanjutnya, saat menggunakan penyimpanan cloud maka sudah pasti data aman. Hal tersebut dikarenakan sistem teknologi yang satu ini sudah dilengkapi dengan proteksi akses dan enkripsi data yang dapat melindungi data dari malware ataupun cyber.

Baca juga :  Aruba Central

Contoh Cloud Computing

Sekarang ini sudah banyak tersedia layanan cloud computing yang lebih memudahkan pekerjaan menjadi cepat selesai. Adapun diantaranya yaitu:

1. Google Drive

Google drive merupakan salah satu contoh cloud computing yang dapat digunakan untuk menyimpan data. Baik data berupa dokumen, video, foto, ataupun media lainnya.

Dengan menggunakan sistem layanan google drive tersebut maka pengguna dapat menyimpan berbagai file ke lokasi penyimpanan online. Sehingga dapat mengurangi beban penyimpanan komputer.

2. Google Photos

Google Photos merupakan layanan gratis Google yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menyimpan file berupa video dan foto. User dapat menyimpan file tersebut ke sistem privacy cloud sehingga hanya diri sendiri yang dapat mengaksesnya.

Dengan menggunakan sistem tersebut, pengguna juga dapat meringankan ruang penyimpanan di komputer.

3. Google Docs, Spreadsheet, dan Lainnya

Berikutnya, contoh layanan berbasis komputasi awan yaitu google docs dan spreadsheet yang dapat digunakan untuk membuat data dengan mudah, dapat diakses oleh banyak user.

Sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan MS Word atau Excell untuk membuat data dengan mudah.

Secara umum, penggunaan cloud computing berbasis teknologi internet ini sangatlah bermanfaat dalam membantu menyelesaikan pekerjaan. Sangat recomended digunakan dalam perusahaan yang mengelola banyak data dalam satu waktu.

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment