Calon Teknisi! Ayo Kenalan dengan Pengkabelan Jaringan Komputer

No comments
Pengkabelan jaringan komputer
Pengkabelan jaringan komputer

Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui, ketika kamu memilih berkutat dengan teknik komputer, salah satunya adalah computer. Pengkabelan jaringan komputer adalah proses penyambungan antara perangkat-perangkat , seperti komputer, router, switch, dan lainnya, dengan menggunakan kabel sebagai media transmisi data.

Dan Pengkabelan bertujuan untuk memungkinkan komunikasi dan pertukaran informasi antara perangkat-perangkat jaringan secara efisien dan aman. Ingin tahu lebih lanjut tentang ? Langsung perhatikan ulasannya di bawah ini.

Pengkabelan jaringan komputer
Pengkabelan jaringan komputer

Calon Teknisi! Ayo Kenalan dengan Pengkabelan Jaringan Komputer

Jenis Kabel Yang Digunakan Untuk Pengkabelan Jaringan Komputer

Ada beberapa jenis kabel yang digunakan untuk pengkabelan jaringan komputer, antara lain:

Baca juga :  4 Cara Meningkatkan Komunikasi Bisnis dengan VoIP Phone!

1. Kabel koaksial

Kabel yang terdiri dari inti kawat tembaga yang dikelilingi oleh lapisan isolator, lapisan konduktor, dan lapisan pelindung. Dan kabel koaksial memiliki keunggulan berupa kecepatan transmisi data yang tinggi, ketahanan terhadap gangguan elektromagnetik, dan jangkauan yang luas.

Namun, kabel koaksial juga memiliki kelemahan berupa biaya yang mahal, ukuran yang besar, dan kesulitan dalam instalasi dan pemeliharaan.

2. Kabel twisted pair

Kabel yang terdiri dari dua atau lebih kawat tembaga yang dipilin bersama-sama untuk mengurangi gangguan elektromagnetik. Kabel twisted pair dibedakan menjadi dua jenis, yaitu unshielded twisted pair (UTP) dan shielded twisted pair (STP).

UTP adalah kabel twisted pair tanpa lapisan pelindung, sedangkan STP adalah kabel twisted pair dengan lapisan pelindung. Kabel twisted pair memiliki keunggulan berupa biaya yang murah, ukuran yang kecil, dan kemudahan dalam instalasi dan pemeliharaan.

Namun, kabel twisted pair juga memiliki kelemahan berupa kecepatan transmisi data yang rendah, rentan terhadap gangguan elektromagnetik, dan jangkauan yang pendek.

Baca juga :  Agar Tidak Salah! Kenali Pembagian IP Address Ini!

3. Kabel serat optik

Kabel yang terdiri dari inti serat kaca atau plastik yang dikelilingi oleh lapisan reflektif dan lapisan pelindung. Kabel serat optik menggunakan cahaya sebagai media transmisi data. Kabel serat optik memiliki keunggulan berupa kecepatan transmisi data yang sangat tinggi, ketahanan terhadap gangguan elektromagnetik, dan jangkauan yang sangat luas.

Namun, kabel serat optik juga memiliki kelemahan berupa biaya yang sangat mahal, ukuran yang sangat tipis, dan kesulitan dalam instalasi dan pemeliharaan.

Cara Pengkabelan Jaringan Komputer

Cara pengkabelan jaringan komputer untuk setiap jaringan adalah sebagai berikut:

1. Topologi bus

Kabel utama dihubungkan dengan konektor T atau BNC pada setiap ujungnya. Setiap perangkat jaringan dihubungkan dengan kabel utama menggunakan konektor T atau BNC. Setiap ujung kabel utama diberi terminator untuk menghindari pantulan sinyal.

2. Topologi ring

Kabel tertutup dihubungkan dengan konektor RJ-45 pada setiap ujungnya. Setiap perangkat jaringan dihubungkan dengan kabel tertutup menggunakan konektor RJ-45. Tidak ada terminator yang diperlukan.

– Topologi star

Perangkat pusat ( atau switch) ditempatkan di tengah jaringan. Setiap perangkat jaringan dihubungkan dengan perangkat pusat menggunakan kabel UTP atau serat optik dengan konektor RJ-45 atau SC/ST. Tidak ada terminator yang diperlukan.

Baca juga :  Pengertian Roaming

– Topologi mesh

Setiap perangkat jaringan dihubungkan dengan beberapa perangkat jaringan lainnya menggunakan kabel UTP atau serat optik dengan konektor RJ-45 atau SC/ST. Tidak ada terminator yang diperlukan.

Manfaat Pengkabelan Jaringan Komputer

Manfaat pengkabelan jaringan komputer adalah sebagai berikut:

  • Memungkinkan komunikasi dan pertukaran informasi antara perangkat-perangkat jaringan secara efisien dan aman.
  • Memperluas cakupan dan aksesibilitas informasi bagi pengguna jaringan.
  • Meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja dengan memanfaatkan sumber daya jaringan.
  • Menghemat biaya operasional dan pemeliharaan dengan mengoptimalkan penggunaan perangkat-perangkat jaringan.
  • Meningkatkan dan reliabilitas jaringan dengan mengurangi risiko gangguan dan kehilangan data.

Demikian artikel tentang pengkabelan jaringan komputer. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuanmu!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment