Kenali Segala Hal tentang Internet Relay Chat Hanya di sini!

No comments
Internet Relay Chat
Internet Relay Chat

menggunakan.id Chat (IRC) adalah sistem chat berbasis teks untuk pesan instan. IRC dirancang untuk komunikasi kelompok dalam forum diskusi, yang disebut saluran, tetapi juga memungkinkan komunikasi satu lawan satu melalui pesan pribadi serta chat dan transfer data, termasuk berbagi file.

Sejarah

IRC dibuat oleh Jarkko Oikarinen pada Agustus 1988 untuk menggantikan program bernama MUT (MultiUser Talk) di sebuah BBS bernama OuluBox di Universitas Oulu di Finlandia, di mana ia bekerja di Departemen Ilmu Pengolahan Informasi.

Jarkko bermaksud untuk memperluas perangkat lunak BBS yang ia kelola, untuk memungkinkan berita ala Usenet, diskusi real time, dan fitur BBS lainnya. Bagian pertama yang ia implementasikan adalah bagian chat, yang ia lakukan dengan bagian pinjaman yang ditulis oleh teman-temannya Jyrki Kuoppala dan Jukka Pihl. Internet Relay Chat pertama berjalan di tunggal bernama tolsun.oulu.fi.

Oikarinen mendapat inspirasi dari sistem chat yang dikenal sebagai Bitnet Relay, yang beroperasi di BITNET.  Jyrki Kuoppala mendorong Oikarinen untuk meminta Universitas Oulu untuk membebaskan kode Internet Relay Chat sehingga juga dapat dijalankan di luar Oulu, dan setelah mereka akhirnya mendapatkannya, Jyrki Kuoppala segera menginstal server lain.

Internet Relay Chat
Internet Relay Chat

Ini adalah “jaringan Internet Relay Chat” pertama. Oikarinen mendapatkan beberapa teman di Universitas Helsinki dan Universitas Tampere untuk mulai menjalankan server Internet Relay Chat ketika jumlah penggunanya meningkat dan universitas lain segera mengikuti. Pada saat ini Oikarinen menyadari bahwa sisa fitur BBS mungkin tidak akan cocok dengan programnya.

Baca juga :  Modul SFP : Pengertian dan Fungsinya.

Dan Oikarinen menghubungi orang-orang di University of Denver dan Oregon State University. Mereka memiliki jaringan Internet Relay Chat mereka sendiri yang berjalan dan ingin terhubung ke jaringan Finlandia.

Model dan Cara Kerja IRC

IRC diimplementasikan sebagai lapisan aplikasi untuk memfasilitasi komunikasi dalam bentuk teks. Proses chat bekerja pada model jaringan klien-server. Pengguna terhubung, menggunakan klien—yang dapat berupa aplikasi web, program desktop mandiri, atau tertanam ke dalam bagian dari program yang lebih besar—ke server IRC, yang dapat menjadi bagian dari jaringan IRC yang lebih besar. Contoh program yang digunakan untuk terhubung termasuk Mibbit, IRCCloud, KiwiIRC, dan mIRC.

Untuk bergabung dengan saluran IRC, pengguna harus mengetik perintah `/join channelname`, di mana `channelname` adalah nama saluran yang diinginkan. Misalnya, `/join geeksforgeeks` akan menghubungkan pengguna ke saluran yang didedikasikan untuk GeeksforGeeks. Pengguna dapat meninggalkan saluran dengan mengetik perintah `/part channelname`.

Dan untuk mengirim pesan pribadi ke pengguna lain, pengguna harus mengetik perintah `/msg nickname message`, di mana `nickname` adalah nama panggilan pengguna lain dan `message` adalah pesan yang ingin dikirim. Misalnya, `/msg Alice Halo, apa kabar?` akan mengirim pesan “Halo, apa kabar?” ke pengguna dengan nama panggilan Alice.

Baca juga :  SNMP : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

Lalu, untuk mentransfer file ke pengguna lain, pengguna harus mengetik perintah `/dcc send nickname filename`, di mana `nickname` adalah nama panggilan pengguna lain dan `filename` adalah nama file yang ingin ditransfer. Misalnya, `/dcc send Bob foto.jpg` akan mengirim file foto.jpg ke pengguna dengan nama panggilan Bob.

Kesimpulan

IRC adalah sistem chat berbasis teks yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi, berbagi, dan bekerja dengan pengguna lain di jaringan IRC. IRC memiliki sejarah yang panjang dan kaya sebagai salah satu aplikasi internet pertama yang dibuat.

Dan IRC memiliki model dan cara kerja yang sederhana namun efektif, yang melibatkan klien, server, dan jaringan. IRC memiliki keuntungan dan kerugian yang perlu dipertimbangkan oleh pengguna sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Bagaimana, sudah memahami permahaman tersebut? Jika ada yang ditanyakan, bisa tulis dikolom komentar, ya! Semoga bermanfaat!

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment