Perbedaan IP Address dan MAC Address

No comments
Perbedaan IP Address dan MAC Address

Perbedaan dan MAC Address

address ( Protocol address) dan MAC address (Media Access Control address) adalah dua jenis alamat yang digunakan dalam komputer. Namun, keduanya memiliki fungsi yang berbeda dalam pengiriman data.

IP Address

IP address adalah alamat logis yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat di jaringan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). IP address berfungsi sebagai alamat tujuan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer. IP address biasanya terdiri dari empat blok angka desimal yang dipisahkan oleh titik, contohnya 192.168.1.1.

Terdapat dua jenis IP address, yaitu IP address publik dan IP address pribadi. IP address publik adalah alamat yang diberikan oleh penyedia layanan internet (ISP) dan digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di internet secara global. Sedangkan IP address pribadi adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan lokal, seperti di dalam rumah atau kantor. Contoh dari IP address pribadi adalah 192.168.1.1 atau 10.0.0.1.

Baca juga :  Topologi Mesh, 2 Jenis Jaringan Komputer yang Saling Terhubung

MAC Address

MAC address, di sisi lain, adalah alamat fisik yang unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat di jaringan. MAC address terdiri dari enam blok angka heksadesimal yang dipisahkan oleh titik dua (:) atau strip (-). Contohnya adalah 00:1A:2B:3C:4D:5E atau 00-1A-2B-3C-4D-5E.

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan memiliki MAC address yang unik dan tidak dapat diubah. MAC address biasanya digunakan oleh perangkat jaringan untuk mengenali perangkat lain di dalam jaringan dan untuk memastikan bahwa data dikirim ke alamat yang tepat.

Perbedaan IP Address dan MAC Address

Perbedaan IP Address dan MAC Address

Perbedaan utama antara IP address dan MAC address adalah bahwa IP address bersifat logis dan digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat di jaringan TCP/IP, sedangkan MAC address bersifat fisik dan digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat di jaringan.

Sebagai contoh, ketika Anda membuka browser dan memasukkan alamat situs web seperti www.google.com, browser akan menggunakan IP address untuk menghubungi yang menghosting situs web tersebut. Kemudian, data yang diambil dari server akan dikirimkan ke MAC address komputer atau perangkat lain yang sedang digunakan untuk mengakses situs web tersebut.

Baca juga :  Cara Konfigurasi Firewall Pada Mikrotik 100% Work

Kesimpulan dari Perbedaan IP Address dan MAC Address

Dalam kesimpulan, IP address dan MAC address adalah dua jenis alamat yang digunakan dalam jaringan komputer. IP address digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat di jaringan TCP/IP, sementara MAC address digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat di jaringan secara fisik. Keduanya sangat penting dalam memastikan pengiriman data yang efektif dan efisien di dalam jaringan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment