WiFi adalah: Apa Sih WiFi Itu Ini Dia 3 Fungsi dan Cara Kerjanya?

No comments
WiFi adalah
WiFi adalah

Menggunakan.id singkatan dari Wireless Fidelity, yang artinya kesetiaan nirkabel. Kok bisa kesetiaan nirkabel? Ya, karena itu bisa membuat kita setia dengan tanpa perlu kabel. Coba bayangkan kalau kita harus pakai kabel buat internetan. Pasti ribet banget, kan? Belum lagi kalau kabelnya putus atau kusut. Bisa-bisa kita jadi stres dan gak bisa produktif.

WiFi adalah jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi tanpa koneksi kabel langsung. Secara teknis ini merupakan istilah industri yang mewakili jenis protokol area lokal nirkabel berdasarkan standar jaringan IEEE 802.11. WiFi bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat dengan internet atau jaringan lainnya. WiFi juga bisa digunakan untuk berbagi data, file, atau media antar perangkat.

WiFi adalah: Apa Sih WiFi Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Fungsi WiFi

WiFi adalah memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa fungsi WiFi yang umum:

Baca juga :  Konsep dan Pengertian DMVPN

1. Mengakses internet dengan cepat dan mudah.

Dengan WiFi, kita bisa browsing, streaming, download, upload, gaming, dan aktivitas online lainnya tanpa perlu kabel. WiFi juga bisa menjangkau area yang luas, sehingga kita bisa internetan di mana saja selama ada sinyal WiFi.

2. Berbagi data, file, atau media antar perangkat.

Untuk fungsi wifi yang selanjutnya, kita bisa mengirim atau menerima data, file, atau media dengan perangkat lain yang terhubung dengan WiFi.

3. Mengontrol perangkat pintar atau smart device.

Fungsi yang ketiga, dengan menggunakan WiFi, kita bisa menghubungkan perangkat pintar dengan smartphone atau tablet. WiFi juga bisa digunakan untuk mengatur perangkat pintar tersebut secara jarak jauh melalui aplikasi khusus.

Cara Memasang WiFi

Untuk memasang WiFi adalah, kita membutuhkan beberapa perangkat keras atau hardware yang mendukung WiFi, seperti:

  • Wireless Adapter: perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer, laptop, atau perangkat lain dengan jaringan WiFi.
  • Wireless Router atau Wireless Access Point: Salah satu perangkat yang digunakan untuk mengirim atau menerima sinyal WiFi dari jaringan internet atau jaringan lainnya.
  • Antena Wireless: Merupakan perangkat yang digunakan untuk memperkuat atau memperluas sinyal WiFi dari wireless router atau wireless access point.
  • Wireless Repeater: Komponen yang digunakan untuk mengulang atau memperpanjang sinyal WiFi dari wireless router atau wireless access point.
Baca juga :  Apa itu MQTT Server dan Mengapa Kamu Perlu Tahu!

Berikut langkah-langkah untuk memasang WiFi adalah:

  • Pertama, hubungkan wireless router atau wireless access point dengan modem atau sumber internet yang ada. Gunakan kabel LAN atau Ethernet untuk menghubungkan WAN atau Internet pada wireless router atau wireless access point dengan port LAN atau Ethernet pada modem atau sumber internet.
  • Kedua, nyalakan wireless router atau wireless access point dan tunggu hingga lampu indikator menyala.
  • Ketiga, konfigurasikan wireless router atau wireless access point sesuai dengan petunjuk yang ada. Gunakan komputer, laptop, atau perangkat lain yang terhubung dengan kabel LAN atau Ethernet untuk mengakses halaman pengaturan atau settings tersebut melalui browser web.
  • Keempat, atur nama atau SSID, kata sandi atau password, dan mode atau security mode untuk jaringan WiFi yang ingin dibuat. Pastikan untuk memilih nama atau SSID yang mudah diingat, kata sandi atau password yang kuat, dan mode keamanan atau security mode yang aman.
  • Kelima, simpan pengaturan atau settings yang telah dibuat dan restart wireless router atau wireless access point. Setelah itu, coba cari dan sambungkan dengan jaringan WiFi yang telah dibuat menggunakan komputer, laptop, atau perangkat lain yang memiliki wireless network adapter. Masukkan nama atau SSID dan kata sandi atau password yang telah ditentukan sebelumnya.
Baca juga :  5 Pengertian Instalasi Jaringan, Kamu Wajib Tahu!

Demikianlah artikel yang kami buat tentang WiFi adalah, kelebihan dan kekurangan, fungsi WiFi, serta cara memasang WiFi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang wifi. Terima kasih dan selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment