WiFi Adalah

No comments
wifi

– Wireless Fidelity

Siapa yang tidak pernah mendengar dengan istilah WiFi? Di era serba digital saat ini, istilah WiFi tidak asing di telinga masyarakat Indonesia.

Semua aktivitas yang kita lakukan setiap hari tidak terlepas dari . Nah, untuk dapat mengakses internet, kita perlu WiFi atau paket data untuk mulai berselancar.

wifi

Ada beberapa kelebihan kenapa kita harus beralih menggunakan WiFi daripada paket data. Sebelum kita membahas mengenai hal ini, apakah kamu sudah benar-benar mengerti apa itu WiFi? Gak usah lama-lama, yuk simak pembahasan lebih detailnya pada artikel kali ini.

Apa Itu WiFi?

WiFi adalah teknologi atau sistem yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data menggunakan gelombang radio melalui komputer, termasuk koneksi internet berkecepatan tinggi.

Singkatan WiFi adalah wireless fidelity

Teknologi WiFi dibuat oleh Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA). WECA ini merupakan organisasi nirlaba global bertujuan untuk mempromosikan standar nirkabel baru.

Pada tahun 1991 NCR Corporation (perusahaan kasir) dan AT&T (perusahaan telepon) menciptakan apa yang menjadi cikal bakal WiFi. Hal tersebut menjadi sangat populer yang berakhir Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) menciptakan standar 802.11 yang sekarang kita kenal dengan Wifi.

Beberapa orang masih ada yang menyamakan WiFi dengan internet. Padahal, hal itu berbeda jauh. Wifi adalah teknologi perantara yang membawa koneksi internet dengan standar koneksi nirkabel. Sehingga, WiFi dapat menangkap sinyal internet tanpa menggunakan jaringan kabel.

Baca juga :  Pengertian Quality of Service (QoS)

WiFi 2,4GHz, 5GHz, atau 6GHz tentu bisa kita pilih sesuai preferensi dan kebutuhan. Hanya saja memang perlu diingat bahwa setiap pita gelombang umumnya mempunyai keunggulan sendiri-sendiri dan membutuhkan dukungan dari perangkat keras yang berbeda-beda.

Kita yang sedang ingin memasang WiFi atau sekadar meningkatkan kemampuan jaringan karenanya tidak boleh sembarangan. Kita harus menimbang-nimbang berbagai macam hal tersebut supaya koneksi internet yang dimiliki tetap tersedia secara maksimal.

Kalaupun tidak sempat untuk melihat karakteristik dari masing-masing pita jaringan, kita pun dapat menyimak perbedaan antara WiFi 2,4GHz, 5GHz, atau 6GHz sebagaimana penjelasan berikut sebelum menentukan mana yang akan digunakan.

WiFi Band 2,4GHz WiFi Band 5GHz WiFi Band 6GHz
Transfer data lambat Transfer data cepat Transfer data sangat cepat
Jangkauan area luas Jangkauan area terbatas Jangkauan area sangat terbatas
Banyak interferensi Sedikit interferensi Sangat sedikit interferensi
Didukung standar 802.11 b/g/n/ax Didukung standar 802.11 a/n/ac/ax Didukung standar 802.11 ax (WiFi 6E)

 

 

 

Fungsi WiFi

Setelah kita memahami pengertian WiFi, tentu kita juga tahu bahwa salah satu fungsinya adalah untuk menghubungkan perangkat ke jaringan lokal maupun jaringan internet.

Namun, apa hanya itu saja fungsi WiFi? Bukan hanya itu, masih ada beberapa fungsi WiFi yang perlu kamu tahu, seperti beberapa fungsi berikut ini.

1.    Menghubungkan Perangkat ke Jaringan

Berbeda dengan Local Area (LAN) yang penggunanya terbatas, berbeda dengan WiFi bisa digunakan di banyak komputer tanpa menambah jumlah kabel. Dengan begitu, WiFi memudahkan banyak pengguna sekaligus terhubung ke jaringan.

Baca juga :  Cloud Computing : Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

2.    Kecepatan Internet Lebih Cepat

Hal ini tentu dirasakan oleh para pengguna smartphone dan PC. Berbeda dengan mengakses internet melalui paket data yang terkadang cepat bahkan bisa lambat tergantung sinyal, kecepatan akses internet menggunakan WiFi terjamin kecepatannya.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi untuk WiFi Assessment

Misalnya, kamu bisa melakukan streaming video tanpa putus, download dokumen lebih cepat, dan akses yang tidak membutuhkan loading lama.

3.    Modem dari Smartphone

Dengan adanya WiFi, smartphone bisa terhubung dengan internet sehingga pengguna tidak perlu menggunakan paket data. Bukan hanya itu, smartphone juga mendukung perangkat wireless, maka kamu bisa menjadikan smartphone sebagai modem.

 

Hal ini akan sangat berguna terutama saat kamu pergi ke tempat yang tidak tersedia WiFi. Jika paket data kamu cukup banyak, maka ketika ingin mengakses internet melalui laptop, kamu bisa memfungsikan smartphone sebagai modem yang menggunakan sinyal untuk terhubung ke laptop.

Cara Kerja WiFi

Sederhananya, WiFi bekerja dengan cara memanfaatkan gelombang radio. Berbagai data yang dikirimkan para pengguna melesat di udara menggunakan gelombang radio. Agar bisa menerjemahkan data yang dikirim melalui gelombang radio, komputer harus memiliki adaptor wireless sehingga terhubung ke WiFi.

WiFi bekerja dengan menyediakan perangkat yang bisa mengatur lalu lintas internet seperti router. Kemudian, router akan menerima jaringan internet dari layanan internet di luar jaringan.

Lalu, router akan mengirim jaringan ke perangkat terdekat yang bisa menerimanya. Seperti, komputer, handphone, smart TV maupun perangkat yang bisa menerima koneksi internet melalui WiFi dari router.

Baca juga : Perbedaan Bandwidth dan Troughput

Ketika kamu berada di tempat yang memiliki jaringan WiFi, akan ada lebih dari satu router yang diletakkan di tempat tersebut. Selain router, perangkat seperti komputer dan handphone bisa bekerja layaknya router, dengan cara mengaktifkan hotspot WiFi untuk berbagi koneksi internet nirkabel.

Baca juga :  Apa itu SMTP Protocol dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Keuntungan Menggunakan WiFi

Agar tidak menguras kantong untuk terus membeli paket data, kamu bisa menggunakan bahkan memasang WiFi. Berikut ini beberapa keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan WiFi.

1.    Akses Hiburan Lebih Bebas

Tentu kamu butuh hiburan dari penat dan kesibukan yang kamu lakukan seharian. Dengan menggunakan WiFi, kamu bisa membuka berbagai hiburan seperti mendengarkan musik, bermain game, atau nonton movie.

Unlimited data yang disediakan provider internet bisa digunakan untuk membuka video dengan ukuran besar. Kamu juga tidak perlu ragu download game dengan ukuran sangat besar tanpa takut data berkurang.

2.    Lebih Hemat

Dibandingkan paket data, penggunaan WiFi justru lebih hemat biaya. Misalnya, harga paket WiFi sekitar 300 ribu per bulan bisa digunakan unlimited banyak pengguna dibandingkan menggunakan paket data yang kurang lebih 100 ribu per bulan hanya satu pengguna saja.

3.    Memperlancar Urusan Kerja

Bagi kamu yang bekerja dari rumah, adanya WiFi tentu membuat pekerjaanmu lebih cepat selesai. Kamu bisa bebas internet dan menggunakan browser di PC untuk download data yang lumayan besar tanpa memusingkan data akan cepat habis.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment