Perbedaan Bandwidth dan Throughput serta Definisi, Jenis, dan Tujuannya.

No comments
Perbedaan Bandwidth & Troughput

Apakah kamu sudah mengenal apa itu Bandwidth dan Throughput? Istilah bandwidth pasti sudah populer bagi kamu yang berlangganan . Sedangkan, Throughput mungkin terdengar asing bagi orang awam dibanding bandwidth.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai apa definisi dan fungsi bandwidth dan throughput,  serta apa tujuan digunakannya bandwidth dan throughput.

Perbedaan Bandwidth & Troughput

Bandwidth dan throughput mungkin tampak serupa, namun terdapat perbedaan diantara keduanya meskipun tidak terlalu jauh. bandwidth sendiri adalah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satuan detik, sedangkan throughput walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth, tetapi throughput lebih pada menggambarkan bandwidth yang sebenarnya pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu. Dari uraian tersebut dapat kita lihat bahwa terdapat perbedaan bandwidth dan throughput.

Apa itu bandwidth dan throughput?

Bandwidth adalah penggunaan kapasitas pada kabel ethernet agar dapat dilalui oleh trafik paket data dengan batas maksimal tertentu. Definisi lain dari bandwidth  merupakan jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per detik atau yang lebih dikenal dengan bit per second (bps). bandwidth sering dianalogikan dengan sebuah pipa air, sedangkan data yang masuk melewati bandwidth diibaratkan air yang mengalir dalam pipa tersebut. semakin sedikit air yang mengalir, maka pipa air akan semakin lancar. kebalikannya jika air yang mengalir banyak, maka jalur dalam pipa air tersebut akan tersendat. sehingga, semakin besar pipa air (bandwidth) maka akan semakin banyak pula air yang dapat melaluinya. maka tidak heran apabila bandwidth dijadikan sebagai pertimbangan untuk penggunaan jaringan.

Baca juga :  LACP : Pengertian, Tujuan dan Contoh Konfigurasi pada Cisco

Jadi, bandwidth internet merupakan kapasitas maksimal trafik komunikasi untuk melakukan proses penerimaan dan pengiriman dan data dalam hitungan detik, dikarenakan semakin besar bandwidth, maka semakin cepat pertukaran data yang terjadi akan banyak pula data yang melaluinya.

Throughput adalah bandwidth yang sebenarnya atau aktual, diukur dengan satuan waktu tertentu pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu juga. Throughput biasanya akan lebih kecil dari bandwidth.

Fungsi Bandwidth dan Throughput

Tentu bandwidth mempunyai fungsi mengingat bandwidth memiliki peran penting dalam jariangan internet. Terdapat beberapa fungsi dari bandwidth dalam jaringan internet berdasarkan perannya. Apa itu fungsi bandwidth? Berikut adalah beberapa fungsi bandwidth yang dikategorikan berdasarkan penggunaan.

1.      Sebagai jalur pengiriman data pada suatu komputer atau jaringan tertentu.

Bandwidth bertugas sebagai jalur komunikasi data diantara dua komputer melalui jaringan tertentu, dimana fungai utama bandwidth adalah menjadi media transmisi data ke seluruh .

2.      Mampu membagi kecepatan transfer data.

Kecepatan yang dimiliki dapat dibagikan secara adil kepada keseluruhan pengguna. pembagian ini juga dibatasi agar antar pengguna tidak saling berebut bandwidth.

Baca juga :  Cloud Computing : Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

3.      Mampu membatasi besar data yang ditransfer.

Administrator jaringan terkadang melakukan pembatasan besar data yang dapat diakses atau diunduh dari internet. Hal ini bertujuan agar terjadinya pengurangan jalur yang tinggi dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga artikel tentang : Pengertian Failover

Sama halnya dengan bandwidth, throughput pun memiliki fungsi dalam jaringan internet. Salah satu dari fungsi throughput adalah mengirim sebuah data dengan ukuran tertentu. Apabila terdapat bit-bit tambahan yang dimasukkan pada saat komunikasi terjadi akan ditiadakan oleh throughput.

Tujuan Bandwidth dan Throughput

Setelah kamu mengetahui definisi dari bandwidth dan throughput serta fungsinya. Maka adapun tujuan atau manfaat ketika kita mempelajari hal tersebut. Darisana kita dapat mengetahui bahwa bandwidth dan throughput mempunyai pengaruh besar dalam hal jaringan komputer. Ternyata apabila kita tidak bisa mengalokasikan bandwidth dengan tepat, akan berimbas kepada kecepatan pertukaran data yang terjadi. Sebagai contoh apabila kamu  mengupload atau mendownload beberapa file yang mempunyai ukuran besar dalam jumlah yang banyak, maka akan semakin cepat habis pula kapasitas dari bandwidth.

Baca juga :  DHCP Relay Adalah

Nah, itulah beberapa penjelasan dalam Mengenal Perbedaan Bandwidth dan Throughput serta pengertian, fungsi, hingga tujuan dari bandwidth dan throughput itu sendiri. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menjadi sumber referensi bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai jaringan internet.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment