Bagi sebuah bisnis, adanya router SLA (Service Level Agreement) merupakan sesuatu yang cukup penting. Hal ini, karena SLA memiliki peran untuk menentukan bagaimana kualitas layanan yang diberikan oleh jasa penyedia Internet Dedicated.
Dalam SLA, jasa penyedia Internet Dedicated ini biasanya akan menjelaskan bagaimana kualitas layanan yang akan diperoleh oleh user. Dalam perjanjian ini, penyedia jasa juga akan memberikan jaminan, ganti rugi, atau bahkan dukungan teknis saat terjadi masalah.
Pengertian Router SLA
SLA (Service Level Agreement) merupakan sebuah perjanjian oleh penyedia jasa layanan jaringan (router) dengan pelanggan, dengan tujuan untuk menentukan layanan internet yang harus diterima oleh pelanggan atau user.
Router atau IP SLA yaitu perjanjian tingkat layanan protokol Internet misalnya saja menggunakan Sistem Operasi Internetwork Cisco IOS, di mana para profesional TI dapat mengumpulkan informasi mengenai kinerja jaringan secara real time.
Beberapa informasi yang biasanya dikumpulkan oleh para profesional TI ini yaitu tingkat disponibilitas, masa pemeliharaan, maupun kecepatan jaringan. Selain itu, dengan tujuan agar pelayanannya memenuhi harapan pelanggan.
Fungsi Router SLA
Setelah mengetahui definisi dari Router SLA, lalu apa fungsi dari SLA ini? Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari SLA, antara lain:
1. Untuk Memonitoring Kualitas Jaringan
SLA memiliki fungsi utama untuk memantau kinerja layanan jaringan serta memastikan jika layanan tersebut sesuai dengan standar yang telah ditentukan dalam perjanjian SLA diawal oleh penyedia jasa dan pelanggan.
2. Untuk Menjamin Tingkat Disponibilitas
SLA juga berfungsi untuk menjamin tingkat Disponibilitas jaringan yang telah ditentukan. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk memastikan jika pelanggan atau user dapat mengakses layanan jaringan internet dengan cepat dan efisien.
3. Untuk Menyediakan Dukungan Teknis
SLA juga memiliki fungsi agar penyedia jaringan dapat menyediakan dukungan teknis pada pelanggan untuk memecahkan masalah yang terjadi pada pelayanan jaringan yang diberikan serta memastikan bahwa pelayanan tetap berjalan dengan baik.
4. Untuk Memastikan Keamanan Jaringan
Selain itu, SLA juga berfungsi untuk memastikan layanan jaringan yang diberikan kepada pelanggan tetap aman dan terlindungi dari serangan cyber dan ancaman jahat lainnya.
5. Untuk Memberikan Kepastian Bagi Pelanggan
Lalu, SLA juga berfungsi untuk memberikan kepastian bagi para pelanggan mendapatkan layanan jaringan yang sesuai dengan perjanjian awal dan harapan mereka serta memberikan pengalaman jaringan yang cepat dan konsisten.
Dengan demikian, Router penyedia jasa internet ini dapat memenuhi SLA yang telah ditentukan dan berperan penting dalam memastikan kualitas maupun keandalan jaringan. Selain itu, adanya SLA ini juga agar penyedia dapat meyakinkan pelanggan jika layanan akan memenuhi harapan mereka.
Baca Juga : Pengertian Cisco ISE
Tujuan Router SLA
Beberapa penjelasan diatas memang telah sedikit menyinggung tentang tujuan dari SLA. Setelah mengetahui definisi dan fungsi dari Router SLA, lalu apa tujuan dari adanya SLA? Simak penjelasannya berikut ini.
1. Menjamin Kualitas Layanan Agar Sesuai Standar
Tujuan dari SLA yang pertama yaitu untuk memastikan bahwa layanan jaringan memenuhi standar kualitas yang ditentukan dan memastikan bahwa pelanggan dapat mengakses jaringan dengan cepat dan efisien.
2. Memberikan Kepastian Agar Jaringan Sesuai Harapan
Lalu, tujuan SLA yang kedua adalah untuk memberikan kepastian bagi pelanggan jika layanan jaringan yang diberikan oleh penyedia sesuai dengan harapan.
3. Menyediakan Dukungan Teknis Jika Terjadi Kendala
Kemudian, tujuan SLA yang ketiga adalah untuk menyediakan dukungan teknis dari penyedia bisa membantu pelanggan untuk memecahkan masalah jaringan dan memastikan bahwa pelayanan tetap berjalan dengan baik.
4. Memastikan Jaringan Tetap Aman dari Kejahatan Cyber
Tujuan SLA yang keempat adalah memastikan jika layanan jaringan yang diberikan penyedia tetap terlindungi dari serangan cyber dan ancaman jahat dari luar lainnya.
5. Mengurangi Risiko Bagi Pelanggan
Terakhir, tujuan SLA yang kelima adalah untuk mengurangi risiko bagi pelanggan dengan memastikan bahwa layanan jaringan sesuai dengan yang dijanjikan dan tidak merugikan pelanggan.
SLA (Service Level Agreement) merupakan salah satu hal penting dalam sebuah bisnis penyedia layanan jaringan internet. Hal ini bertujuan agar para pelanggan tidak merasa dirugikan oleh penyedia jasa karena terdapat beberapa risiko dan kendala yang mungkin terjadi.
Demikian informasi mengenai Router Sla: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya. Semoga informasi tersebut dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui tentang sistem service level agreement ini saat memilih penyedia jasa layanan internet.