Apa itu Cisco Packet Tracer? Yuk Intip Penjelasannya di sini!

No comments
Apa itu cisco packet tracer
Apa itu cisco packet tracer

Menggunakan.id – Apa itu cisco packet tracer? Ya,  Cisco Packet Tracer adalah sebuah software yang digunakan untuk simulasi dan latihan dalam membentuk suatu komputer. Software ini dibuat oleh Cisco Systems, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan jaringan.

Cisco Packet Tracer dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin belajar tentang jaringan komputer, baik pelajar, mahasiswa, guru, maupun engineer. Software ini juga dapat digunakan sebagai media penelitian atau pengembangan jaringan komputer.

Apa Itu Cisco Packet Tracer dan Fungsi serta Manfaat Cisco Packet Tracer

setelah kamu mengetahui Apa itu cisco packet tracer? ternyata Cisco Packet Tracer memiliki beberapa fungsi dan manfaat, di antaranya adalah:

Baca juga :  PSTN : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

– Membuat dan mengkonfigurasi jaringan komputer secara virtual

Cisco Packet Tracer menyediakan berbagai macam perangkat jaringan, seperti router, switch, hub, access point, PC, laptop, , printer, dan lain-lain. Kamu dapat membuat jaringan sesuai dengan kebutuhan dan menghubungkan perangkat-perangkat tersebut dengan menggunakan kabel atau wireless. Kamu juga dapat mengatur parameter dan jaringan, seperti , subnet mask, gateway, , , NAT, , DNS, dan lain-lain.

– Melakukan simulasi dan pengujian jaringan computer

Kemudian, Cisco Packet Tracer dapat menampilkan proses komunikasi antar perangkat jaringan secara real time atau simulasi. Kamu dapat melihat paket data yang dikirim dan diterima oleh perangkat jaringan, serta status dan performa jaringan.

Dan Kamu juga dapat melakukan troubleshooting jika terjadi masalah pada jaringan, seperti koneksi terputus, konflik , routing error, dan lain-lain.

– Meningkatkan kemampuan dan keterampilan jaringan computer

Lalu, Cisco Packet Tracer dapat membantu Kamu mempelajari konsep-konsep dasar dan lanjutan jaringan komputer, seperti OSI layer, TCP/IP, subnetting, routing, switching, wireless, security, dan lain-lain.

Baca juga :  SD-WAN : Pengertian dan Konsepnya

Kamu juga dapat mengikuti berbagai tutorial, aktivitas, dan proyek yang disediakan oleh Cisco Packet Tracer. Software ini juga dapat membantu Kamu mempersiapkan diri untuk mengambil sertifikasi jaringan komputer, seperti Cisco Certified Network Associate (CCNA).

Cara Download dan Install Cisco Packet Tracer

Apa itu cisco packet tracer
Apa itu cisco packet tracer

setelah kamu tahu jawaban dari Apa itu cisco packet tracer, sekarang kamu sudah berada di poin downloadnnya! Cisco Packet Tracer dapat diunduh secara gratis dari situs resmi Netacad Cisco Packet Tracer. Kamu harus mendaftar sebagai anggota Netacad terlebih dahulu untuk mendapatkan akses download. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk download dan install Cisco Packet Tracer:

  1. Kunjungi situs [Netacad Cisco Packet Tracer] dan klik tombol Join Now.
  2. Isi formulir pendaftaran dengan data diri Kamu, seperti nama, email, negara, dan lain-lain. Setujui syarat dan ketentuan yang berlaku dan klik tombol Submit.
  3. Kamu akan menerima email konfirmasi dari Netacad. Buka email tersebut dan klik link yang diberikan untuk mengaktifkan akun Kamu.
  4. Setelah akun Kamu aktif, login ke situs Netacad dengan menggunakan email dan password yang Kamu buat.
  5. Pada halaman utama, klik menu Resources dan pilih Download Packet Tracer.
  6. Pilih versi Cisco Packet Tracer yang sesuai dengan sistem operasi Kamu, baik Windows, Linux, atau Mac. Klik tombol Download dan tunggu proses download selesai.
  7. Setelah file Cisco Packet Tracer berhasil diunduh, buka file tersebut dan ikuti instruksi untuk menginstall software tersebut di komputer Kamu.
  8. Setelah proses install selesai, jalankan Cisco Packet Tracer dan masukkan email dan password Netacad Kamu untuk login.
  9. Selamat, Kamu sudah dapat menggunakan Cisco Packet Tracer untuk belajar jaringan komputer.
Baca juga :  IP Address : Perbedaan IPv4 dan IPv6

Dan itulah penjelasan tentang apa itu cisco packet tracer. Semoga bermanfaat! Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di situs ini.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment