Apa Itu Proxy Firewall dan Bagaimana Cara Kerjanya?

No comments
Proxy Firewall
Proxy Firewall

Menggunakan.id adalah sebuah perangkat yang menyaring pesan dan pertukaran data pada lapisan aplikasi, yang berarti mengevaluasi dan mentransfer paket data atas nama pengguna. firewall ini bertujuan untuk melindungi jaringan dari akses yang tidak sah, malware, phishing, dan ancaman lainnya.

Proxy firewall merupakan bentuk firewall yang paling aman, karena proxy firewall mencegah jaringan untuk berhubungan langsung dengan sistem lain. firewall ini memiliki alamat Protocol () sendiri, yang artinya koneksi jaringan eksternal tidak bisa menerima paket secara langsung dari jaringan.

firewall ini bekerja dengan menyediakan satu titik yang memungkinkan organisasi untuk menilai tingkat ancaman dari aplikasi dan mengimplementasikan deteksi serangan, deteksi kesalahan, dan pemeriksaan validitas. Lalu, bagaimana cara kerja firewall ini ? Dan apa saja kelebihannya? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

Cara Kerja Proxy Firewall

Proxy firewall bekerja dengan menyediakan sebuah gerbang atau perantara antara komputer dan di internet untuk mengamankan data yang masuk dan keluar dari jaringan. firewall ini menentukan lalu lintas mana yang harus diizinkan dan ditolak dan menganalisis lalu lintas masuk untuk mendeteksi tanda-tanda serangan siber atau malware.

Baca juga :  Pengertian Failover

firewall ini juga menggunakan taktik seperti deep packet inspection (DPI) dan arsitektur berbasis proxy untuk menganalisis lalu lintas aplikasi dan menemukan ancaman lanjutan. firewall ini juga dapat menyimpan dokumen yang diminta oleh banyak pengguna dalam cache, yang dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi jaringan.

Berikut ini adalah proses yang terjadi ketika seorang pengguna mencoba mengakses situs web eksternal melalui proxy firewall:

  1. Pengguna meminta akses ke internet melalui protokol seperti File Transfer Protocol (FTP) atau Hypertext Transfer Protocol ().
  2. Komputer pengguna mencoba membuat sesi antara mereka dan server, mengirimkan paket synchronize (SYN) dari alamat IP mereka ke alamat IP server.
  3. firewall ini menyela permintaan tersebut, dan jika kebijakannya mengizinkan, membalas dengan paket synchronize-acknowledge (SYN-ACK) dari alamat IP server yang diminta.
  4. Ketika paket SYN-ACK diterima oleh komputer pengguna, komputer pengguna mengirimkan paket ACK akhir ke alamat IP server. Ini memastikan koneksi ke proxy, tetapi bukan koneksi Transmission Control Protocol (TCP) yang valid.
  5. Proxy firewall menyelesaikan koneksi ke server eksternal dengan mengirimkan paket SYN dari alamat IP-nya sendiri.
Baca juga :  Pengertian Cisco Unified Call Manager (CUCM)

Kelebihan dari Proxy Firewall

Proxy Firewall

firewall ini memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

  • Meningkatkan keamanan jaringan dengan menyembunyikan alamat IP asli dari jaringan dan menyediakan lapisan perlindungan tambahan dari serangan siber.
  • Mengurangi beban jaringan dengan menyimpan dokumen dalam cache dan mengurangi jumlah permintaan ke server eksternal.
  • Mengontrol dan membatasi akses pengguna ke situs web tertentu sesuai dengan kebijakan organisasi.

Contoh Proxy Firewall

Beberapa contoh proxy firewall yang populer dan banyak digunakan, diantaranya:

1.      Fortinet

Fortinet adalah salah satu penyedia solusi keamanan jaringan terkemuka di dunia, yang menawarkan berbagai produk dan layanan, termasuk proxy firewall. Fortinet memiliki berbagai fitur menarik yang dapat melindungi jaringan dari ancaman pada lapisan aplikasi.

2.      Microsoft Defender

Microsoft Defender adalah perangkat lunak keamanan yang disediakan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows, yang mencakup firewall pertahanan Microsoft. Firewall pertahanan Microsoft dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui pengaturan Windows.

3.      Palo Alto Networks

Palo Alto Networks adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang keamanan siber, yang menyediakan solusi proxy firewall yang inovatif dan canggih. Palo Alto Networks memiliki beberapa fitur menarik yang dapat mengamankan jaringan dari ancaman lanjutan pada lapisan aplikasi.

Baca juga :  6 Kebutuhan Perangkat VoIP untuk Komunikasi Lebih Efisien

Demikian artikel yang kami buat tentang proxy firewall. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang keamanan jaringan. Jika kamu mempunyai memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Terima kasih sudah membaca.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment