Firewall Blocker: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

No comments
Firewall blocker
Firewall blocker

Menggunakan.id blocker adalah sebuah aplikasi atau program yang dapat membantu Kamu untuk memblokir atau mengizinkan akses untuk aplikasi atau program lain yang ada di komputer Kamu. Firewall ini dapat berguna untuk meningkatkan , privasi, dan kinerja komputer Kamu, karena Kamu dapat mengontrol apa saja yang dapat terhubung dengan internet.

Lalu, mengapa perlu ? Dan bagaimana cara menggunakannya? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Mengapa Kamu Perlu Firewall Blocker?

Ada beberapa alasan mengapa Kamu perlu firewall blocker, antara lain:

–          Mencegah malware dan virus.

Beberapa malware dan virus dapat mencuri data pribadi Kamu, mengubah pengaturan komputer Kamu, atau bahkan merusak sistem Kamu. Dengan firewall ini, Kamu dapat mencegah malware dan virus tersebut untuk mengakses internet dan menyebar ke komputer lain.

Baca juga :  3 Cara Antisipasi Malware dengan Perlindungan Anti DDoS

–          Menghemat bandwidth dan kuota internet.

Beberapa aplikasi atau program dapat menghabiskan bandwidth dan kuota internet Kamu tanpa sepengetahuan Kamu, misalnya dengan mengunduh pembaruan, mengirim laporan, atau menampilkan iklan. Dengan firewall ini, Kamu dapat menghentikan aplikasi atau program tersebut untuk mengakses internet dan menghemat bandwidth dan kuota internet Kamu.

–          Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

Beberapa aplikasi atau program dapat mengganggu konsentrasi dan produktivitas Kamu, misalnya dengan menampilkan notifikasi, pesan, atau media sosial. Dengan firewall blocker, Kamu dapat mematikan aplikasi atau program tersebut saat Kamu sedang bekerja atau belajar.

Bagaimana Cara Menggunakan Firewall Blocker?

Firewall blocker

Ada beberapa cara untuk menggunakan firewall blocker, antara lain:

1.      Menggunakan Windows Firewall.

Windows fitur bawaan dari sistem operasi Windows yang dapat Kamu gunakan untuk memblokir atau mengizinkan akses internet untuk aplikasi atau program tertentu. Kamu dapat mengakses Windows Firewall melalui Control Panel, kemudian memilih System & Security, lalu Windows Defender Firewall.

Baca juga :  Topologi Hub and Spoke

Di sana, Kamu dapat memilih Allow an app or feature through Windows Firewall, kemudian menambahkan atau menghapus aplikasi atau program yang ingin Kamu blokir atau izinkan¹.

2.      Menggunakan Firewall App Blocker (Fab).

Firewall App Blocker (Fab) adalah sebuah aplikasi gratis dan portabel yang dapat mempermudah Kamu untuk menggunakan Windows Firewall. Kamu dapat mengunduh Fab di situs website resminya, kemudian menjalankannya tanpa perlu menginstal.

Di sana, Kamu dapat menyeret dan menjatuhkan, menjelajah, atau menambahkan aplikasi atau program yang ingin Kamu blokir atau izinkan. Kamu juga dapat menggunakan mode daftar putih, perintah prompt, atau perintah netsh untuk menyesuaikan pengaturan Kamu.

3.      Menggunakan aplikasi atau program lain.

Selain Windows Firewall dan Fab, Kamu juga dapat menggunakan aplikasi atau program lain yang memiliki fungsi firewall blocker, seperti ZoneAlarm, Comodo Firewall, TinyWall, dan sebagainya. Kamu dapat mencari dan memilih aplikasi atau program yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kamu dari berbagai sumber online.

Kesimpulan

Firewall blocker adalah sebuah aplikasi atau program yang dapat membantu Kamu untuk memblokir atau mengizinkan akses internet untuk aplikasi atau program lain yang ada di komputer Kamu.

Baca juga :  Mengungkap Rahasia Harga Bandwidth Dedicated: Panduan Lengkap untuk Memilih Layanan Terbaik

firewall ini dapat berguna untuk meningkatkan keamanan, privasi, dan kinerja komputer Kamu, karena Kamu dapat mengontrol apa saja yang dapat terhubung dengan internet. Kamu dapat menggunakan firewall blocker dengan berbagai cara, seperti menggunakan Windows Firewall, Fab, atau aplikasi atau program lain.

Demikian artikel yang kami buat tentang firewall blocker. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang dunia komputer. Jika Kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Terima kasih sudah membaca.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment