Apaitu IP Sec ?

No comments

Melindungi Dengan

Kecanggihan teknologi memang membawa banyak dampak pada kehidupan. Ada banyak positif yang bisa didapatkan salah satunya adalah kemudahaan dalam melakukan pertukaran data dengan teman atau orang penting yang dituju. Namun, dibalik kemudahan tersebut ada beberapa orang yang memanfaatkannya untuk sesuai yang tidak baik. Maka dari itu diperlukan IPSec.

Melindungi Jaringan Komputer Dengan IPSec

Pengertian IPSec

Sebelum membahasnya lebih lanjut Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan IPSec ini. IPSec merupakan singkatan dari Protocol Security yang mempunyai pengertian seperangkat atau aturan komunikasi untuk bisa mengatur bahwa koneksi tersebut aman melalui suatu .

Adapun (Internet Protocol) yang merupakan standar umum dan berfungsi untuk menentukan bagaimana suatu data tersebut bisa berjalan melalui internet. Kemudian IPSec ini melakukan penambahan enkripsi dan juga autentikasi untuk bisa menjadikan protokol menjadi aman.

Baca juga :  Jaringan dan Internet

Hal ini bisa dilakukan dengan cara IPSec melakukan pengacakan data di sumbernya kemudian menguraikannya di tujuan yang ditentukan. Tidak hanya itu, IPSec juga melakukan autentikasi sumber data yang didapatkan.

Fungsi IPSec

Disamping pengertian mengenai IPSec ini tentunya ada beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan IPSec ini pada sebuah jaringan komputer. Biasanya hal ini digunakan pada beberapa tempat yang menyimpan data-data penting seperti sekolah, kantor, dan lainnya. Berikut beberapa fungsi dari Internet Protocol Security:

Baca juga penjelasan tentang : Pengertian Proxy

Dapat Memberikan Router

Fungsi pertama yang bisa didapatkan ketika menggunakan IPSec yaitu bisa memberikan keamanan pada router yang ada di dalam sebuah jaringan komputer tersebut. Router sendiri merupakan salah satu alat yang di jaringan komputer yang bisa mengetahui perjalanan atau suatu informasi mau ditujukan ke mana.

Jadi, dengan adanya IPSec bisa melindungi data yang hendak disampaikan ke komputer tujuannya dengan aman tanpa ada yang mengambil atau merusak data tersebut. Tentunya hal ini sangat berguna jika Anda melakukan pengiriman data yang penting.

Baca juga :  SDWAN: Membuka Jalan Menuju Koneksi Lebih Cepat dan Terpercaya

Melakukan Enkripsi Data Aplikasi

Melakukan enkripsi data aplikasi juga menjadi salah satu fungsi ketika menggunakan IPSec ini. Enkripsi ini juga bisa berarti menyimpan data dalam bentuk yaitu hanya bisa dibaca saja, dengan begitu bisa memberikan perlindungan tambahan jika data yang Anda kirimkan tersebut hendak dicuri oleh pihak yang tidak berwenang.

Lihat : 10 VPN Gratis terbaik 2023

Pada IPSec dilakukan pengacakan data pada perangkat lunak tersebut agar bisa melindungi konten atau data yang penting tersebut dari orang-orang yang jahil. Data tersebut dilakukan enkripsi dengan cara kunci enkripsi dan juga kunci deskripsi yang diperlukan untuk bisa menguraikan informasi. Ada berbagai tipe enkripsi yang didukung oleh IPSec ini antara lain ChaCha,AES, Triple DES, DES-CBC.

Melakukan Autentikasi Data

Fungsi IPSec selanjutnya yaitu bisa melakukan autentikasi data dengan cara yang cepat jika data yang dikirimkan tersebut berasa dari komputer seseorang yang dikenal. Autentikasi sendiri yaitu proses melakukan verifikasi indentitas mengenai orang atau objek.

Pada saat Anda melakukan autentikasi orang tentunya ada tujuannya yaitu agar bisa melakukan verifikasi apabila orang tersebut bukanlah peniru. Namun, jika Anda melakukan autentikasi objek tujuannya yaitu memverifikasi apabila objek tersebut adalah asli.

Baca juga :  VoIP Adalah

Baca juga Pengertian dan fungsi !

Tujuan IPSec

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai pengertian dan juga fungsi dari IPSec ini tentunya bisa disimpulkan bahwa IPSec atau Internet Protocol Security ini mempunyai tujuan yaitu untuk melindungi data, terutama data penting yang hendak diberikan kepada seseorang agar bisa terlindungi dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Karena pada saat ini zaman memang sudah canggih, akan tetapi ada satu hal yang perlu diingat bahwa ada beberapa orang yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ini hanya untuk kepentingan pribadinya tanpa peduli hal tersebut merugikan orang lain atau tidak. Maka sangat diperlukan adanya sistem keamanan pada sebuah jaringan yaitu dengan menggunakan IPSec.

Itulah beberapa pemaparan mengenai Internet Protocol Security yang biasa disebut dengan IPSec. Anda bisa menjumpai hal ini pada beberapa tempat yang memang pada dasarnya adalah mengolah data-data yang ada. Salah satunya adalah di kantor, adanya IPSec ini tentunya sangat diperlukan untuk melindungi data-data penting yang ada.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment