VoIP Adalah

No comments

adalah Teknologi yang Memberikan Segudang Manfaat

VoIP adalah teknologi yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi jarak jauh hanya dengan biaya yang lebih murah dibandingkan penggunaan telepon seluler tradisional. Mungkin Anda bertanya-tanya, VoIP itu seperti apa? Jika Anda pernah berkomunikasi dengan keluarga atau teman melalui aplikasi WhatsApp atau Line, berarti Anda sudah pernah memanfaatkan teknologi VoIP.

voip

Dengan tekonologi ini, Anda bisa berkomunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi . Untuk penggunaannya sendiri, VoIP menggunakan beberapa jaringan, seperti MGCP, IAX, , SIP, SDP, dan RTP. Nah, di artikel ini Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi mengenai VoIP.

Pengertian VoIP

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan Anda melakukan dan menerima panggilan telepon menggunakan internet. Berbeda dengan sistem telepon rumah yang terbatas ada satu meja telepon di kantor atau rumah Anda, VoIP dapat melakukan dan menerima panggilan telepon dari laptop, tablet, hingga ponsel menggunakan aplikasi.

Baca juga :  Yuk Kenalan dengan Cisco Packet Tracer Mobile Beserta Fiturnya!

Dengan memanfaatkan jaringan internet, tentunya VoIP sangat hemat biaya baik untuk panggilan domestik maupun internasional. Sebagian penyedia teknologi VoIP menawarkan waktu yang tidak terbatas bagi pelanggan tanpa adanya biaya tambahan.

Baca Juga : Apa itu Extensions?

Fungsi VoIP

Setidaknya, ada empat (4) fungsi VoIP yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut.

1.     Fungsi Signaling

Pada fungsi signaling, VoIP memiliki tugas untuk menerima jaringan dari penelepon terlebih dahulu. Setelah jaringan sudah keterima, barulah terjadi penyampaian percakapan yang membuat penelepon maupun pendengar bisa saling berkomunikasi dengan kualitas yang baik. Jika saat berkomunikasi ternyata jaringan Anda bermasalah, proses signaling akan berubah menjadi reconnecting (menghubungkan kembali) agar kualitas suara tetap jernih.

2.     Fungsi Database Service

Fungsi ini memungkinkan VoIP untuk melakukan pencarian lokasi tujuan terakhir (end point). Selain mencari lokasi, database service berfungsi untuk menerjemahkan alamat internet yang dipakai dalam dua jaringan milik penelepon dan pendengar yang berbeda.

3.     Fungsi Bearer Control

Fungsi ini memberikan Anda pilihan untuk menerima, menolak, hingga memutuskan panggilan telepon yang tidak Anda inginkan.

4.     Fungsi Coded Operation

Fungsi yang terakhir yaitu coded operation bertugas untuk mentransmisi atau mengubah suara penelepon atau pendengar menjadi paket data, sehingga Anda tidak perlu membayar biaya tambahan yang mahal.

Baca juga :  VTP Adalah : Pengertian, Mode dan Cara Konfigurasi

Cara Kerja VoIP

Ketika Anda melakukan panggilan telepon menggunakan VoIP, aplikasi yang Anda gunakan akan mengkonversi suara analog menjadi sebuah paket data. Paket data ini kemudian dikirim ke penyedia layanan telepon berbasis aplikasi menggunakan internet melalui /router/ADSL, dan akhirnya pesan tersebut disalurkan ke telepon pendengar Anda.

Baca juga : Pengertian VoIP

Paket data tersebut akan dikirimkan ke remote destination setelah sinyal analog dikonversi menjadi data digital melalui teknologi Analog to Digital Converter (ADC). Setelah data tersebut sampai di penerima telepon, maka akan diubah kembali menjadi suara analog.

Proses ini terjadi hampir seketika, itulah sebabnya mengapa terkadang kualitas suara VoIP lebih baik daripada panggilan biasa.

Kelebihan VoIP

Setelah mengetahui cara kerja VoIP, Anda akan mengetahui beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari teknologi VoIP. Berikut adalah kelebihan VoIP.

1.     Biaya Panggilan yang Murah

Kelebihan terbesar dari VoIP adalah biaya yang lebih murah untuk panggilan domestik dan internasional. Sebagian besar penyedia telepon VoIP sering kali menyertakan panggilan domestik bahkan internasional tanpa batas secara gratis.

2.     Teknologi Portabel

Dengan VoIP, Anda tidak perlu berada di kantor, rumah, atau lokasi yang dekat dengan meja telepon Anda untuk melakukan atau menerima panggilan telepon. Kini Anda bisa melakukan dan menerima panggilan masuk dari mana pun dengan menggunakan aplikasi di ponsel, tablet, atau komputer laptop.

Baca juga :  Tambah Pengetahuan! Ini Pengertian Dedicated Server Singapore!

3.     Cocok Untuk Telepon Bisnis

VoIP biasanya menyertakan banyak fitur telepon untuk bisnis, seperti contohnya dengan menggunakan VoIP Anda dapat mengatur panggilan konferensi. Bahkan, sebagian besar penyedia layanan VoIP menyediakan resepsionis virtual, panggilan tunggu, pemanggil otomatis, pesan suara, dan masih banyak lagi. VoIP juga memungkinkan Anda untuk melakukan konferensi melalui video.

Baca juga : Cisco Call Manager

Kekurangan VoIP

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tentunya setiap teknologi memiliki kekurangannya sendiri. Berikut adalah kekurangan dari VoIP.

1.     Membutuhkan Koneksi Internet yang Baik

VoIP adalah teknologi yang memanfaatkan jaringan internet untuk bisa melakukan komunikasi jarak jauh, karena itu Anda memerlukan koneksi internet yang baik. Jika internet Anda lambat, maka kualitas panggilan juga akan berpengaruh.

2.     Butuh Registrasi Akun

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, VoIP adalah teknologi yang memanfaatkan jaringan internet melalui sebuah aplikasi. Oleh karena itu, Anda perlu membuat akun pada aplikasi yang menyediakan layanan panggilan telepon.

Meskipun memiliki kekurangan, tentunya VoIP memiliki kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan, terutama karena biayanya yang lebih murah dibandingkan telepon tradisional. Sekian informasi yang kami berikan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment