Pengertian Voip

No comments

Menggunakan.id – Pernahkah Kamu menggunakan aplikasi perpesanan atau obrolan video untuk menghubungi rekan kerja atau keluarga? Anda pasti sudah melakukan ini berkali-kali, karena gratis dan mudah dilakukan. Teknologi ini disebut Voice over Protocol ().

Secara teknis, teknologi yang memungkinkan komunikasi jarak jauh melalui Internet. Dalam prakteknya, VoIP menggunakan seperti H.323, MGCP, , RTP, SDP atau IAX. Berikut adalah beberapa informasi VoIP untuk menambah pemahaman wawasan Anda.

Pengertian Voice over Internet Protocol (VoIP)

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan untuk mengirimkan suara melalui internet. Dengan menggunakan VoIP, Anda dapat menelepon orang lain menggunakan internet sebagai jalur komunikasi, sehingga Anda dapat menghemat biaya telepon dengan menggunakan internet yang sudah ada. VoIP juga memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan video dan mengirim pesan teks.

Fungsi VoIP

  • Memungkinkan untuk mengirimkan suara melalui internet sehingga Anda dapat menghemat biaya telepon dengan menggunakan jaringan internet yang sudah ada.
Baca juga :  SD-WAN : Pengertian dan Konsepnya

  • Memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan video, sehingga Anda dapat melihat orang yang Anda ajak bicara saat melakukan panggilan.

  • Memungkinkan Anda untuk mengirim pesan teks, sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui pesan teks jika Anda tidak dapat melakukan panggilan suara.

  • Memungkinkan Anda untuk mengirimkan dan menerima file, sehingga Anda dapat berkolaborasi dengan orang lain secara online dengan mudah.

  • Memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia dengan biaya yang lebih rendah daripada menggunakan layanan telepon tradisional.

Voip

Kelebihan dari VoIP

  • Biaya yang lebih rendah: VoIP menggunakan internet sebagai jalur komunikasi sehingga Anda dapat menghemat biaya telepon dengan menggunakan internet yang sudah ada.

  • Flexibilitas: VoIP memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat apa pun yang terhubung ke internet untuk berkomunikasi, sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain di mana pun Anda berada.

  • Kualitas suara yang baik: VoIP menggunakan teknologi yang memungkinkan untuk mengirimkan suara dengan kualitas yang sama dengan layanan telepon tradisional.

  • Fitur tambahan: VoIP biasanya menyediakan fitur tambahan seperti panggilan video, pesan teks, dan kemampuan untuk mengirim dan menerima file, yang tidak tersedia pada layanan telepon tradisional.
Baca juga :  15 Jenis Serangan Keamanan Jaringan dan Cara Mengatasinya

  • Skalabilitas: VoIP memungkinkan Anda untuk menambah atau mengurangi jumlah koneksi secara mudah sesuai kebutuhan, sehingga Anda dapat mengatur jumlah koneksi sesuai dengan pertumbuhan bisnis Anda.

Kekurangan dari VoIP

  • Dependensi terhadap internet: VoIP hanya dapat bekerja dengan baik jika Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup cepat. Jika koneksi internet Anda lemah atau terputus, maka kualitas suara pada panggilan VoIP akan terganggu.

  • Ketidakcocokan dengan perangkat lama: VoIP menggunakan teknologi yang mungkin tidak cocok dengan perangkat lama seperti telepon tanpa fitur VoIP atau fax. Anda mungkin harus mengganti perangkat lama Anda dengan perangkat yang kompatibel dengan VoIP.

  • Masalah : VoIP menggunakan internet sebagai jalur komunikasi, sehingga ada kemungkinan data yang dikirimkan melalui dapat disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Anda perlu mengambil langkah-langkah keamanan tambahan untuk mengamankan data yang dikirimkan melalui jaringan VoIP.

  • Ketidakteraturan dalam pengaturan dan peraturan: Karena VoIP merupakan teknologi yang masih relatif baru, ada ketidakteraturan dalam pengaturan dan peraturan yang berlaku untuk jaringan VoIP. Ini dapat menyebabkan masalah bagi pengguna VoIP dalam mengikuti peraturan yang berlaku di negara mereka.
Baca juga :  Cara Meningkatkan DA PA Website

  • Kesulitan dalam mengintegrasikan layanan tambahan: VoIP biasanya menyediakan fitur tambahan seperti panggilan video dan pesan teks, namun kadang-kadang dapat menjadi sulit untuk mengintegrasikan layanan tambahan tersebut ke dalam sistem telepon yang sudah ada.

Cara kerja jaringan VoIP

  • Pertama, suara yang akan dikirimkan dikonversi menjadi data digital dengan menggunakan algoritma kompresi suara.

  • Data digital yang dihasilkan kemudian dikirimkan melalui internet menggunakan protokol jaringan VoIP yang disesuaikan.

  • Data yang dikirimkan kemudian diterima oleh penerima panggilan di ujung lain jaringan internet.

  • Penerima panggilan kemudian mengonversi data digital yang diterimanya kembali menjadi suara yang dapat didengar.

  • Suara yang telah dikonversi kembali kemudian diterima oleh penerima panggilan, sehingga panggilan VoIP dapat berlangsung.

Kesimpulan

VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang memungkinkan untuk mengirimkan suara melalui internet. Ini bisa dikatakan sebagai teknologi yang menggantikan layanan telepon tradisional. Jaringan VoIP memberikan keuntungan seperti biaya yang lebih rendah, fleksibilitas dalam panggilan internasional, dan kemampuan untuk menggunakan perangkat yang berbeda untuk berkomunikasi. Jadi, salah satu kesimpulan dari jaringan VoIP adalah bahwa ia menawarkan solusi yang efisien dan fleksibel untuk berkomunikasi melalui internet.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment