Pengertian Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP

No comments
Man dialing out on a telephone holding the receiver in his hand and pressing the number on the keypad with his finger close up view conceptual of communication.

Menggunakan.id – Hai sobat id, pada artikel sebelumnya kita telah membahas pengertian jaringan Voice Over Internet Protocol atau biasa dipanggil VoIP. Nah sekarang kita akan membahas tentang dan pada ini. Mari kita simak penjelasannya.

Ekstensi adalah nomor yang diberikan kepada pengguna VoIP untuk memudahkan dalam melakukan panggilan kepada mereka. Misalnya, seorang pengguna jaringan VoIP dengan ekstensi 101 akan dapat dihubungi dengan mengetikkan nomor 101 pada perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut.

Dial plan adalah aturan yang ditetapkan pada server VoIP yang menentukan bagaimana panggilan harus diproses. Misalnya, dial plan dapat menentukan bahwa panggilan yang diterima oleh server harus dialihkan ke ekstensi yang sesuai atau dapat mengatur bagaimana panggilan keluar harus diproses, seperti dengan menambahkan prefiks atau sufiks tertentu untuk menentukan lokasi tujuan panggilan. Dial plan sangat penting untuk memastikan bahwa panggilan dapat diproses dengan benar oleh server VoIP dan diteruskan ke tujuan yang tepat.

Baca juga :  Apa itu DNS Hijacking & Spoofing?

Pengertian Server VoIP

Server VoIP adalah perangkat atau komputer yang digunakan untuk mengelola jaringan VoIP (Voice over Protocol) dan memproses panggilan yang dilakukan melalui jaringan tersebut. Server VoIP berfungsi sebagai pusat kontrol untuk jaringan VoIP dan dapat menangani berbagai tugas seperti mengalihkan panggilan ke ekstensi yang sesuai, mengatur bagaimana panggilan keluar harus diproses, dan menyediakan layanan tambahan seperti fitur panggilan konferensi atau penyimpanan voicemail. Server VoIP juga bertanggung jawab untuk menjamin kualitas panggilan yang dilakukan melalui jaringan VoIP.

voip extension dialling
Man dialing out on a telephone holding the receiver in his hand and pressing the number on the keypad with his finger close up view conceptual of communication.

Contoh Dial Plan Pada server VoIP

Sebagai contoh, dial plan pada server VoIP dapat ditetapkan sebagai berikut:

  • Semua panggilan yang diterima oleh server harus dialihkan ke ekstensi yang sesuai. Jika panggilan diterima dari nomor telepon 101, maka panggilan tersebut akan dialihkan ke ekstensi 101.

  • Semua panggilan keluar harus diawali dengan prefiks “9” untuk menentukan bahwa panggilan tersebut adalah panggilan keluar. Misalnya, jika seseorang ingin menelepon nomor telepon 123456, mereka harus mengetikkan “9123456” pada perangkat mereka.
Baca juga :  Perbedaan TCP dan UDP dalam Jaringan Komputer

  • Semua panggilan internasional harus diawali dengan prefiks “011” untuk menentukan bahwa panggilan tersebut adalah panggilan internasional. Misalnya, jika seseorang ingin menelepon nomor telepon di Inggris, mereka harus mengetikkan “01144123456” pada perangkat mereka.

Dengan dial plan seperti itu, server VoIP dapat memproses panggilan dengan benar dan mengarahkannya ke ekstensi yang tepat atau ke tujuan yang sesuai.

Fungsi dari Ekstensi dan Dial Plan

Ekstensi

Fungsi utama dari ekstensi pada server VoIP adalah untuk memudahkan pengguna jaringan dalam melakukan panggilan kepada sesama pengguna jaringan. Setiap pengguna akan diberikan ekstensi unik yang dapat digunakan oleh orang lain untuk menghubungi mereka melalui jaringan VoIP.

Dial Plan

Fungsi utama dari dial plan pada server VoIP adalah untuk mengatur bagaimana panggilan harus diproses. Dial plan dapat menentukan bahwa panggilan harus dialihkan ke ekstensi yang sesuai, atau dapat mengatur bagaimana panggilan keluar harus diproses, seperti dengan menambahkan prefiks atau sufiks tertentu untuk menentukan lokasi tujuan panggilan. Dengan dial plan, server VoIP dapat memastikan bahwa panggilan dapat diproses dengan benar dan diteruskan ke tujuan yang tepat.

Baca juga :  Pengertian Dial Plan Beserta Jenis-jenisnya! Wajib Kamu Tahu

Kesimpulan

Kesimpulan dari ekstensi dan dial plan pada server VoIP adalah bahwa kedua fitur ini sangat penting untuk memastikan bahwa panggilan dapat diproses dengan benar dan diteruskan ke tujuan yang tepat. Ekstensi memudahkan pengguna jaringan VoIP dalam melakukan panggilan kepada sesama pengguna jaringan, sedangkan dial plan mengatur bagaimana panggilan harus diproses oleh server VoIP. Dengan kombinasi ekstensi dan dial plan, server VoIP dapat memberikan layanan yang efisien dan andal untuk berkomunikasi melalui jaringan internet.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment